Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif

Kumpulan Soal dan Jawaban Microlearning Seri Pendidikan Inklusif Pemenuhan Guru Pembimbing Khusus

Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) di Indonesia saat ini kurang mempunyai Guru Pembimbing Khusus (GPK) yang berkualifikasi akademik pendidikan khusus.

Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif

Program pemenuhan guru pembimbing khusus merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk memenuhi sebagian dari kebutuhan guru pembimbing khusus sekaligus meningkatkan kompetensi guru di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dan guru sekolah umum yang melayani pendidikan bagi peserta didik yang beragam.

(Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif) Guru Pembimbing Khusus

Materi  Intervensi Dini Bagi ABK

1.1. Apa Intervensi Dini?

        1.1.1. Unit 1 

Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK


Intervensi Dini Bagi ABK

Intervensi Dini Bagi ABK



Intervensi Dini Bagi ABK



Intervensi Dini Bagi ABK

Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK

             1.1.2. Unit 2       


Intervensi Dini Bagi ABK
Intervensi Dini Bagi ABK

Intervensi Dini Bagi ABK

Intervensi Dini Bagi ABK


1.1.3. Unit 3       

Intervensi Dini Bagi ABK

Intervensi Dini Bagi ABK


1.1.4. Unit 4

Intervensi Dini Bagi ABK


1.2. Keterampilan Fisik Motorik         

 1.3. Keterampilan Kognitif       

 1.4. Keterampilan Komunikasi               

 1.5. Keterampilan Menolong diri sendiri           

Keterampilan Menolong diri sendiri

 1.6. Keterampilan Sosial Emosi

2. Media Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) 

                2.1. Apa Media Pembelajaran   

                2.2. Tujuan dan Manfaat media pembelajaran   

                2.3. Langkah membuat media pembelajaran      

                2.4. Karakteristik media pembelajaran pada masing-masing ABK               

3. Pengelolaan Kelas bagi Peserta Didik dengan Hambatan Spektrum Autis dan Hambatan Emosi Perilaku             

                3.1. Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung                                Pembelajaran?     

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?

Bagaimana Caranya Mengatur Kondisi Kelas Supaya Mendukung Pembelajaran?


                3.2. Bagaimana Cara Mengatasi Siswa yang Menunjukkan Perilaku 

                        bermasalah di Kelas?               

Bagaimana Cara Mengatasi Siswa yang Menunjukkan Perilaku Bermasalah di Kelas?

Bagaimana Cara Mengatasi Siswa yang Menunjukkan Perilaku Bermasalah di Kelas?

Bagaimana Cara Mengatasi Siswa yang Menunjukkan Perilaku Bermasalah di Kelas?

Bagaimana Cara Mengatasi Siswa yang Menunjukkan Perilaku Bermasalah di Kelas?


                3.3. Bagaimana Caranya Supaya Saya Dapat Berbicara Secara Efektif 

                dengan Siswa?         

               3.4. Bagaimana Caranya Berkomunikasi Non Verbal dengan Siswa            

                3.5. Bagaimana caranya untuk membuat siswa di kelas membangun 

                        hubungan yang baik dengan siswa autis

                3.6. Bagaimana mengatur kelas yang inklusif untuk siswa autis   

Bagaimana mengatur kelas yang inklusif untuk siswa autis

Bagaimana mengatur kelas yang inklusif untuk siswa autis

                3.7. Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas   

Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas

Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas



Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas

Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas

Bagaimana mengelola perilaku siswa autis dikelas


                3.8. Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis 

                        di kelas saya               

Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya

Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya

Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya

Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya

Bagaimana saya membangun komunikasi yang baik dengan siswa autis di kelas saya


4. Teknik Dasar Modifikasi Perilaku         

                4.1. Apa itu Prompt?      

                4.2. Teknik Prompt: Most to Least - Least to Most     

       

                4.3. Apa itu Shaping?     

                4.4. Token Economy   

Token Economy

Token Economy

Token Economy

Token Economy

Token Economy

Token Economy


                4.5. Relaksasi    

                4.6. Situation Control     

                4.7. Modeling

Modeling

Modeling


5. Metode ABA dalam Pembelajaran Anak dengan Hambatan Intelektual             

6. Penilaian Hasil Belajar Bagi ABK di SPPI             

7. Pelatihan Bahasa Isyarat         

8. Program Penanganan Anak CIBI (Bina Potensi dan Keberbakatan)       

9. Program Kompensatoris Bagi Anak Dengan Hambatan Penglihatan (Braille, OM, dan ADL Bagi Tunanetra)        

10. Penanganan Anak Low Vision             

11. Metode MMR Bagi Anak Dengan Hambatan Pendengaran   

12. Pelatihan Komputer Bicara Bagi Tunanetra   

13. Picture Exchange Communication System (PECS)

                13.1. Hubungan Komunikasi dan PECS   

Hubungan Komunikasi dan PECS

Hubungan Komunikasi dan PECS


                13.2. Apa itu PECS           

Apa itu PECS

Apa itu PECS

Apa itu PECS

Apa itu PECS


               13.3. Bagaimana Menentukan Siswa yang Membutuhkan PECS 

                13.4. Tahapan Penggunaan PECS

14. Penerapan Multisensori       

15. Single Subject Research (SSR)            

16. Pembelajaran bagi Peserta Didik dengan Spektrum Autis      

17. Pembuatan Alat Pembelajaran Edukatif



šŸ‘‰Kumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat GurušŸ‘ˆ

1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/bimtek-seri-semangat-guru-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-kuis-penilaian-awal-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-belajar-mandiri-semangat-gurupelajaran-1-asynchronous-resilience.html

5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-akhir-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-2-synchronous-critical-thinking.html

7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html

 8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html

10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-akhir-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html

12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html

13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-3-asynchronous-teknik.html

14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-akhir-pelajaran-3-asynchronous-konten-dan-teknik.html

15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-4-synchronous-komunikasi-efektif.html

16. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru

https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-akhir-pelajaran-5-syhchronous-empowered-teacher.html

17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru

18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher

21. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Awal Pelajaran 6 Synchronous : Kolaborasi & Dampak

3 Responses to "Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close