Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi  Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis

Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

Apa itu berpikir kritis?

Kata ‘berpikir kritis’ sudah menjadi kosa kata  harian kita. Dunia pendidikan menuntut guru mampu menumbuhkan berpikir kritis pada murid-murid mereka, bukan hanya sebagai kemampuan, tapi sebagai keterampilan. 

Namun demikian, banyak dari kita yang tidak sadar apa sebetulnya berpikir kritis. CriticalThinking.org mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “proses berpikir (observasi, refleksi, menalar) yang disiplin, mahir, dan aktif dalam membuat konsep dari, menerapkan, menganalisis, mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi.

Kolegas saya, Prof. Dr. Bagus Takwin, mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “ keterampilan seseorang dengan akurat memutuskan sikapnya terhadap suatu informasi: setuju, tunda, atau tidak setuju”.

Perhatikan bahwa setiap kata kunci dalam berpikir kritis adalah kosa kata kita sehari-hari. Untungnya, ini membuat berpikir kritis mudah dipahami dan dipelajari. 

Bagaimana menumbuhkan berpikir kritis menjadi keterampilan?

Setiap orang mampu berpikir kritis. Namun demikian, untuk menjadi keterampilan, berpikir kritis harus dipraktikkan setiap saat. Semakin dilatih, semakin akurat, dan akhirnya semakin menjadi insting.

‘Saya jadi sadar, saya jadi terpikir” sebagai teknik latihan berpikir kritis.

Episode ini membekali anda dengan keterampilan sederhana untuk menumbuhkan berpikir kritis pada murid anda. 

Praktik ini terdiri dari dua komponen:

1.       Observasi: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya baru sadar bahwa…”

2.       Insight: Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya jadi terpikir …. (bahwa/jangan-jangan/pantesan)”

Latihan ini sangat sederhana, hanya menuntut dua syarat. Anda harus:

1.       Menjadikannya sebagai kebiasaan anda dulu. 

2.       Mendemonstrasikan di hadapan murid

3.       Mengintegrasikan kebiasaan ini dalam tugas murid

Apa kaitannya dengan pembelajaran dengan teknologi?

Teknologi adalah mitra yang tepat untuk mempraktikkan berpikir kritis. Perhatikan fitur apa (dalam aplikasi yang anda gunakan) yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan berpikir kritis. Pastikan murid mempraktikkan “saya sadar, saya berpikir” di berbagai kesempatan murid menggunakan teknologi (ketika tanya jawab di video meeting, ketika menyusun materi presentasi, ketika diskusi online di chat group, ketika memberikan komentar di LMS, dan lain-lain). 



Rekaman Webinar

Video Rekaman Webinar Berpikir Kritis membahas:

1. Apa itu sebenarnya berpikir kritis?
2. Bagaimana melatih “saya sadar, saya berpikir”
3. Bagaimana integrasi “saya sadar, saya berpikir” dalam pembelajaran menggunakan teknologi?



👉Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis : http://gg.gg/vauim

 

Latihan Mandiri – Pelajaran 2 – Saya Sadar, Saya Berpikir

·         Bersifat pilihan.

·         Tidak dikumpulkan ke tim pemateri.

·         Agar anda punya pengalaman praktik perdana.

·         Dirancang untuk membantu anda mengikuti episode berikutnya.

Seperti telah dipaparkan, berpikir kritis hanya tumbuh lewat kebiasaan, dan murid hanya akan berpikir kritis jika gurunya menunjukkan kebiasaan yang sama. 

·         Ada dua tugas yang disiapkan untuk episode ini. 

·         Tugas pertama akan membantu anda mengerjakan tugas kedua. 

·         Sesuai kesepakatan, kedua tugas ini bersifat pilihan. 

Instruksi Tugas 1:

·         Buatlah tiga refleksi Saya Sadar, Saya Bepikir

·         Isilah di dokumen template yang sudah disediakan

Klik untuk Membuat Salinan Template Tugas 1

·         Template ini dibuat di Google Docs. 

·         Silakan membuat salinannya dengan mengetuk tombol di bawah ini.

Buatlah video pendek anda mendemonstrasikan “Saya Sadar, Saya Berpikir” tentang materi ajar anda.

Instruksi Tugas 2:

·         Pilihlah satu dari tiga refleksi yang anda sudah tulis

·         Rancanglah menjadi pos carousel Instagram

·         Unggah ke akun instagram anda

·         Ikuti panduan tambahan yang tersedia di dokumen template Tugas 1.

👉Kumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat Guru👈

1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/bimtek-seri-semangat-guru-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-kuis-penilaian-awal-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-belajar-mandiri-semangat-gurupelajaran-1-asynchronous-resilience.html

5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-akhir-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-2-synchronous-critical-thinking.html

7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html

 8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html

10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-akhir-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html

12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html

13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-3-asynchronous-teknik.html

14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-akhir-pelajaran-3-asynchronous-konten-dan-teknik.html

15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-4-synchronous-komunikasi-efektif.html


17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru

18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher

21. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Awal Pelajaran 6 Synchronous : Kolaborasi & Dampak

https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html


0 Response to "Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close