Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif 


Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Video Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif 



Question 1 of 25

1 Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut ….

asesmen

diagnosis

monitoring

identifikasi

klasifikasi

 

Question 2 of 25

2. Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu ….

 

prinsip berpusat pada anak (Child Centered)

prinsip learning centers (pembagian zona)

prinsip menarik dan menantang

prinsip estetis

prinsip daya guna

 

Question 3 of 25

3. Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa ….

kemampuan berbahasa dan berkomunikasi

kemampuan mobilitas

kemampuan berperilaku adaptif

kemampuan Activity Daily Living

kestabilan emosi

 

Question 4 of 25

4. Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….

mengasesmen peserta didik

mendiagnosis peserta didik

mengidentifikasi peserta didik

memberikan label terhadap peserta didik

menganalisis peserta didik


Question 5 of 25

5. PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas reguler karena kemampuan intelektualnya terbatas, maka PDBK tersebut dapat mengikuti ….

 

Program Pembelajaran Individual (PPI)

pembelajaran home schooling

pembelajaran berkelompok

pembelajaran remidial

pembelajaran fleksibel

 

Question 6 of 25

6. Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerja sama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan ….

Tunanetra

Spektrum Autis

Tunagrahita

Tunadaksa

Tunarungu

 

Question 7 of 25

7. Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:

 

riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

 

Question 8 of 25

8. Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …

Under Actuality

Under Achievement

Disability

Impairment

Handicapped

 

Question 9 of 25

9. Salah satu tujuan  planning matrix adalah ….

 

menemukenali dan menandai peserta didik

memetakan kondisi aktual PDBK

mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik

mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara PDBK

membuat program bagi PDBK

 

Question 10 of 25

10. Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….

substitusi

modifikasi

omisi

eskalasi

duplikasi

 

Question 11 of 25

11. Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, di antaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosi, diperlukan oleh guru untuk ….

 

menganalisis peserta didik

mengases peserta didik

mengidentifikasi peserta didik

mendiagnosis peserta didik

memberi label peserta didik

 

Question 12 of 25

12. Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …

to work

to play

to love

to learn

to live

 

Question 13 of 25

13. Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …

keterbatasan logistik

masalah komunikasi dan kurangnya pemahaman

kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua

perkembangan bahasa

keterbatasan latar belakang pendidikan

 

Question 14 of 25

14.Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan ….

integrasi

segregasi

inklusif

khusus

reguler

 

Question 15 of 25

15. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.

Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

 

Question 16 of 25

16. Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah ….

 

menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat

menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gejala tertentu

mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus

mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional

mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua

 

Question 17 of 25

17. Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian ….

klasifikasi

asesmen

referral

screening

identifikasi

 

Question 18 of 25

18. Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program  disebut kegiatan ….

asesmen

identifikasi

monitoring

diagnosis

klasifikasi

 

Question 19 of 25

19. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.

Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

 

Question 20 of 25

20. Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah ….

evaluasi

proses

tujuan

materi

media pembelajaran

 

Question 21 of 25

21. Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?

Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

 

Question 22 of 25

22. Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:

riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

 

Question 23 of 25

23. Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan  kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula PDBK. Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan PDBK di ….

kelas reguler dengan cluster dan pull out

kelas khusus penuh

kelas reguler dengan cluster

kelas reguler (inklusi penuh)

kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian

 

Question 24 of 25

24. Sebuah desain harus dapat mengakomodasi berbagai pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu ….

prinsip fleksibel dalam penggunaannya

prinsip informasi penggunaan yang jelas

prinsip toleransi untuk kesalahan

prinsip dapat digunakan oleh semua orang

prinsip mudah digunakan

 

Question 25 of 25

25. Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….

hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik

preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik

dukungan dan hambatan PDBK

riwayat tumbuh kembang

lingkungan rumah dan keluarga dimana PDBK tinggal


 Video pembahasan  Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif 


DAFTAR SOAL DAN JAWABAN LENGKAP BIMTEK PENDIDIKAN INKLUSIF

Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-prates-bimtek-guru-belajar-dan-berbagi-seri-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-keberagaman-peserta-didik.html

Jawaban Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-pembelajaran-hari-kedua.html

Kuis Pembelajaran Hari Ketiga Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/kuis-pembelajaran-hari-ketiga-kebutuhan.html

Jawaban Aktivitas 5 Penilaian Keberagaman Peserta Didik

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-aktivitas-5-penilaian.html

Jawaban Aktivitas 6 Refleksi Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Ketiga

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/Jawaban-Aktivitas-6-Refleksi-Keberagaman-Peserta-Didik-Pembelajaran-Hari-Ketiga.html

Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 4

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-hakikat-pendidikan-inklusif-aktivitas-4.html

Jawaban Kuis Sekolah Ramah Anak Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 5

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/Jawaban-Kuis-Sekolah-Ramah-Anak-Pembelajaran-Hari-Keempat-Aktivitas-5.html

Aktivitas 8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-penilaian-konsep-dasar-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Bimtek Inklusif Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html

Pembelajaran Hari Keenam Bimtek Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-keenam-bimtek-inklusif.html

Pembelajaran Hari Ketujuh Bimtek Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-ketujuh-bimtek-inklusif.html

Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-7.html

Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 8

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html

Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-9.html

Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tes-akhir-bimtek-inklusif.html

0 Response to "Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close