Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7
Jawaban Soal Aktivitas 7 Kuis PPI
Pembelajaran Hari Kedelapan Program Pembelajaran Individual
(PPI) Aktivitas 7 Kuis PPI
Setelah Anda mempelajari tentang Identifikasi, asesmen dan
planning matrix, akomodasi kurikulum dan PPI jawablah pertanyaan berikut:
Bagaimana cara anda melakukan identifikasi terhadap peserta didik yang
anda rasakan berbeda dengan peserta didik lainnya?
Tuliskan minimal 150 kata
Jawaban
Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dilakukan dengan
melihat kodisi fisik peserta didik, kemampuan kognitif, dam laporan dari orang
tua/keluarga. pertama dengan melihat kondisi fisik anak. Identifikasi kondisi
fisik anak dapat dilakukan dengan melihat langsung menggunakan indera manusia
(indera penglihatan dan pendengaran), tetapi guru jangan langsung menetapkan anak
berkebutuhan khusus. Kedua, guru kelas melakukan identifikasi saat mulai
pembelajaran berlangsung, sehingga saat pembelajaran dapat dilihat bagaimana siswa
mengikuti pembelajaran. Guru mencatat, mengamati dan memberikan sedikit
soal/tes untuk mengetahui kemampuan anak. Ketiga, dengan melakukan wawancara dengan orang tua
atau keluarga anak sehingga dapat diketahui riwayat perkembangan atau riwayat
kebutuhan khusus dari anak tersebut
Question 2 of 4
Kapan asesmen dan planing matrix dapat dilaksanakan? Jelaskan!
Jawaban:
Assesmen dilakukan setelah dilakukan proses indetifikasi
kepada peserta didik. Asesmen dipergunakan sebagai dasar pembuatan program bagi
peserta didik. Namun sebelum pembuatan program bagi peserta didik dituangkan
dahulu dalam planning matrix untuk mengetahui baseline peserta didik. Setelah
dilakukan assesmen maka dilanjutkan dengan planning matrix. Planning matrix merupakan
simpulan dari hasil asesmen. Planning matrix adalah mapping deskripsi tentang
kondisi ABK secara individu yang menggambarkan tentang kondisi aktual hambatan
karakteristiknya, dampak, strategi layanan dan media yang diperlukan dalam
intervensi.
Question 3 of 4
Mengapa pengembangan kurikulum dalam bentuk akomodasi kurikulum merupakan
program pembelajaran bagi PDBK sebagai sebuah kebutuhan ?
Tuliskan minimal 150 kata!
Jawaban:
Dikatakan sebagai sebuah kebutuhan dikarenakan pembelajaran
bagi PDBK memiliki keunikan dibandingkan dengan pembelajaran dalam setting
kelas peserta didik reguler. Ketika guru bagi PDBK melaksanakan pembelajaran,
maka dalam praktiknya tidak cukup berpijak pada dokumen kurikulum yang
disediakan secara standar nasional, misalnya hanya melihat KI-KD dan SKL,
tetapi harus memanfaatkan hasil analisis asesmen.
Hal ini dikarenakan PDBK memiliki keunikan individu atau
dengan kata lain, PDBK di dalamnya rentan terhadap perbedaan individual. Oleh
karena itu, guru bagi PDBK harus memiliki keterampilan dalam melaksanakan
pengembangan kurikulum. prinsip-prinsip pengembangan terdiri dari; relevansi,
fleksibilitas, kontinuitas, efektivitas, efisiensi, prinsip berorientasi
tujuan, prinsip model perkembangan kurikulum, prinsip keseimbangan, prinsip
keterpaduan dan prinsip mutu. model pengembangan kurikulum untuk PDBK, sebagai
berikut : 1) Model Kurikulum Reguler Penuh; 2) Model Kurikulum Reguler dengan
Modifikasi ; 3) Model Kurikulum PPI; 4) Model Adaptasi.
Question 4 of 4
Jelaskan peran guru kelas atau guru mata pelajaran (mapel) dalam
penyusunan PPI!
Tuliskan minimal 150 kata!
Jawaban:
Peran guru dalam Program Pembelajaran Individual adalah
harus memastikan berorientasi pada peserta didik, Sesuai potensi dan kebutuhan
anak, Memperhatikan kecepatan belajar masing-masing, Mengejar ketertinggalan
dan mengoptimalkankemampuan.
Selain itu juga harus seuai dengan fungsi utama dari PPI
tersebut.
Fungsi Program Pembelajaran Individual:
1) Untuk memberi arah pengajaran; dengan mengetahui
kekuatan, kelemahan dan minat peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) maka
program yang diindividualisasikan terarah pada tujuan atas dasar kebutuhan dan
sesuai dengan tahap kemampuannya saat ini.
2) Menjamin setiap peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)
memiliki suatu progrm yang diindividualkan untuk mempertemukan kebutuhan khs
mereka dan mengkomunikasikan program tersebut kepada orang-orang yang berkepentingan.
3) Meningkatkan keterampilan guru dalam melakukan asesmen
tentang karakteristik kebutuhan belajar tiap peserta didik berkebutuhan khusus
(PDBK) dan melakukan usaha mempertemukan dengan kebutuhan-kebutuhan peserta
didik berkebutuhan khusus (PDBK).
4) Meningkatkan potensi untuk komunikasi antar atau dengan
anggota tim, khususnya keterlibatan orang tua, sehingga sering beretemu dan
saling mendukung untuk keberhasilan peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)
dalam pendidikan
5) Menjadi wahana bagi peningkatan usaha untuk memberikan
pelayanan pendidikan yang lebih efektif.
Video Pembahasan
DAFTAR SOAL DAN JAWABAN LENGKAP BIMTEK PENDIDIKAN INKLUSIF
Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-keberagaman-peserta-didik.html
Jawaban Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-pembelajaran-hari-kedua.html
Kuis Pembelajaran Hari Ketiga Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/kuis-pembelajaran-hari-ketiga-kebutuhan.html
Jawaban Aktivitas 5 Penilaian Keberagaman Peserta Didik
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-aktivitas-5-penilaian.html
Jawaban Aktivitas 6 Refleksi Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Ketiga
Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 4
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-hakikat-pendidikan-inklusif-aktivitas-4.html
Jawaban Kuis Sekolah Ramah Anak Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 5
Aktivitas 8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-penilaian-konsep-dasar-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Bimtek Inklusif Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran Hari Keenam Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-keenam-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Ketujuh Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-ketujuh-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-7.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 8
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-9.html
Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tes-akhir-bimtek-inklusif.html
0 Response to "Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7"
Post a Comment