Soal dan Jawaban Pretest PPG 2022 Sesi 6

Soal Pretest Pedagogik PPG 2022. Latihan soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG tahun 2022 Kompetensi Pedagogik serta kunci jawabannya ini kami bagikan selaku bahan rujukan belajar peserta PPG dalam menjajaki pretest PPG.

Sesi dini yang dicoba Pendidikan Profesi Guru( PPG) Dalam Jabatan selaku upaya buat mengenali capaian kompetensi dini peserta PPG yaitu pretes PPG.

Soal dan Jawaban Pretest PPG 2022 Sesi 6
Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal Pendidikan Profesi Guru( PPG) tahun 2022 selaku upaya buat mengidentifikasi capaian kompetensi dini peserta PPG

Soal dan Jawaban Pretest PPG 2022 Sesi 6

16. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu.... 
a.Butir Soal harus sesuai dengan indikator 
b.Pokok soal harus dirumuskan secara jelas 
c. Menggunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dimengerti 
d.Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama 
e.Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

17. Analisis kualitas soal tes pilihan ganda secara teoritis pada aspek bahasa antara lain.... 
a. Soal harus sesuai dengan indikator. 
b.Soal dapat dipahami dengan mudah 
c.Pilihan jawaban harus homogen dan logis. 
d.Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama. 
e.Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya.

18. Tujuan pembelajaran dari RPP yang ingin dicapai adalah: (1) peserta didik dapat mengucapkan sapaan, salam, dan perkenalan dalam Bahasa Inggris, (2) peserta didik mampu berbicara sederhana menggunakan ujaran sapaan dan salam, dan (3) peserta didik mampul mengucapkan ujaran-ujaran bahasa Inggris dengan tepat. Bentuk peniaian yang paling tepat adalah..... 
a.Portofolio 
b. Tes csai 
c. Tes pemahaman 
d.Unjuk kerja 
e. Tes lisan

19. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah.... 
a. Peniajan kinerja 
b.Peniaian portofolio 
c. Penilaian proyek 
d.Penilaian jurnal
e.Penilaian diri


20. Pak Ali bersama siswanya merencanakan sebuah kegiatan secara kolaboratif. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik merasa "memiliki" dan bertanggung jawab atas kegiatan yang telah direncanakan bersama itu. Dalam perencanaan itu dibicarakan mengenai aturan main, aktivitas pendukung, alat dan bahan yang dapat diakses, cara dan langkah kerja untuk menyelesaian rencana kegiatan kolaboratif tadi. Model pengelolaan pembelajaran yang dipraktikkan oleh Pak Ali mencerminkan prinsip model.... 
a. Problem solving learning b.Problem based learning
b.Project based learning
c.Discovery learning
d.Contextual learning

21. Seorang guru menggunakan model pembelajaran yang memiliki keunggulan agar siswa dapat berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, model tersebut merupakan .... 
a.Role Playing 
b.Inquiry 
c. Problem based learning 
d.Project based learning 
e.Discovery learning

22. Teori belajar bermakna pada matematika (meaningful theory) mendukung penggunaan bendabenda untuk dimanipulasi sehingga siswa dapat memahami dari konsep dan keterampilan baru, seperti contoh berikut 
a. Guru mengenalkan bilangan tiga menggunakan contoh tiga mangga, tiga balon, tiga pensil 
b. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan mengajak siswa menyebutkan secara verbal 
C. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menuliskan simbol angka 3 
d. Guru mengenalkan bilangan tiga dengan menggunakan gambar, tiga mangga, tiga balon, tiga
pensil

23. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki peserta didik sebelum mempelajari KD tentang mendeskipsikan gejala(peristiwa) alam yang terjadi di negara tetangga, adalah 
a. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika 
b. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia 
c. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa 
d. Mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia


24. Kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan siswa adalah .... 
1. Mempelajari konsep jenis-jenis pekerjaan 2. Menyusun laporan dengan sistematika dengan benar 3. Mencari informasi di lingkungan tempat tinggalnya 4. Melakukan wawancara kepada penduduk setempat atau ketua RT Dari pernyataan tersebut kegiatan yang dapat mengembangkan keterampilan anak adalah ... 
a. 1,2,3 
b. 1,3,4 
c. 2,3,4 
d. 1,3,4

25. Guru akan mengajarkan materi produksi dan konsumsi. Agar pembelajaran bermakna dan menyenangkan sebaiknya ... 
a. Menjelaskan dengan cerita yang menarik 
b. Menjelaskan materi dengan menggunakan media gambar 
C. Berdiskusi tentang konsumsi dan produksi 
d. Mengajak siswanya ke lokasi pabrik tahu di dekat sekolahnya


26. Dalam pembelajaran di kelas, terdapat beberapa siswa yang mampu menentukan banyaknya titik sudut pada bangun ruang berbentuk kubus dengan cara membayangkannya. Potensi siswa tersebut dari aspek kecerdasannya tergolong ke dalam kecerdasan .... 
A. kinestetik 
B. spasial-visual 
C. matematika-logis 
D. intrapersonal

27. Pak Sandi akan mengajarkan suatu materi pembelajaran di kelas X. Pak Sandi akan menerapkan suatu model pembelajaran yang memungkinkan para peserta didik belajar dalam kelompok, tetapi Pak Sandi hanya membantu peserta didik yang mengalami kesulitan secara individual. Model pembelajaran yang sesuai adalah .... 
A. Student Team Achievement Division 
B. Team Assisted Individualization 
C. Jigsaw 
D. Team Game Tournament

28. Struktur materi pembelajaran yang paling sesuai untuk dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran melalui demonstrasi, siswa mampu menjelaskan cara membuat model kelinci menggunakan teknik origami dengan cermat" adalah .... 
A. Fakta 
B. Konsep 
C. Prosedur 
D. prinsip

29. Kemampuan untuk menciptakan, memiliki daya cipta, atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah .... 
a. Problem Based Learning 
b. Contextual Teaching Learning 
c. Project Based Learning 
d. Open Inquiry
 e. Cooperative Learningo

30. Salah satu alat penilaian sikap adalah penilaian diri (self assesment). Kegiatan yang dilakukan adalah .... 
A. menilai dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan format 
B. meminta siswa untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian menggunakan lembar penilaian 
C. mencatat hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan siswa tentang sikap dan perilaku baik di dalam maupun di luar kelas 
D. meminta siswa untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian  ompetensi

31. Masalah-masalah berikut ini yang tepat dipecahkan melalui penelitian tindakan kelas adalah .... 
A. Seorang guru menyadari bahwa saat ini strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam
pembelajaran sangat beragam, sehingga guru tersebut ingin mengetahui manakah strategi pembelajaran
yang paling tepat di kelasnya 
B. Seorang guru baru saja membaca suatu referensi yang menyatakan bahwa pendekatan kontekstual
cocok digunakan dalam mengajarkan materi dalam pembelajaran, sehingga guru tersebut ingin
membuktikan kesesuaian hasil penelitian tersebut di kelas yang diampunya 
C. Seorang guru mendapati bahwa aktivitas belajar siswanya cukup rendah. Guru tersebut ingin memperbaiki kondisi itu melalui pembaharuan pembelajaran di kelas yang diampunya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah 
D. Seorang guru mendapati bahwa siswa-siswanya kesulitan memahami suatu materi. Guru tersebut ingin
mengetahui sebenarnya faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan tersebut


32. Hasil penilaian dari kajian terhadap kekurangan peserta didik digunakan untuk memberikan pembelajaran remedial dan perbaikan RPP serta proses pembelajaran yang dikembangkan guru untuk pertemuan berikutnya disebut penilaian ... 
A. Semester 
B. Formatif 
C. Otentik 
D. Sumatif


33. Di dalam standar proses pembelajaran dikemukakan bahwa pembelajaran itu harus interaktif”. Maksud dari pembelajaran interaktif adalah ... 
A. Yang aktif tidak hanya guru, tetapi juga peserta didik 
B. Peserta didik dan guru sama-sama aktif dan kreatif 
C. Guru aktif menyampaikan materi kepada peserta didik 
D. Peserta didik aktif menanyakan ha-hal yang belum jelas

34. Penilaian yang dilakukan dengan kalimat positif tentang aspek; melaporkan tugas yang diberikan, aktif bergaul bersama teman dan guru, menghasilkan karya yang estetis, menjalankan kegiatan sesuai dengan minat dan bakat, kemampuan bertanya dengan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis termasuk penilaian ... 
A.Keterampilan 
B. Pengetahuan 
C.Sikap spiritual 
D.Sikap sosial

35. Di sekolah seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan.... 
A. Naturalis 
B. Kinestetis
C.Visual spasial 
D.Verbal linguistic 
E. Logis matematis

36. Berdasarkan pemerolehan bahasa anak dan tingkat kesulitannya, keterampilan Bahasa yang pertama kali diperoleh anak adalah keterampilan berbahasa... 
A. Berbicara 
B. membaca 
C. Menulis 
D. mendengarkan

37. Indikator soal: 'Menyebutkan tempat-tempat penjualan produk hasil home industry. Butir soal yang disusun adalah... 
A. Bagaimana tempat pemasaran produk home industry
B. Jelaskan tempat-tempat pemasaran home industry!
C. Tunjukkan denah tempat-tempat pemasaran home industry
D. Sebutkan tempat-tempat pemasaran home industry



Tag:
Keyword Soal dan Jawaban Pretest PPG soal pretest ppg 2022 soal pretest ppg soal ppg pretest ppg pretest ppg 2022 soal ppg 2022 ppg calon guru mas guru Keyword soal dan jawaban pretest ppg 2022 soal dan pembahasan pretest ppg matematika sma soal dan kunci jawaban pretest ppg untuk guru sd Soal dan Jawaban Pretest PPG

0 Response to " Soal dan Jawaban Pretest PPG 2022 Sesi 6"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close