Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi
Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir
Kritis & Teknologi
Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi
Teknologi Pelajaran 2 Asynchronous –
Critical Thinking : Berpikir Kritis
Apa itu berpikir kritis?
Kata ‘berpikir kritis’
sudah menjadi kosa kata harian kita. Dunia pendidikan menuntut guru mampu
menumbuhkan berpikir kritis pada murid-murid mereka, bukan hanya sebagai
kemampuan, tapi sebagai keterampilan.
Namun demikian, banyak
dari kita yang tidak sadar apa sebetulnya berpikir kritis. CriticalThinking.org mendefinisikan
berpikir kritis sebagai, “proses berpikir (observasi, refleksi, menalar) yang
disiplin, mahir, dan aktif dalam membuat konsep dari, menerapkan, menganalisis,
mensintesis, dan/atau mengevaluasi informasi.
Kolegas saya, Prof.
Dr. Bagus Takwin, mendefinisikan berpikir kritis sebagai, “ keterampilan
seseorang dengan akurat memutuskan sikapnya terhadap suatu informasi: setuju,
tunda, atau tidak setuju”.
Perhatikan bahwa
setiap kata kunci dalam berpikir kritis adalah kosa kata kita sehari-hari.
Untungnya, ini membuat berpikir kritis mudah dipahami dan dipelajari.
Bagaimana menumbuhkan
berpikir kritis menjadi keterampilan?
Setiap orang mampu
berpikir kritis. Namun demikian, untuk menjadi keterampilan, berpikir kritis
harus dipraktikkan setiap saat. Semakin dilatih, semakin akurat, dan akhirnya
semakin menjadi insting.
‘Saya jadi sadar, saya
jadi terpikir” sebagai teknik latihan berpikir kritis.
Episode ini membekali
anda dengan keterampilan sederhana untuk menumbuhkan berpikir kritis pada murid
anda.
Praktik ini terdiri
dari dua komponen:
1. Observasi:
Diekspresikan lewat pernyataan, “Saya baru sadar bahwa…”
2. Insight: Diekspresikan
lewat pernyataan, “Saya jadi terpikir …. (bahwa/jangan-jangan/pantesan)”
Latihan ini sangat
sederhana, hanya menuntut dua syarat. Anda harus:
1. Menjadikannya sebagai
kebiasaan anda dulu.
2. Mendemonstrasikan di
hadapan murid
3. Mengintegrasikan
kebiasaan ini dalam tugas murid
Apa kaitannya dengan pembelajaran dengan teknologi?
Teknologi adalah mitra
yang tepat untuk mempraktikkan berpikir kritis. Perhatikan fitur apa (dalam
aplikasi yang anda gunakan) yang dapat digunakan untuk mendemonstrasikan
berpikir kritis. Pastikan murid mempraktikkan “saya sadar, saya berpikir” di
berbagai kesempatan murid menggunakan teknologi (ketika tanya jawab di video
meeting, ketika menyusun materi presentasi, ketika diskusi online di chat
group, ketika memberikan komentar di LMS, dan lain-lain).
Video Rekaman Webinar Berpikir Kritis membahas:
1. Apa itu sebenarnya berpikir kritis?
2. Bagaimana melatih “saya sadar, saya berpikir”
3. Bagaimana integrasi “saya sadar, saya berpikir” dalam pembelajaran menggunakan teknologi?
👉Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis : http://gg.gg/vauim
Latihan Mandiri – Pelajaran
2 – Saya Sadar, Saya Berpikir
·
Bersifat pilihan.
·
Tidak dikumpulkan ke tim
pemateri.
·
Agar anda punya pengalaman
praktik perdana.
·
Dirancang untuk membantu
anda mengikuti episode berikutnya.
Seperti telah dipaparkan, berpikir kritis hanya tumbuh lewat
kebiasaan, dan murid hanya akan berpikir kritis jika gurunya menunjukkan
kebiasaan yang sama.
·
Ada dua tugas yang disiapkan
untuk episode ini.
·
Tugas pertama akan membantu
anda mengerjakan tugas kedua.
·
Sesuai kesepakatan, kedua
tugas ini bersifat pilihan.
Instruksi Tugas 1:
·
Buatlah tiga refleksi Saya
Sadar, Saya Bepikir
·
Isilah di dokumen template
yang sudah disediakan
Klik untuk
Membuat Salinan Template Tugas 1
·
Template ini dibuat di
Google Docs.
·
Silakan membuat salinannya
dengan mengetuk tombol di bawah ini.
Buatlah video pendek anda mendemonstrasikan “Saya Sadar, Saya
Berpikir” tentang materi ajar anda.
Instruksi Tugas 2:
·
Pilihlah satu dari tiga
refleksi yang anda sudah tulis
·
Rancanglah menjadi pos
carousel Instagram
·
Unggah ke akun instagram
anda
·
Ikuti panduan tambahan yang
tersedia di dokumen template Tugas 1.
👉Kumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat Guru👈
1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience
2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience
3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi
4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience
5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi
6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking
7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html
8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking
9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html
10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking
11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html
12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html
13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-akhir-pelajaran-5-syhchronous-empowered-teacher.html
17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru
18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/oal-jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-5-Asynchronous.html
20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher
21. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Awal Pelajaran 6 Synchronous : Kolaborasi & Dampak
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html
0 Response to "Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi"
Post a Comment