Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Video Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif |
Question 1 of 25
1 Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut ….
asesmen
diagnosis
monitoring
identifikasi
klasifikasi
Question 2 of 25
2. Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu ….
prinsip berpusat pada anak (Child Centered)
prinsip learning centers (pembagian zona)
prinsip menarik dan menantang
prinsip estetis
prinsip daya guna
Question 3 of 25
3. Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa ….
kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
kemampuan mobilitas
kemampuan berperilaku adaptif
kemampuan Activity Daily Living
kestabilan emosi
Question 4 of 25
4. Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….
mengasesmen peserta didik
mendiagnosis peserta didik
mengidentifikasi peserta didik
memberikan label terhadap peserta didik
menganalisis peserta didik
Question 5 of 25
5. PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas reguler karena kemampuan intelektualnya terbatas, maka PDBK tersebut dapat mengikuti ….
Program Pembelajaran Individual (PPI)
pembelajaran home schooling
pembelajaran berkelompok
pembelajaran remidial
pembelajaran fleksibel
Question 6 of 25
6. Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerja sama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan ….
Tunanetra
Spektrum Autis
Tunagrahita
Tunadaksa
Tunarungu
Question 7 of 25
7. Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
Question 8 of 25
8. Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …
Under Actuality
Under Achievement
Disability
Impairment
Handicapped
Question 9 of 25
9. Salah satu tujuan planning matrix adalah ….
menemukenali dan menandai peserta didik
memetakan kondisi aktual PDBK
mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara PDBK
membuat program bagi PDBK
Question 10 of 25
10. Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….
substitusi
modifikasi
omisi
eskalasi
duplikasi
Question 11 of 25
11. Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, di antaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosi, diperlukan oleh guru untuk ….
menganalisis peserta didik
mengases peserta didik
mengidentifikasi peserta didik
mendiagnosis peserta didik
memberi label peserta didik
Question 12 of 25
12. Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …
to work
to play
to love
to learn
to live
Question 13 of 25
13. Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …
keterbatasan logistik
masalah komunikasi dan kurangnya pemahaman
kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
perkembangan bahasa
keterbatasan latar belakang pendidikan
Question 14 of 25
14.Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan ….
integrasi
segregasi
inklusif
khusus
reguler
Question 15 of 25
15. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
Question 16 of 25
16. Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah ….
menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat
menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gejala tertentu
mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus
mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional
mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua
Question 17 of 25
17. Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian ….
klasifikasi
asesmen
referral
screening
identifikasi
Question 18 of 25
18. Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut kegiatan ….
asesmen
identifikasi
monitoring
diagnosis
klasifikasi
Question 19 of 25
19. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
Question 20 of 25
20. Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah ….
evaluasi
proses
tujuan
materi
media pembelajaran
Question 21 of 25
21. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Question 22 of 25
22. Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
Question 23 of 25
23. Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula PDBK. Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan PDBK di ….
kelas reguler dengan cluster dan pull out
kelas khusus penuh
kelas reguler dengan cluster
kelas reguler (inklusi penuh)
kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
Question 24 of 25
24. Sebuah desain harus dapat mengakomodasi berbagai pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu ….
prinsip fleksibel dalam penggunaannya
prinsip informasi penggunaan yang jelas
prinsip toleransi untuk kesalahan
prinsip dapat digunakan oleh semua orang
prinsip mudah digunakan
Question 25 of 25
25. Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….
hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik
dukungan dan hambatan PDBK
riwayat tumbuh kembang
lingkungan rumah dan keluarga dimana PDBK tinggal
DAFTAR SOAL DAN JAWABAN LENGKAP BIMTEK PENDIDIKAN INKLUSIF
Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-keberagaman-peserta-didik.html
Jawaban Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-pembelajaran-hari-kedua.html
Kuis Pembelajaran Hari Ketiga Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/kuis-pembelajaran-hari-ketiga-kebutuhan.html
Jawaban Aktivitas 5 Penilaian Keberagaman Peserta Didik
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-aktivitas-5-penilaian.html
Jawaban Aktivitas 6 Refleksi Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Ketiga
Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 4
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-hakikat-pendidikan-inklusif-aktivitas-4.html
Jawaban Kuis Sekolah Ramah Anak Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 5
Aktivitas 8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-penilaian-konsep-dasar-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Bimtek Inklusif Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran Hari Keenam Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-keenam-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Ketujuh Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-ketujuh-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-7.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 8
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-9.html
Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tes-akhir-bimtek-inklusif.html
0 Response to "Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif "
Post a Comment