Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 1

Soal Pretest Pedagogik PPG 2022. Latihan soal pretest Pendidikan Profesi Guru PPG tahun 2022 Kompetensi Pedagogik serta kunci jawabannya ini kami bagikan selaku bahan rujukan belajar peserta PPG dalam menjajaki pretest PPG.

Sesi dini yang dicoba Pendidikan Profesi Guru( PPG) Dalam Jabatan selaku upaya buat mengenali capaian kompetensi dini peserta PPG yaitu pretes PPG.
Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 1

Soal pretes PPG dibagi dalam 3 bentuk, ialah soal uji Kompetensi Pedagogik, soal uji Kompetensi Kepribadian serta Sosial, dan soal uji Kompetensi Profesional.

Kompetensi pedagogik ialah keahlian guru dalam perihal uraian terhadap peserta didik, perancangan serta penerapan pendidikan, penilaian hasil belajar, serta pengembangan peserta didik buat mengaktualisasikan bermacam kemampuan yang dimilikinya.

Pelaksanaan pretest sebagai tahap awal Pendidikan Profesi Guru( PPG) tahun 2022 selaku upaya buat mengidentifikasi capaian kompetensi dini peserta PPG

Hasil pretest tersebut nantinya bakal digunakan sebagai pedoman pemetaan kompetensi guru buat Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan( PKB).


Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 1

1. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek... 
A. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik 
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran 
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik 
E. berkomunikasi pada peserta didik

2. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah.... 
a. Behaviorisme 
b. Kognitif 
c. Humanistik 
d. Sibernetik 
e. Kontruktivisme

3 Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar..... 
A. Sibernetik 
B. Kognitif 
C. Humannistik 
D. Behaviorisme
E. Konstruktivisme

4. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam.... 
A. Silabus 
B. RPP 
C. Silabus dan RPP 
D. SKL E. Lembar penilaian

5 Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut... 
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar. 
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan 
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru  
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan. 
E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci

6 Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah.... 
A. Role Playing 
B. Inquiry Learning 
C. Problem Solving 
D. Picture and Picture 
E. Kontektual

7 Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan... 
A. Memberikan acuan 
B. Melaksanakan tes awal 
C. Memberikan bimbingan 
D. Membuat kaitan 
E. Meningkatkan motivasi

8 Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswa-nya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu.... 
A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar 
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional 
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran 
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal.

9 Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah.... 
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi 
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan 
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran 
D. Motivasi belajar siswa 
E. Ruang yang tersedia.

10. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena.... 
A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap. 
B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bemain. 
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua. 
D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa. 
E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

11. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah... 
A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah 
B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajarang dengan media 
C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut. 
D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah. 
E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

12. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah... 
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK 
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran 
C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya 
D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatanpembelajaran 
E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan.

13 Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah.... 
A. Menampilkan objek yang terlalu besar 
B. Menampilkan obyek yang sulit diamati 
C. Membuat konkrit konsep yang abstrak 
D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang. 
E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar

14. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran.... 
A. Projek based learning 
B. Kontektual
C. Discovery Learning 
D. Problem Based Learning 
E. Inquiry learning

15. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran .... 
A. Project based learning 
B. Inquiry learning 
C. Discovery learning 
D. Kooperatif 
E. Problem based learning


Tag:
soal pretest ppg 2022 soal pretest ppg soal pretest ppg 2021 soal pretest ppg bahasa inggris smp soal pretest ppg matematika soal pretest ppg ipa smp soal pretest ppg bahasa indonesia soal pretest ppg pgsd soal pretest ppg fisika soal pretest ppg bahasa inggris sma soal pretest ppg 2020 soal pedagogik pretesppg 2022 pdf soal pedagogik pretest ppg 2022, soal ppg 2022 soal pretest ppg 2022 soal pretest soal seleksi akademik soal seleksi akademik 2022 soal pretest ppg tahun 2022 kisi kisi soal ppg 2022 calon guru mas guru guru abad 21, soal ppg pedagogik,soal ppg pedagogik 2021,soal ppg pedagogik 2022,pembahasan soal ppg pedagogik,soal pretest ppg 2022 pedagogik,soal pedagogik up ppg 2021,soal pedagogik pretest ppg pgsd terbaru 2022,pembahasan soal pedagogik ppg 2021,soal up ppg pedagogik bahasa inggris,soal pedagogik pretest ppg 2019,soal pedagogik matematika up ppg 2021,soal pedagogik pretest ppg pgsd terbaru 2022 bagian #3,pembahasan soal ppg pedagogik 2022 soal ppg sosiologi,soal ppg sejarah,pretest ppg, pretes ppg,guru honorer,soal up,lulus pppk,guru sd,guru mapel,guru produktif,soal pretest ppg 2019,soal ppg 2018 dan kunci jawaban,soal dan jawaban ppg,fr soal ppg 2021,soal pretest ppg kemenag 2022,pembahasan soal pedagogik ppg 2022,soal dan pembahasan pretes ppg pedagogik,soal pedagogik semua mapel ppg,soal ppg guru kelas sd 2021,soal ppg dalam jabatan 2022,soal ppg matematika 2021,soal ppg ipa smp,soal ppg ipa smp dan kunci jawaban,soal ppg pjok sdsoal pretest,soal pretest ppg 2022,soal pretest ppg 2022 guru sd,soal pretest ppg

0 Response to "Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close