Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal

Bimtek Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Pelajaran 4 Synchronous – Communication : Komunikasi Efektif Penilaian Awal

Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous – Communication : Komunikasi Efektif Penilaian Awal

Bimtek Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Pelajaran 4 Synchronous – Communication : Komunikasi Efektif Penilaian Awal

Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal

Kerjakanlah kuis pra asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).

Video Pembahasan Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal
 

Soal Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal


1. Dalam komunikasi terjadi pertukaran :


A. Informasi
B. Mata Uang
C. Barang
D. Jasa


2. komunikasi efektif tercapai ketika :

A. Adanya komunikasi verbal dan non verbal
B. Komunikator mengenal lawan bicara
C. Pesan disampaikan dengan jelas
D. Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara


3. Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :

A. Pemberi pesan seorang komunikator yang handal
B. Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara
C. Pemberi pesan memakai metode yang tepat
D. Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal

4. Tujuan mendengar lawan bicara adalah :

A. Untuk dapat merespon dengan benar
B. Untuk memenangkan argumen
C. Untuk mengerti lawan bicara
D. Untuk menguji pengetahuan lawan bicara

5. Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :

A. Kesopanan
B. Nonverbal
C. Efektif
D. Virtual

6. Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :

A. Simpati
B. Emosi
C. Empati
D. Strategi Komunikasi

7. Berikut ini adalah contoh komunikasi efektif, kecuali :

A. Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator
B. Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
C. Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan
D. Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan

8. Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :

A. Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
B. Teknologi komunikasi yang canggih
C. Perencanaan yang matang
D. Penulisan pesan yang personal

9. Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :

A. Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain
B. Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain
C. Melakukan kritik yang membangun
D. Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara

10. Apa yang harus ditentukan di awal ketika ingin menyusun strategi komunikasi yang efektif di sekolah dalam konteks pembelajaran jarak jauh atau tatap muka?

A. Penggunaan teknologi yang tepat
B. Alasan dan tujuan komunikasi
C. Pesan yang detail dan lengkap
D. Lawan bicara

11. Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?

A. Bersikap jelas
B. Pesan tidak sampai kepada pendengar
C. Gaya komunikasi tidak berkesan
D. Jalur komunikasi tidak jelas?

12. Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :

A. Pendek namun efektif
B. Bersikap jelas
C. Detail, lengkap dan tertata
D. Sampaikan apa yang harus dicapai

13. Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah :

A. Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten
B. Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
C. Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam
D. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah

14. Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :

A. Bersikap jelas
B. Pendek namun efektif
C. Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
D. Sampaikan apa yang harus dicapai

15. Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?

A. Penggunaan tulisan
B. Gambar
C. Media online
D. Penggunaan bahasa tubuh


šŸ‘‰Kumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat GurušŸ‘ˆ

1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/bimtek-seri-semangat-guru-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-kuis-penilaian-awal-pelajaran-1-synchronous-resilience.html

3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-belajar-mandiri-semangat-gurupelajaran-1-asynchronous-resilience.html

5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-akhir-pelajaran-1-asynchronous-resilience.html

6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-2-synchronous-critical-thinking.html

7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html

 8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-tengah-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html

10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-akhir-pelajaran-2-asynchronous-critical-thinking.html

11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html

12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html

13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-3-asynchronous-teknik.html

14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-akhir-pelajaran-3-asynchronous-konten-dan-teknik.html

15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal

https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-penilaian-awal-pelajaran-4-synchronous-komunikasi-efektif.html

16. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru

https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-akhir-pelajaran-5-syhchronous-empowered-teacher.html

17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru

18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru

20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher

21. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Awal Pelajaran 6 Synchronous : Kolaborasi & Dampak

https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html

3 Responses to "Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Untuk yang nomor 2, jawabannya D. Sebenarnya sudah benar, hanya saja itu yang diblok ada 2, C sama B(yang seharusnya D).Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih koreksinya, sudah kami perbaiki

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close