Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
Penilaian Awal Lesson 5
Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Pelajaran 5 Asynchronous – Empowered Teacher : Penerapan Kelas Campuran
Penilaian Awal Penilaian Awal
Lesson 5
Kuis ini terdiri 20 butir pertanyaan. Setiap pertanyaan
memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci. Silakan jawab pertanyaan ini.
Tidak perlu terburu-buru sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
1. Pembelajaran campuran adalah campuran antara
Daring dan luring
Tatap muka dan jarak
jauh
Ceramah dan tanya
jawab
Sinkron dan asinkron
2. Pembelajaran campuran merupakan terobosan pada bidang:
Teknologi canggih
Teknologi & pedagogi
Pendidikan dasar
Teknologi &
informasi
3. Dampak pembelajaran campuran terhadap guru adalah:
Perubahan peran guru
Penghapusan peran
guru
Tidak ada dampak apa
pun
Guru digantikan
teknologi
4. Pembelajaran campuran mempunyai 4 ciri yaitu:
Teknologi, pedagogi,
informasi, rekreasi
Pedagogi, teknologi,
tatap muka, jarak jauh
Tatap muka, jarak
jauh, tata ruang, tata informasi
Sinkron, asinkron, integrasi, merdeka belajar
5. Pembelajaran campuran menjadi solusi pada masa pandemi
COVID-19 karena:
Penggunaan teknologi
pembelajaran yang canggih
Berpotensi
mengoptimalkan proses pembelajaran
Fleksibel menyesuaikan tantangan masa pandemi
Membantu guru
menggunakan teknologi
6. Ciri utama dari pembelajaran sinkron adalah:
Kehadiran murid dan guru secara bersamaan
Memastikan guru dan
murid hadir tatap muka
Penggunaan teknologi
yang minimal mungkin
Penggunaan ruang
kelas secara optimal
7. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran sinkron
adalah:
Penguasaan Materi
Tugas Kontekstual
Proyek Kolaborasi
Pemberian Umpan Balik
8. Kelebihan pembelajaran sinkron adalah
Fleksibilitas jadwal.
Murid bisa mengatur jadwal belajarnya secara mandiri.
Antusiasme belajar. Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
Tempo tergantung
murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo belajarnya.
Umpan balik instan.
Murid bisa mendapatkan umpan balik secara instan, tidak menunggu respon guru.
9. Kelemahan pembelajaran sinkron adalah
Tempo tergantung guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung
pada guru.
Penurunan antusiasme.
Murid mungkin mengalami kehilangan semangat belajar.
Kualitas bahan ajar.
Ketergantungan pada ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
10. Guru Agus ingin memahami kebutuhan belajar murid melalui
interaksi dengan para muridnya. Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru
Agus?
Sinkron daring
Asinkron daring
Asinkron luring
Sinkron luring
11. Ciri utama pembelajaran asinkron adalah
Memastikan guru dan
murid menggunakan teknologi
Penggunaan teknologi
secara optimal untuk pembelajaran
Interaksi antara guru
dan murid yang manusiawi
Murid belajar mandiri tanpa tergantung
kehadiran guru
12. Metode yang direkomendasikan pada pembelajaran asinkron
adalah:
Praktik
Diskusi kelompok
Umpan Balik
Tugas Kontekstual
13. Kelebihan pembelajaran asinkron adalah
Aktivitas belajar
interaktif. Guru bisa melakukan komunikasi interaktif dengan murid.
Antusiasme belajar.
Guru bisa menumbuhkan antusiasme belajar murid.
Umpan balik sesuai
kebutuhan. Guru bisa melakukan personalisasi umpan balik sesuai kompetensi
murid.
Tempo tergantung murid. Murid bisa memegang kendali terhadap tempo
belajarnya.
14. Kelemahan pembelajaran asinkron adalah
Kualitas bahan ajar. Ketergantungan pada
ketersediaan bahan ajar yang berkualitas.
Jadwal yang kaku.
Satu jadwal yang sama untuk semua murid.
Tempo tergantung
guru. Tempo pembelajaran seringkali sangat tergantung pada guru.
Kehadiran dan
kualitas guru. Ketergantungan pada kehadiran dan kualitas guru.
15. Guru Dila ingin muridnya belajar mandiri dengan
mengenali dan menyelesaikan persoalan di sekitar pasar dekat sekolah mereka.
Apa pembelajaran yang paling tepat untuk guru Dila?
Sinkron daring
Asinkron daring
Asinkron luring
Sinkron luring
16. Dalam merancang pembelajaran campuran, berapa komposisi
yang tepat antara pembelajaran sinkron dan asinkron?
Lebih efektif
pembelajaran sinkron lebih banyak
Lebih efektif pembelajaran sinkron lebih
sedikit
Lebih optimal
pembelajaran asinkron lebih sedikit
Lebih optimal
pembelajaran sinkron lebih banyak
17. Apabila materi pelajaran bisa ditampilkan melalui
infografik, podcast atau video, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
Sinkron
Asinkron
Campuran
Terpadu
18. Apabila murid tidak bisa hadir pada waktu yang bersamaan
maka pembelajaran yang disarankan adalah:
Sinkron
Asinkron
Campuran
Terpadu
19. Apabila guru ingin memberikan umpan balik sesuai
kebutuhan dan kompetensi murid, maka pembelajaran yang disarankan adalah:
Sinkron
Asinkron
Campuran
Terpadu
20. Apabila guru ingin membahas konsep yang kompleks maka
pembelajaran yang disarankan adalah:
Sinkron
Asinkron
Campuran
Terpadu
šKumpulan Link Jawaban Bimtek Seri Semangat Guruš
1. Materi Seri Semangat Guru Pelajaran 1 Synchronous Resilience
2. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 1 Synchronous Resilience
3. Jawaban Penilaian Tengah Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi
4. Materi Belajar Mandiri Semangat Guru Pelajaran 1 Asynchronous-Resilience
5. Jawaban Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 1 Asynchronous Resilience Tangguh & Teknologi
6. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking
7. Latihan Mandiri Pelajaran 1 Rencana Pengembangan Diri Pelajaran 1 Asynchronous Resilience
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/latihan-mandiri-rencana-pengembangan-diri-asynchronous.html
8. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 2 Asynchronous: Critical Thinking
9. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 2 Asynchronous – Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-2-critical-thinking.html
10. Kuis Penilaian Akhir Pelajaran 2 Asynchronous Critical Thinking
11. Materi Bimtek Semangat Guru: Pelajaran 3 Synchronous : Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/materi-bimtek-semangat-guru-pelajaran-3.html
12. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 3 Synchronous Creativity
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-penilaian-awal-pelajaran-3-synchronous-creativity.html
13. Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
14. Jawaban Penilaian Akhir Pelajaran 3 Asynchronous Creativity Konten dan Teknik Penceritaan
15. Jawaban Penilaian Awal Pelajaran 4 Synchronous Communication-Komunikasi Efektif Penilaian Awal
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-akhir-pelajaran-5-syhchronous-empowered-teacher.html
17. Kuis Penilaian AKHIR Pelajaran 4 Komunikasi Efektif Seri Semangat guru
18. Jawaban Kuis Penilaian Awal Pelajaran 5 Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
19. Soal & Jawaban Kuis Penilaian Tengah Pelajaran 5 Asynchronous: Penerapan Kelas Campuran Seri Semangat Guru
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/oal-jawaban-kuis-penilaian-tengah-pelajaran-5-Asynchronous.html
20. Soal & Jawaban Kuis Seri Semangat Guru Penilaian Akhir Pelajaran 5 Synchronous: Empowered Teacher
https://whynoto.blogspot.com/2021/08/soal-jawaban-kuis-seri-semangat-guru-penilaian-awal-pelajaran-6-synchronous-kolaborasi-dampak.html
Terima kasih
ReplyDeletesangat membantu saya