Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 3

Soal pretes PPG dibagi dalam 3 bentuk, ialah soal uji Kompetensi Pedagogik, soal uji Kompetensi Kepribadian serta Sosial, dan soal uji Kompetensi Profesional.

Kompetensi pedagogik ialah keahlian guru dalam perihal uraian terhadap peserta didik, perancangan serta penerapan pendidikan, penilaian hasil belajar, serta pengembangan peserta didik buat mengaktualisasikan bermacam kemampuan yang dimilikinya.
Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 3

Contoh soal pretest mata uji PGSD ini sebagai gambaran tentang wujud soal pretest PPG tahun 2022 yang nantinya bakal diikuti oleh peserta PPG. Berikut cuplikan contoh Soal Pretes PPG

Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 3

1 Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya. Rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif C6 yang tepat adalah ....
A. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan.
B. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni.
C. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk seni rupa.
D. Mengelompokkan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa.
E. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa.


2. Dalam sebuah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tertulis rumusan indikator kompetensi yaitu “Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”. Rumusan tujuan yang sesuai untuk indikator tersebut adalah .
A. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras input, proses, dan output
tanpa melihat catatan.
B. Siswa dapat menjelaskan kondisi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen
input, proses, dan output secara benar.
C. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa
dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar dan mandiri.

D. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi
kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.
E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi
operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses, dan ouput.


3. Seorang guru IPA akan menyampaikan KD 4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar. Materi yang tepat sesuai dengan KD tersebut adalah ....
A. Pengetahuan metakognitif tentang bioteknologi.
B. Pengetahuan prosedural membuat produk bioteknologi dari lingkungan sekitar.
C. Pengetahuan tentang jenis-jenis produk bioteknologi konvensional.
D.Pengetahuan konseptual tentang produk bioteknologi yang ada disekitar.
E. Pengetahuan faktual tentang bioteknologi.


4. Pengembangan RPP harus menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Hal ini terdapat dalam komponen RPP yaitu .....
A. Kompetensi Dasar
B. Kompetensi Inti
C. Materi Ajar
D. Tujuan Pembelajaran
E. Indikator


5 Guru bahasa Inggris memilih model pembelajaran berbasis proyek untuk mengajarkan KD procedure text. Guru tersebut seharusnya memulai langkah pembelajaran pada kegiatan inti dengan ....
A. meminta siswa mengamati contoh teks.
B. menentukan topik proyek yang akan dikerjakan.
C. meminta siswa mencari video contoh procedure text.
D. memberi judul dan meminta siswa membuat kerangka procedure text.
E. menyampaikan rencana proyek dan memfasilitasi siswa merencanakan kegiatan.


6. Saat merancang pembelajaran seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip hukum yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis, media apa yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut?
A. bagan
B. APE (Alat Permainan Edukatif)
C. flip chart
D. foto
E. gambar


7. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah ....
A. Penilaian proyek
B. Penilaian kinerja
C. Penilaian portofolio
D. Pertanyaan terbuka
E. Penilaian produk


8. Dalam merancang silabus, alokasi waktu perlu diperhatikan. Alokasi waktu adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian suatu kompetensi dasar tertentu. Untuk menentukan alokasi waktu tiap kompetensi dasar, hal yang tidak perlu diperhatikan adalah...
A. Minggu efektif tiap semester
B. Alokasi waktu mata pelajaran
C. Pemilihan metode pembelajaran
D. Jumlah standar kompetensi - kompetensi dasar per semester
E. Tingkat kerumitan dan keluasan materi


9. Berikut ini adalah langkah kegiatan pembelajaran pada KD 4.5 Menyajikan puisi rakyat.
1) Mendiskusikan ciri dan bahasa dalam puisi rakyat
2) Mendiksusikan isi puisi rakyat yang dibaca
3) Membimbing siswa memilih ide puisi rakyat
4) Menugaskan siswa membuat puisi rakyat secara mandiri.
5) Mempresentasikan pantun yang telah dibuat siswa
6) menyajikan musikalisasi pantun dan syair
7) Saling mengomentari karya teman.
Langkah yang tidak sesuai dengan KD tersebut adalah ....
A.3 dan 4
B. 4 dan 5
C. 2 dan 4
D. 1 dan 2
E. 6 dan 7


10. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu ....
A. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran.
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional.
C. Tunjukan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar.
D. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antarsiswa di dalam kelas.
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya belum maksimal.


11. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum selesai mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan banyak tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain, jika Anda sebagai gurunya, apa yang Anda lakukan?
A. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengikari kesepakatan yang telah disepakati.
B. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.
C. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.
D. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
E. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang telah diberikan.


12. Terdapat siswa yang pintar dan sangat rajin yang ayahnya telah meninggal. Saat ini ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anak-anaknya. Seringkali siswa tersebut tidak masuk sekolah karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru siswa tersebut yang sebaiknya Anda lakukan adalah ....
A. Memberikan uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya.
B. Memperbolehkan siswa tersebut untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberikan kesempatan
untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja.
C. Memberikan penjelasan pada siswa arti penting dari aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang
sebaiknya dilakukan.
D. Memberikan penjelasan kepada siswa dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta
mendiskusikan bersama masalah yang dihadapi.

E. Membiarkan saja apa yang dilakukan siswa dan tidak menganggap suatu masalah untuk sekolah.


13. Seorang guru akan melakukan penilaian sikap dalam pembelajaran yang berupa kejujuran dan kemandirian, teknik penilaian yang paling tepat digunakan adalah ..
A. observasi
B. penugasan
C. wawancara
D. penilaian diri
E. penilaian sejawat


14. Apabila kemampuan yang diharapkan seorang guru IPS adalah siswa dapat menguasai memberikan pendapat tentang hakikat permasalahan sosial di lingkungan sekitar. Maka jenis tes yang tepat diberikan oleh guru tersebut adalah ....
A. uji kinerja
B. uraian
C. menjodohkan
D. objektif pilihan ganda
E. benar-salah


15. Penilaian hasil belajar harus dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut: objektif, terpadu, sistematis, terbuka, akuntabel, menyeluruh dan berkesinambungan, adil, valid, andal, dan manfaat. Penilaian hasil belajar yang difokuskan pada intergrasi antar ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik merupakan bentuk penilaian yang ....
A. Akuntabel
B. Obyektif
C. Terpadu
D. Adil
E. Sistematis


16. Seorang guru prakarya akan mengajarkan kompetensi 4.2 Membuat karya kerajinan dari bahan limbah anorganik lunak atau keras produk sejenis dan pengemasannya. Bentuk penilaian yang memiliki karakteristik otentik yang dapat digunakan adalah
A. tes tertulis
B. tes lisan
C. penilaian sebaya
D. penilaian formatif
E. penilaian proyek

17. Sekolah akan mengadakan penilaian sumatif di tengah semester. Namun guru diberikan pilihan. Seorang guru menentukan tidak akan melakukan penilaian sumatif secara tertulis. Kemudian beliau mengganti tes tertulis dengan menggunakan penilaian portofolio. Berikut ini tindakan yang dapat diambil oleh guru tersebut adalah ....
A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa.
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian.
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar.
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa
dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial.
E. Meminta siswa untuk dan kemudian mengumpulkan suatu produk yang berkaitan dengan pelajaran untuk dinilai.


18. Dalam suatu pembelajaran seorang guru menentukan aspek yang akan dinilai meliputi:
(1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat,
(2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan
(3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya.
Langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian ....
A. kinerja
B. produk
C. penugasan
D. lisan
E. wawancara


19. Jika diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 4 dari 8 soal yang diberikan hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang sebaiknya dilakukan adalah ....
A. Melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya.
B. Menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
C. Menjelaskan kembali materi kepada siswa yang menjawab salah.
D. Melakukan pembelajaran remedial terhadap siswa yang menjawab salah
E. Memberikan materi tambahan untuk menambah wawasan siswa.


20. Pak Aton, guru seni musik di SMP akan menerapkan strategi mendemonstrasikan dengan media untuk pembelajaran keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick, namun sayangnya jari tangan kanannya sedang cidera. Menurut Sdr. Jenis media apa yang relevan dipilih oleh Pak Anton ....
A. Media cetak, LKPD yang menjelaskan prosedur keterampilan bermain gitar teknik Holding Pick.
B. Demonstrasi dilakukan seorang siswa yang sudah terampil bermain gitar teknik Holding Pick.
C. Program presentasi, yang menjelaskan prosedur bermain gitar teknik Holding Pick.
D. Program siaran langsung TV edukasi tentang teknik Holding Pick.
E. Program video demonstrasi bermain gitar teknik Holding Pick.


21. Ada banyak model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mengimplementasikan pendekatan sainfitik, satu di antaranya adalah model pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Pembelajaran kooperatif adalah....
A. Strategi pembelajaran individual yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerja masing-masing
B. Strategi pembelajaran yang terstruktur secara sistematis dimana siswa bekerjasama dalam kelompok kelompok kecil.
C. Strategi pembelajaran yang mengintegrasikan metode, bahan ajar dan media pembelajara secara
sistematis.
D. Strategi pembelajaran yang menyajikan situasi permasalahan kepada siswa dan dapat berfungsi sebagai batu loncatan dalam penyelidikan.
E. Strategi pembelajaran yang menerapkan suatu projek kepada siswa dan dapat menghasil sebuah karya.


22. Melihat hasil latihan siswa, Ibu Sutari menjadi kaget karena hanya 10 dari 30 siswa yang mengerjakan latihan matematika dengan benar. Ibu Sutari mencoba mengingat-ingat apa yang terjadi ketika ia menjelaskan penggunakan rumus matematika dalam memecahkan soal. Ia ingat, ia mencontohkan penggunaan rumus dengan mengerjakannya sendiri di papan tulis. Ia kemudian merenung kembali, mengapa ia tidak meminta siswa mengerjakannya ke depan? Ia ingat pula, siswa yang duduk di deretan belakang ada yang bermain ketika ia mencontohkan penggunaan rumus di papan tulis. Dari segi langkahlangkah PTK, langkah mana yang sedang dihayati oleh ibu Sutari ....
A. mengumpulkan data
B. melakukan refleksi
C. menganalisis data
D. merencanakan perbaikan
E. merumuskan masalah


23. Masalah yang diidentifikasi kadang-kadang terlampau banyak, sehingga guru menentukan pilihan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih masalah yang perlu ditangani adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. tingkat keseriusan masalah
B. ada tidaknya mitra kolaborasi
C. kemampuan guru untuk menangani
D. kompleks tidaknya masalah tersebut
E. dampak terhadap pembelajaran siswa


24. Tingkah laku dalam belajar akan berubah kalau ada stimulus dan respon. Stimulus dapat berupa perilaku yang diberikan kepada siswa, sedangkan respon berupa perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa. Teori belajar yang tepat berdasarkan penjelasan di atas disebut ....
A. Kognitifvisme
B. Humanisme
C. Behaviorisme
D. Gestat
E. Skinner

25. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :
1. Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerapkannya ke situasi lain
2. Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru memfasilitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa
4. Guru memberi kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan Pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar konstruksivisme adalah....
A. 1, 2, dan 3
B. 2, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 1 dan 3
E. 1 dan 2


26. Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarjinalkan (tersisihkan, diolok-olok,minder,dsb) adalah merupakan indikator kompetensi pedagogik aspek .......
A. menguasai karakteristik peserta didik
B. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
C. kegiatan pembelajaran yang mendidik
D. pengembangan kurikulum
E. pengembangan peserta didik


27. Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan merupakan indikator kompetensi pedagogik aspek ....
A. menguasai karakteristik peserta didik
B. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
C. kegiatan pembelajaran yang mendidik
D. pengembangan kurikulum
E. pengembangan peserta didik


28. Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan merupakan indikator kompetensi pedagogik aspek....
A. menguasai karakteristik peserta didik
B. menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
C. kegiatan pembelajaran yang mendidik
D. pengembangan kurikulum
E. pengembangan peserta didik


29. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum yaitu ....
A. Beragam dan terpadu.
B. Menyeluruh dan berkesinambungan.
C. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
D. Tanggal terhadap perkembangan ilmu pengetahun, teknologi dan seni.
E. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.


30. Bagaimana pendapat saudara bila menjumpai seorang rekan guru di sekolah yang menggunakan televisi sekolah untuk pembelajaran bahasa?
A. Setuju karena dapat melatih siswa mengamati gerak bibir presenter.
B. Sangat setuju karena televisi adalah media pembelajaran yang menyenangkan.
C. Kurang setuju karena acara televisi sering tidak atau kurang mendidik.
D. Setuju dan tidak setuju bergantung pada kompetensi yang hendak dicapai dalam pembelajaran
E. Sangat tidak setuju karena dapat memecah perhatian siswa dalam mengikuti pembalajaran.


31. Menurut saya, gambaran ideal seorang guru adalah ....
A. Memahami pentingnya perencanaan kerja dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan sekolahlebih terarah dan terukur kinerjanya.
B. Memahami pentingnya pelaksanaan kerja dan perwujudan tanggung jawab agar tujuan sekolah lebih
terarah dan terukur kinerjanya.
C. Melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukurkinerjanya.
D. Melaksanakan tugas-tugas aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab agar tujuansekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya.
E. Melaksanakan tugas secara mandiri maupun kolaborasi, sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya

👇Download Soal Pretest PPG 2022 Pedagogik Sesi 3 Format Doc👇
📚📚Download📚📚


Tag:

soal pretest ppg 2022 soal pretest ppg soal pretest ppg 2021 soal pretest ppg bahasa inggris smp soal pretest ppg matematika soal pretest ppg ipa smp soal pretest ppg bahasa indonesia soal pretest ppg pgsd soal pretest ppg fisika soal pretest ppg bahasa inggris sma soal pretest ppg 2020 soal pedagogik pretesppg 2022 pdf soal pedagogik pretest ppg 2022, soal ppg 2022 soal pretest ppg 2022 soal pretest soal seleksi akademik soal seleksi akademik 2022 soal pretest ppg tahun 2022 kisi kisi soal ppg 2022 calon guru mas guru guru abad 21, soal ppg pedagogik,soal ppg pedagogik 2021,soal ppg pedagogik 2022,pembahasan soal ppg pedagogik,soal pretest ppg 2022 pedagogik,soal pedagogik up ppg 2021,soal pedagogik pretest ppg pgsd terbaru 2022,pembahasan soal pedagogik ppg 2021,soal up ppg pedagogik bahasa inggris,soal pedagogik pretest ppg 2019,soal pedagogik matematika up ppg 2021,soal pedagogik pretest ppg pgsd terbaru 2022 bagian #3,pembahasan soal ppg pedagogik 2022 soal ppg sosiologi,soal ppg sejarah,pretest ppg, pretes ppg,guru honorer,soal up,lulus pppk,guru sd,guru mapel,guru produktif,soal pretest ppg 2019,soal ppg 2018 dan kunci jawaban,soal dan jawaban ppg,fr soal ppg 2021,soal pretest ppg kemenag 2022,pembahasan soal pedagogik ppg 2022,soal dan pembahasan pretes ppg pedagogik,soal pedagogik semua mapel ppg,soal ppg guru kelas sd 2021,soal ppg dalam jabatan 2022,soal ppg matematika 2021,soal ppg ipa smp,soal ppg ipa smp dan kunci jawaban,soal ppg pjok sdsoal pretest,soal pretest ppg 2022,soal pretest ppg 2022 guru sd,soal pretest ppg, soalpretestppg2022, PretestPPG,SoalPPG, PPG,DALJAB,PPPK, Pedagogik,

0 Response to "Soal Pretest Pedagogik PPG 2022 Sesi 3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close