Soal & Jawaban Post-test Pelatihan PPSPPI

Soal & Jawaban Post-test Pelatihan PPSPPI

Pelatihan – Angkatan 1 Post-test
Soal post-test terdiri atas 25 soal pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban.

Silakan perhatikan petunjuk berikut

1. Selesaikan 25 soal dalam waktu 50 menit, jika waktu habis jawaban akan terkirim otomatis.
2. Anda perlu menjawab minimal 18 soal dengan benar sebagai syarat kelulusan program pelatihan ini
3. Anda memiliki kesempatan mengerjakan kuis ini hingga 3 kali mengerjakan

Soal & Jawaban Post-test Pelatihan PPSPPI

Klik tombol Start Quiz untuk memulai kuis
Klik tombol Next untuk menuju soal berikutnya
Klik tombol Finish untuk mengirim jawaban Anda

VIDEO PEMBAHASAN SOAL DAN JAWABAN POST TEST PPSPPI




1. Berikut strategi pembelajaran yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan


Posisikan wajah anda menyamping dengan peserta didik ketika berkomunikasi dengannya.

Memberikan contoh membuat kalimat yang benar.

Ajarkan model-model alternatif untuk bisa berbicara berbicara.

Ajukan pertanyaan secara tertulis dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.

Manakah pernyataan-pernyataan yang sesuai?



[2] dan [3]

[1] dan [2]

[1] dan [3]

[2] dan [4]



2. Terdapat perubahan dalam sistem penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut menjalani sistem penilaian yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara penilaian, atau tempat penilaian. Defini tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….



tujuan pembelajaran

materi pembelajaran

penilaian pembelajaran


proses pembelajaran



3. Hal yang paling penting dalam penentuan strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif adalah ….



kebutuhan orangtua peserta didik

jenis hambatan yang dihadapi peserta didik

kebutuhan belajar peserta didik

ketersediaan alat pendukung pembelajaran



4. Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik reguler, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi ….



penilaian pembelajaran

proses pembelajaran

materi pembelajaran

tujuan pembelajaran



5. Berikut ini adalah cara untuk menilai kemajuan peserta didik di kelas inklusif.


1. Penyesuaian skala penilaian
2. Observasi informal
3. Peserta didik menilai diri sendiri
4. Menggunakan satu format tes baku

Manakah yang sesuai dengan pernyataan di atas?



[1] [2] dan [3]

[4] saja

[1] dan [2]

[2] dan [4]



6. Perhatikan gejala-fungsional fungsional peserta didik berikut ini!


Sering menampilkan perilaku repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau

Sangat fokus pada hal-hal yang tidak pantas.

Terobsesi pada topik pembicaraan tertentu.

Tidak dapat memperbaiki pertemanan.

Terpaku pada pengalaman sensorik tertentu.

Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami hambatan ….



interaksi sosial

lamban belajar

mengendalikan emosi

kesulitan belajar



7. Universal Design for Learning (UDL) salah satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang terlibat ketika seseorang belajar, yaitu:



cognitive, psychomotor, dan didactic

affective, recognition, dan strategic

affective, psychomotor, dan strategic

cognitive, recognition, dan didactic



8. Asesmen untuk mengetahui kondisi awal peserta didik baik secara kongnitif maupun nonkognitif. Manakah yang sesuai dengan pernyataan tersebut?


Asesmen formatif

Asesmen berkelanjutan

Asesmen diagnostik

Asesmen sumatif



9. Assesment of Learning merupakan sebutan lain untuk jenis asesmen ….



diagnostik

berkelanjutan

formatif

sumatif



10. Dimensi model evaluasi CIPPO yang berfungsi untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program adalah ….



input

product

context

outcome



11. Berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan fisik, strategi manakah yang paling tepat untuk Anda lakukan?



Untuk membantunya, fokus pada apa yang peserta didik butuhkan, bukan pada apa yang mampu dilakukan anak.

Menghindari melakukan sesuatu yang berlebihan atau terlalu melindungi peserta didik dengan hambatan fisik.

Selalu memberikan bantuan kepada peserta didik dengan gangguan fisik.

Dalam pemberian tugas, peserta didik dengan hambatan fisik diberikan waktu yang sama dengan peserta didik yang tidak memiliki hambatan.



12. Model evaluasi CIPPO dimensi yang digunakan untuk mengukur, menginterpretasikan, dan menilai pencapaian program disebut ….



product

context

input

outcome



13. Mengganti sesuatu yang ada dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh PDBK tetapi masih bisa diganti dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut merupakan definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu ….



model eskalasi

model modifikasi

model omisi

model substitusi



14. Desain pembelajaran yang universal secara umum harus memenuhi kriteria berikut:



Inclusion, Usable, dan Accessible

Accessible, Adaptable, dan Inclusion

Adaptable, Usable, dan Accessible

Usable, Adaptable, dan Accessible



15. Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi fungsional terhadap peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).


Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….

mengendalikan emosi

perilaku sosial

lamban belajar

kesulitan belajar



16. Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi ….


indikator, tujuan, proses, dan teknik penilaian

tujuan, proses, refleksi, dan tindak lanjut

indikator, tujuan, proses, dan penilaian

tujuan, materi, proses, dan penilaian



17. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:


Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif.

Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada

Menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta didik.

Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka.

Manakah pernyataan yang sesuai dengan prinsip-prisip UDL?



[4] saja

[1] dan [2]

[1] [2] dan [3]

[2] dan [4]



18. Berikut adalah pernyataan yang tepat tentang Identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:




Melihat hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di lingkungan sekolahnya.

Menentukan jenis disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas lainnya.

Sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif.

Memudahkan guru dalam melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di kelasnya.



19. Universal Design for Learning (UDL) dikembangkan berdasarkan ilmu berikut, yaitu:



Ilmu neurologi, psikologi perkembangan, dan keberagaman cara belajar

Ilmu neurologi, psikologi perkembangan, dan psikologi sosial.

Ilmu neurologi, psikologi perkembangan, dan keberagaman peserta didik.

Ilmu neurologi, psikologi sosial dan keberagaman peserta didik.



20. Jaringan recognition dalam otak berfungsi untuk ….




mengetahui tentang “apa” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “mengapa” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “bagaimana” dalam pembelajaran

mengetahui tentang “dimana” dalam pembelajaran



21. Fajri sudah berkelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.


Berdasarkan data dan imformasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:


Diskalkulia

Disgrafia

Disleksia

Disfraksia



22. Komponen Profil Belajar Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….



Komponen B dan Komponen C

Komponen A dan Komponen E

Komponen A dan Komponen B

Komponen C dan Komponen D



23. Metode atau strategi pembelajaran umum yang diberlakukan untuk peserta didik reguler tidak diterapkan untuk peserta didik penyandang disabilitas. Peserta didik tersebut memperoleh strategi pembelajaran khusus yang sesuai dengan kondisi, hambatan, dan kebutuhannya. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….


tujuan pembelajaran

materi pembelajaran

proses pembelajaran

penilaian pembelajaran



24. Manakah strategi yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami gangguan pendengaran.



1. Berhadapan dengan peserta didik saat berbicara dan berbicara seperti biasa.

2. Pertimbangkan menggunakan bahasa isyarat baku.

3. Pastikan Anda mendapat perhatian peserta didik sebelum berbicara.

4. Halangi bayangan wajah Anda saat berkomunikasi dengan peserta didik.

[2] dan [4]

[1] dan [2]

[2] dan [3]

[1] dan [3]



25. Strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif berkaitan dengan prinsip-prinsip Universal Design Learning yakni multiple means of action and expression. Arti dari pernyataan tersebut adalah ….




mengupayakan ketersediaan berbagai fasilitas agar peserta didik dapat menunjukkan ekspresinya

menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran

menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang strategis

menyediakan Berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif


KUMPULAN LINK SOAL DAN JAWABAN PELATIHAN PPSPPI

A. Pendaftaran Diklat Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pendaftaran-diklat-pengelolaan-pembelajaran-di-sekolah-penyelenggara-pendidikan-inklusif.html

B. Pre Test Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pretest-ppsppi.html

C. Desain Universal untuk Pembelajaran


Pelatihan PPSPPI Pengantar Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pelatihan-ppsppi-pengantar-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

Jawaban PPSPPI Kuis Aktivitas 1 Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-kuis-aktivitas-1-desain.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 1 Implementasi Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-1-implementasi-desain-universal.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 2 Desain Universal untuk Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-2-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 3 Asesmen dan Analisis Potensi Sekolah

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-3-asesmen-analisis-potensi-sekolah.html

Jawaban Tugas PPSPPI Aktivitas 4 Penerapan Prinsip-prinsip Desain Universal untuk Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-4-penerapan-prinsip-UDL.html

Jawaban Diklat PPSPPI Asesmen Formatif Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

D. Profil Belajar Siswa

Jawaban Diklat PPSPPI Berbagi Pengalaman Terkait Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-diklat-ppsppi-berbagi-pengalaman-terkait-profil-siswa.html

Jawaban Kuis Aktivitas 1 Profil Belajar Siswa

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-aktivitas-1-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Aktivitas 2 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-2-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Aktivitas 3 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Kuis Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-asesmen-formatif-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-hasil-belajar-profil-belajar-siswa.html


E. Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Refleksi Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/refleksi-pengantar-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Berbagi Pengalaman Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-berbagi-pengalaman-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif%20.html

Jawaban Kuis Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pengantar-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

Tugas Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/tugas-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Tugas Aktivitas 3 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-3.html

Jawaban Tugas Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-4-perencanaan-pendidikan-setting-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusi
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-4-setting-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 5 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-5-.html

Jawaban Aktivitas 6 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-6-perencanaan-inklusif.html

Jawaban Asesmen Formatif Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

F. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Jawaban Pengantar Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-pengantar-strategi-pelaksanaan-strategi-pembelajaran.html

Jawaban Tugas Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-1-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-strategi-pembelajaran.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html

Jawaban Asesmen Formatif Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-strategi-pembelajaran.html


G. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif.

Jawaban Kuis Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-evaluasi-pelaksanaan-pendidikan-inklusi.html

Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 3 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Asesmen Formatif Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran.html

H. Soal & Jawaban Post-test Pelatihan PPSPPI

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/soal-jawaban-post-test-pelatihan-ppsppi.html

I. Pengimbasan Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/pengimbasan-program-guru-belajar-seri-ppsppi.html

J. Download Sertifikat & Pengisian Kuesioner GBB Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif PPSPPI
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/download-sertifikat-pengisian-kuesioner-gbb-seri-ppsppi.html

K. Laporan Pengembangan Diri Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/laporan-pengembangan-diri-ppsppi.html

0 Response to "Soal & Jawaban Post-test Pelatihan PPSPPI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close