Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
1.Faktanya peserta didik memiliki keragaman, baik secara fisik, psikologis, sosial dan budaya. Berdasarkan pengalaman Anda, lakukan identifikasi keberagaman peserta didik di kelas Anda! Tuliskan minimal 150 kata
Jawaban:Keberagaman Peserta Didik
Peserta didik dalam kelas walaupun berbeda keyakinan, fisik, gender, latar belakang keluarga, harapan, kemampuan, kelebihan peserta didik memiliki hak untuk belajar.
Implementasi di kelas, guru secara perlahan dan pasti memberikan penanaman sikap simpati dan empati kepada peserta didik reguler bahwa dalam masyarakat itu memiliki karakteristik keragaman bentuk, keyakinan, sosial, dan karakter peserta didik berkebutuhan khusus. Dengan demikian, ciptakan susana kebersamaan dalam berbagai aktivitas agar seluruh peserta didik membaur dan saling interaksi, sehingga akan tampak mereka bersosialisasi dan saling tolong menolong antarsesama.
Guru sangat penting memberikan wawasan kepada peserta didik bahwa masyarakat majemuk tradisional perlu mempertimbangkan adanya pluralitas horizontal (adanya perbedaan etnik, sub-sub etnik) dan pluralitas vertical (adanya pelapisan-pelapisan sosial).
Penamaan istilah “peserta didik” kepada siswa di sekolah dewasa ini sudah tepat, mengingat cara pandang ini yang lebih positif dibanding dengan istilah “murid atau siswa”. Hal ini, kata “peserta didik” dapat mengakomodasi keberagaman peserta didik dalam melihat kebutuhannya.
Identifikasi keragaman peserta didik:
Faktor internal Siswa berhubungan dengan perkembangan/ketrampilan dasar anak, berkaitan menemukan dan mengenali siswa yang berbeda dalam hal:
Sensori (gangguan penglihatan, gangguan pendengaran)
a.Motorik (gangguan gerak)
b.Kesulitan belajar dan gangguan intelegensi (membaca, menulis, matematika, memahami konsep)
c.Perilaku, sosial, emosi (autism, gangguan pemusatan perhatian/hiperaktif)
d.Perbedaan kondisi lainnya (gender, etnik minoritas, kemiskinan, penyakit tertentu, konflik, bencana, dll
Faktor eksternal siswa : informasi tentang riwayat kesehatan, kondisi keluarga
Contoh Identifikasi Keragaman Peserta Didik
Sebagai seorang tenaga pendidik, ada beberapa hal yang bisa
Anda lakukan antara lain
1. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat
Metode pembelajaran yang hanya membaca saja mungkin tidak
cocok untuk anak yang mengandalkan kemampuan audio. Sebaliknya, tidak semua
anak bisa menangkap materi hanya dengan penjelasan. Dengan mengetahui karakter
seperti apa saja yang ada di kelas, Anda bisa memadukan beragam metode
pembelajaran untuk satu materi agar bisa dipahami oleh semua anak.
Tidak semua anak memiliki kemampuan yang sama dalam satu
mata pelajaran. Salah satu sikap guru menghadapi perbedaan karakter ini adalah
tetap memperlakukan semua siswa dengan sama rata. terlepas dari seberapa besar
kemampuan mereka dalam menerima materi yang diajarkan.
Anda mungkin akan menemukan siswa yang tidak punya kemampuan
berbahasa sehebat teman-temannya yang lain. Di sinilah Anda sebagai guru
berperan memberikan motivasi yang tepat. Alih-alih menganggap kemampuannya yang
minim sebagai kekurangan, coba temukan kelebihannya yang lain. Setelah itu
dorong dia untuk mengembangkan potensi yang dia miliki. Dengan begitu, anak
didik tidak akan merasa kurang berharga dibanding teman-temannya yang lain.
Pemahaman yang baik terhadap perbedaan individual anak
adalah kunci untuk menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik. Murid A
mungkin akan lebih semangat jika dikritik tapi B menjadikan kritikan sebagai
cambuk untuk membuatnya lebih baik. Salah satu sikap guru menghadapi karakter
siswa yang berbeda-beda adalah dengan menyampaikan apa yang Anda pikirkan
dengan cara interaksi yang baik dan tidak melukai hati anak-anak.
Saksikan Video Pembahasan Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
DAFTAR SOAL DAN JAWABAN LENGKAP BIMTEK PENDIDIKAN INKLUSIF
Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-keberagaman-peserta-didik.html
Jawaban Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-pembelajaran-hari-kedua.html
Kuis Pembelajaran Hari Ketiga Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/kuis-pembelajaran-hari-ketiga-kebutuhan.html
Jawaban Aktivitas 5 Penilaian Keberagaman Peserta Didik
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-aktivitas-5-penilaian.html
Jawaban Aktivitas 6 Refleksi Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Ketiga
Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 4
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-hakikat-pendidikan-inklusif-aktivitas-4.html
Jawaban Kuis Sekolah Ramah Anak Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 5
Aktivitas 8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-penilaian-konsep-dasar-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Bimtek Inklusif Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran
Hari Keenam Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-keenam-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Ketujuh Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-ketujuh-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-7.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 8
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-9.html
Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tes-akhir-bimtek-inklusif.html
Terimakasih untuk referensi jawabannya..
ReplyDeletesama-sama
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDelete