Bimtek Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience
Bimtek Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi
Pelajaran 1 Synchronous – Resilience : Tangguh & Teknologi
Apa itu resiliensi?
Ilmuwan psikologi
biasanya menggunakan istilah ‘lenting’ untuk menyepadankan kata resiliensi
(resilience), yaitu: kemampuan sesorang untuk bangkit setiap kali mengalami
desakan mundur, atau bahkan kegagalan.
Perjalanan menjadi matang menggunakan teknologi.
Sebagai konsultan
teknologi, kami melihat jelas betapa melimpah ruahnya potensi teknologi dalam
meningkatkann pembelajaran. Namun, perjalanan menjadi pembelajar untuk mencapai
tingkat-tingkat manfaat teknologi tersebut cukup panjang. Dalam marathon
pembelajaran ini, kadang kita akan unggul kadang ketinggalan.
Di sinilah Bapak dan
Ibu perlu menjadi resilien. Gunakan setiap momen keunggulan sebagai tenaga
untuk semakin melaju, dan menyadari bawah setiap momen ketinggalan adalah wajar
dan kita perlu mengatur tenaga untuk mengejar.
Seperti dalam
marathon, mengatur tenaga (baca: mengeolola resilensi) semakin efektif jika
kita tahu masih berapa jauh atau berapa dekat kita dengan garis finish. Dalam
marathon menunju elearning yang baik ini, peta kita adalah Kerangka SAMR.
Kerangka
SAMR sebagai peta perjalanan menjadi matang dalam marathon menuju elearning
yang efektif
SAMR adalah suatu kerangka
yang mengilustrasikan tingkat kematangan seseorang memanfaatkan teknologi dalam
pembelajaran. Tingkat kematangan ini terdiri dari (mulai dari tingkat pemula ke
mahir): Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefinition. Semakin
matang kita dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, semakin besar
peningkatan proses dan hasil yang terjadi dalam pembelajaran.
Apa
kaitannya SAMR dan Resiliensi dengan Bapak dan Ibu memelajari teknologi?
Pertanyaan paling menjebak
dalam elearning adalah aplikasi apa (lagi) yang harus pelajari untuk mengembangkan
permbelajaran? Jika anda terjebak di pertanyaan ini, maka anda tersangkut
terus-menerus di tingkat Substitution.
Pertanyaan yang tepat
adalah: bagaimana lagi cara saya menggunakan teknologi (hardware dan aplikasi)
yang sudah saya pelajari ini untuk mengembangan pembelajaran? Setiap tingkat
lanjut (Augmentation, Modification, dan Redefinition) menuntut kita untuk
mengubah kegiatan dan/atau tujuan pembelajaran. Mengetahui ini (kegiatan dan
tujuan pembelajaran) membantu Bapak dan Ibu bisa menakar dengan lebih akurat
berapa besar resliensi yang diharapkan dari Anda untuk menerobos masing-masing
tingkat tersebut.
Video Pembahasan
šKumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat Guruš
1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous
Resilience
2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous
Resilience
3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous
Resilience Tangguh & Teknologi
4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1
Asynchronous-Resilience
5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous
Resilience Tangguh & Teknologi
6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical
Thinking
7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri
Pelajaran 1 Asynchronous Resilience
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html
8. Jawaban Kuis
Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking
9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous –
Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html
10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical
Thinking
11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous :
Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html
12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous
Creativity
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html
13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous
Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-3-asynchronous-teknik.html
14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous
Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous
Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-akhir-pelajaran-5-syhchronous-empowered-teacher.html
17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru
18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/oal-jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-5-Asynchronous.html
20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher
21. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Awal Pelajaran 6 Synchronous : Kolaborasi & Dampak
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html
0 Response to "Bimtek Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience"
Post a Comment