Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 2

Soal Pretest Pedagogik PPG 2022. Latihan soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG tahun 2022 Kompetensi Pedagogik serta kunci jawabannya ini kami bagikan selaku bahan rujukan belajar peserta PPG dalam menjajaki pretest PPG.

Sesi dini yang dicoba Pendidikan Profesi Guru( PPG) Dalam Jabatan selaku upaya buat mengenali capaian kompetensi dini peserta PPG yaitu pretes PPG.
Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 2

Soal pretes PPG dibagi dalam 3 bentuk, ialah soal uji Kompetensi Pedagogik, soal uji Kompetensi Kepribadian serta Sosial, dan soal uji Kompetensi Profesional.

Kompetensi pedagogik ialah keahlian guru dalam perihal uraian terhadap peserta didik, perancangan serta penerapan pendidikan, penilaian hasil belajar, serta pengembangan peserta didik buat mengaktualisasikan bermacam kemampuan yang dimilikinya.

Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal Pendidikan Profesi Guru( PPG) tahun 2022 selaku upaya buat mengidentifikasi capaian kompetensi dini peserta PPG

Hasil pretest tersebut nantinya bakal digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru buat Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan( PKB).


Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 2

1. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjuangan ke suatu lembaga, namun sesampai dilembaga tersebut belum ada petugas dan nara sumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu, guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut yaitu.... 
A. Waktu belajar cukup banyak 
B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik 
C. Sedikitnya jumlah guru 
D. Ruang kelas yang terbatas 
E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran

2. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning : 1. Penentuan Pertanyaan Mendasar, 
2. Mendesain Perencanaan Proyek 
3. Menyusun Jadwal (Create a Schedule), 
4. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project) 
5. Menguji Hasil (Assess the Outcome), 
6. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience). Urutan yang benar adalah .... 
A. 1-2-3-4-5-6 
B. 1-2-4-3-5-6 
C. 1-3-2-4-5-6 
D. 1-3-2-5-6-4 
E. 1-2-3-5-4-6

3. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini! 
1) Mengorganisasi siswa dalam belajar 
2) Orientasi siswa pada masalah 
3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok 
4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya 
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah .... 
A. 1-2-3-4 
B. 1-3-2-4 
C. 2-3-1-4 
D. 3-2-1-4 
E. 2-3-1-4

4. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkahlangkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial disekeliling sekolah dan hasil pengamatan ditulis, disusun menjadi laporkan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas, pilihan strategi yang digunakan.... 
A. Discovery 
B. Heuristik 
C. Pemecahan Masalah 
D. Belajar Aktif
E. Projek Based Learning

5. Seorang guru ingin membelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif. Maka urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah... 
A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok 
B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi 
C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok 
D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis 
E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

6.  Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor.... 
A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru 
B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa 
C. Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru 
D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa 
E. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

7. Seorang guru harus menentukan Kriteria ketuntasan Minimal (KKM)/ Kreteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali... 
A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran 
B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran 
C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah. 
D. Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah 
E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

8. Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka Instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah.... 
A. Pedoman observasi 
B. Kuesioner 
C. Tes tulis 
D. Pedoman wawancara 
E. Tes hasil belajar

9. Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari.... 
A. Buku sumber yang digunakan 
B. Kurikulum dan silabus 
C. Karateristik siswa 
D. Indikator pencapaian kompetensi 
E. Kemampuan awal siswa

10. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut.... 
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang
yang berbeda 
B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi 
C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai 
D. Diberi soal serupak untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar 
E. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi

11. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk.... 
A. Penilaian proyek 
B. Peniaian kinerja 
C. Peniaian portofolio 
D. Penilaian antar teman
E. Penilaian diri

12. Setiap akhir evaluasi dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar yaitu.... 
A. Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa 
B. Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Test Diagnostik 
C. Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa 
D. Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Test Ulang
E. Agar prestasi sekolah menjadi mening

13. Jika seorang guru ingin melakukan kegiatan remedi maka salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan berikut.... 
A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta
remedial 
B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
C. Menurunkan standar ketuntasan belajar 
D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada. 
E. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

14. Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara... 
A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa 
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa 
C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah 
D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar 
E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial.

15.  Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti program remedial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara.... 
A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut 
B. Diberikan bahan ajar berupa modul 
C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial 
D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya 
E. Memberi tugas mengeriakan lembar keria siswa

👇Download Soal Pretest PPG 2022 Pedagogik Sesi 2 Format Doc👇
📚📚Download📚📚


Tag:
soal pretest ppg 2022 soal pretest ppg soal pretest ppg 2021 soal pretest ppg bahasa inggris smp soal pretest ppg matematika soal pretest ppg ipa smp soal pretest ppg bahasa indonesia soal pretest ppg pgsd soal pretest ppg fisika soal pretest ppg bahasa inggris sma soal pretest ppg 2020 soal pedagogik pretesppg 2022 pdf soal pedagogik pretest ppg 2022, soal ppg 2022 soal pretest ppg 2022 soal pretest soal seleksi akademik soal seleksi akademik 2022 soal pretest ppg tahun 2022 kisi kisi soal ppg 2022 calon guru mas guru guru abad 21, soal ppg pedagogik,soal ppg pedagogik 2021,soal ppg pedagogik 2022,pembahasan soal ppg pedagogik,soal pretest ppg 2022 pedagogik,soal pedagogik up ppg 2021,soal pedagogik pretest ppg pgsd terbaru 2022,pembahasan soal pedagogik ppg 2021,soal up ppg pedagogik bahasa inggris,soal pedagogik pretest ppg 2019,soal pedagogik matematika up ppg 2021,soal pedagogik pretest ppg pgsd terbaru 2022 bagian #3,pembahasan soal ppg pedagogik 2022 soal ppg sosiologi,soal ppg sejarah,pretest ppg, pretes ppg,guru honorer,soal up,lulus pppk,guru sd,guru mapel,guru produktif,soal pretest ppg 2019,soal ppg 2018 dan kunci jawaban,soal dan jawaban ppg,fr soal ppg 2021,soal pretest ppg kemenag 2022,pembahasan soal pedagogik ppg 2022,soal dan pembahasan pretes ppg pedagogik,soal pedagogik semua mapel ppg,soal ppg guru kelas sd 2021,soal ppg dalam jabatan 2022,soal ppg matematika 2021,soal ppg ipa smp,soal ppg ipa smp dan kunci jawaban,soal ppg pjok sdsoal pretest,soal pretest ppg 2022,soal pretest ppg 2022 guru sd,soal pretest ppg

0 Response to "Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close