Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal
Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous – Communication : Komunikasi Efektif Penilaian Awal
Bimtek Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Pelajaran 4 Synchronous – Communication : Komunikasi Efektif Penilaian Awal
Kerjakanlah kuis pra asesmen ini. Tujuan kuis ini adalah pemanasan (belajar selalu lebih baik jika gagasan-gagasan terkait sudah diaktifkan sebelum anda mulai belajar).
1. Dalam komunikasi terjadi pertukaran :
A. Informasi
B. Mata Uang
C. Barang
D. Jasa
2. komunikasi efektif tercapai ketika :
A. Adanya komunikasi verbal dan non verbal
B. Komunikator mengenal lawan bicara
C. Pesan disampaikan dengan jelas
D. Pesan yang disampai dapat dimengerti oleh lawan bicara
3. Komunikasi efektif harus terjadi dalam dua arah yang berarti :
B. Pemberi pesan berbicara, mendengarkan dan mengerti lawan bicara
C. Pemberi pesan memakai metode yang tepat
D. Pemberi pesan menyampaikan komunikasi verbal dan non verbal
4. Tujuan mendengar lawan bicara adalah :
A. Untuk dapat merespon dengan benar
B. Untuk memenangkan argumen
C. Untuk mengerti lawan bicara
D. Untuk menguji pengetahuan lawan bicara
5. Ketika Ibu Sophia bertemu dengan orang tua siswa, ia tersenyum sambil menganggukkan kepala. Komunikasi yang diberikan Ibu Sophia kepada orang tua tersebut merupakan jenis komunikasi :
A. Kesopanan
B. Nonverbal
C. Efektif
D. Virtual
6. Faktor utama untuk memahami lawan bicara dalam komunikasi sehingga terciptanya sebuah hubungan yang baik adalah :
A. Simpati
B. Emosi
C. Empati
D. Strategi Komunikasi
A. Pesan diterima, dimengerti dan dipahami sesuai maksud komunikator
B. Pesan yang disampaikan dipahami dan disetujui penerima, kemudian ditindaklanjuti dengan perbuatannya
C. Pesan diterima sebagai bentuk penghormatan kepada sang komunikator, kemudian disebarluaskan
D. Tidak ada hambatan berarti bagi penerima pesan untuk paham dan menindaklanjuti dengan perbuatan
8. Dalam komunikasi virtual, berikut ini yang dapat membantu terciptanya komunikasi yang efektif, kecuali :
A. Mengerti emosi, kebutuhan dan situasi murid
B. Teknologi komunikasi yang canggih
C. Perencanaan yang matang
D. Penulisan pesan yang personal
9. Dalam komunikasi efektif untuk membina hubungan yang baik berdasarkan teori non-violence communication (NVC), berikut ini pola pikir yang harus difokuskan :
A. Menganalisa dan menentukan tingkat kesalahan seseorang orang lain
B. Fokus untuk mengetahui kebutuhan kita dan orang lain
C. Melakukan kritik yang membangun
D. Memberikan saran yang sesuai dengan keadaan lawan bicara
A. Penggunaan teknologi yang tepat
B. Alasan dan tujuan komunikasi
C. Pesan yang detail dan lengkap
D. Lawan bicara
11. Manakah yang termasuk dalam pedoman dalam menulis komunikasi yang tepat, relevan dan berguna bagi siswa online?
A. Bersikap jelas
B. Pesan tidak sampai kepada pendengar
C. Gaya komunikasi tidak berkesan
D. Jalur komunikasi tidak jelas?
12. Berikut ini adalah pedoman yang dapat digunakan untuk membantu Anda menulis komunikasi yang tepat, relevan, dan berguna bagi siswa online Anda, kecuali :
A. Pendek namun efektif
B. Bersikap jelas
C. Detail, lengkap dan tertata
D. Sampaikan apa yang harus dicapai
13. Tujuan merencanakan kapan dan mengapa kita harus berkomunikasi dengan siswa online adalah :
A. Cara untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan siswa Anda komunikasi yang bermakna, tepat waktu, dan konsisten
B. Merencanakan terlebih dahulu seberapa sering Anda akan memposting pengumuman untuk kelas Anda
C. Memahami orang lain sembari memahami diri sendiri lebih dalam
D. Keterampilan yang perlu dikembangkan dan diasah
14. Pesan Anda kepada siswa tidak hanya harus singkat, tetapi juga jelas hingga tidak menimbulkan kebingungan di pihak siswa merupakan definisi dari :
A. Bersikap jelas
B. Pendek namun efektif
C. Jelaskan jalur komunikasi yang tepat
D. Sampaikan apa yang harus dicapai
15. Hal apa yang tidak dapat dimaksimalkan dalam komunikasi virtual yang efektif?
A. Penggunaan tulisan
B. Gambar
C. Media online
D. Penggunaan bahasa tubuh
šKumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat Guruš
1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience
2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience
3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi
4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience
5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi
6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking
7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html
8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking
9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html
10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking
11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html
12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html
13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-akhir-pelajaran-5-syhchronous-empowered-teacher.html
17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru
18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/oal-jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-5-Asynchronous.html
20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteUntuk yang nomor 2, jawabannya D. Sebenarnya sudah benar, hanya saja itu yang diblok ada 2, C sama B(yang seharusnya D).Terima kasih
ReplyDeleteTerima kasih koreksinya, sudah kami perbaiki
Delete