Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience

Latihan Mandiri – Pelajaran 1 – Rencana Pengembangan Diri

Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi  Pelajaran 1 Asynchronous – Resilience : Tangguh & Teknologi  Latihan Mandiri – Pelajaran 1 – Rencana Pengembangan Diri


Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri  Pelajaran 1 Asynchronous Resilience

Pengembangan Diri (Resiliensi dan SAMR):

Tugas Mandiri

  

Instruksi Umum

Anda akan membuat plan perjalan pertama pengembangan diri anda dalam praktik elearning dan mengantisipasi tantangan yang akan anda hadapi dalam perjalanan pertama tersebut. Gunakan template ini untuk mengerjakan tugas ini.

 

Catatan tambahan:

1.      Tugas ini adalah pilihan.

      Tugas ini personal, bukan k inielompok

2.      Anda tidak dinilai berdasarkan benar atau salah

3.      Anda tidak dinilai berdasarkan target SAMR yang tinggi

4.      Dokumen ini membantu pengenalan diri anda

5.      Dokumen ini adalah alat pandu pengembangan anda.

6.      Ketika sudah terisi, anda dapat gunakan sebagai self-reminder.

  

Tenggat waktu:

Tugas ini adalah pilihan.

Mengerjakan ini sebelum mengikuti “Berpikir Kritis” (Episode 2) akan membantu anda memahami pembahasan di episode tersebut 

 


Bagian 1: Data Pribadi

Nama (lengkap)          

Sekolah                       : TK islam assunnah    : Announcement

 

 

Bagian 2: Rencana Umum

Di tingkat apakah kira-kira praktik elearning anda sekarang?

Augmentation

Pilih satu di antara ini:

_ Substitution

_ Augmentation

_ Modification

_ Redefinition

 

  1. Mengenal banyak fitur aplikasi
  2. Materi ajar belum cukup banyak untuk murid untuk bisa belajar mandiri
  3. Menghargai murid yang mandiri.

Tingkat apa yang ingin anda capai dalam waktu 3 bulan ke depan?

Modification

Pilih satu di antara ini:

_ Augmentation

_ Modification

_ Redefinition

 

  1. Kombinasi ļ¬tur-ļ¬tur dalam satu Aplikasi
  2. Kombinasi penggunaan aplikasi
  3. Keterampilan Pedagogi
  4. Mendorong murid untuk:

mandiri dalam memahami materi ajar

aktif bertanya, berpendapat.

 

 

Bagian 3: Rencana Praktik eLearning saya

Gunakan naskah “Kerangka SAMR” sebagai alat bantu Anda.

 

Mata pelajaran:

Tema kendaraan

 

Topik pelajaran:

 

Kendaraan laut

Praktik elearning anda sebelumnya

 

 

 

1.guru memberikan contoh gambar mati ke anak kendaraan yang ada di lautdengan menggunakan keetas HBS.

      Guru memberi penjelasan cara menggunakan aplikasi gogebra melalui aplikasi goo8 ini

      Guru memberikan tugas menggambar bentuk geometri hasilnya dikirim melalui google classroom

.

 

Praktik elarning yang saya akan coba.

 

Sasaran Tingkat Berpikir strategis (tentang materi ajar) dan  berpikir strategis dalam menerapkan materi ajar tersebut.

 

 

Pilih sj

 

A. Mengingat dan menghafal

 

B. Keterampilan (dasar) dan Pemahaman konsep (dasar)

 

C. Berpikir strategis (strategic thinking)

 

D. Berpikir strategis (tentang materi ajar) dan
    berpikir strategis dalam menerapkan materi ajar tersebut.

 

 

Aplikasi yang saya gunakan untuk mencapai tingkat berpikir tersebut: Google meet, Google Classroom, dan aplikasi Geogebra

Google Classroom

      Gambaran umum kegiatan belajar:

      Peserta didik menggambar bentuk geometri dengan menggunakan aplikasi geogebra

      Guru memberi penjelasan cara menggunakan aplikasi gogebra melalui aplikasi google meet

      Guru memberikan tugas menggambar bentuk geometri hasilnya dikirim melalui google classroom

      Peserta didik menggambar bentuk geometri dengan menggunakan aplikasi geogebra

      Guru memberi penjelasan cara menggunakan aplikasi gogebra melalui aplikasi google meet

      Guru memberikan tugas menggambar bentuk geometri hasilnya dikirim melalui google classroom

 

Bagian 4: Panduan Resiliensi

Gunakan naskah “Resiliensi - Resiliensi dan Kerangka SAMR” sebagai alat bantu Anda (Matriks Keterampilan-Tantangan)

 

Berdasarkan pemahaman anda dari Matriks Keterampilan- Tantangan,

 

Keterampilan apa yang anda perlukan?

Keterampilan teknis:

_ penguasan fitur atau aplikasi kurang maksimal


Keterampilan pedagogik (cukup dikira-kira, atau rujuk dari Matriks Keterampilan-Tantangan)

_ kualitas materi belum maksimal

_ muatan materi belum kompleks
_ kurang memahami kemandirian siswa dalam belajar

_

 

Tantangan yang saya nanti adalah

Silakan tuliskan hal-hal yang anda bayangkan perlu anda hadapi.

-siswa tidak bisa belajar mandiri

-siswa sulit memahami materi

 

Cara saya mengatasi tantangan tersebut.

-berusaha memahami dan  menguasai aplikasi (fitur) secara maksimal.

-meningkatan kualitas materi.

-meningkatkan kemasan materi agar lebih menarik dan mudah dipahami.

 


šŸ‘‰šŸ‘‰šŸ‘‰DOWNLOADšŸ‘ˆšŸ‘ˆšŸ‘ˆ

šŸ‘‰Kumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat GurušŸ‘ˆ

1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/bimtek-seri-semangat-guru-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-kuis-penilaian-awal-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-belajar-mandiri-semangat-gurupelajaran-1-asynchronous-resilience.html

5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-akhir-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-2-synchronous-critical-thinking.html

7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html

 8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html

10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-akhir-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html

12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html

13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-3-asynchronous-teknik.html

14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-akhir-pelajaran-3-asynchronous-konten-dan-teknik.html

15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-4-synchronous-komunikasi-efektif.html


17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru

18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher

21. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Awal Pelajaran 6 Synchronous : Kolaborasi & Dampak

https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html


0 Response to "Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close