Jawaban Kuis Pretest Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Jawaban  Kuis Pretest Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif.

Jawaban Kuis Pretest Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif


1. Berikut ini adalah cara untuk menilai kemajuan peserta didik di kelas inklusif.

 

1. Penyesuaian skala penilaian

2. Observasi informal

3. Peserta didik menilai diri sendiri

4. Menggunakan format tes baku

Manakah yang sesuai?

 

 [4] saja

 [2] dan [4]

 [1] dan [2]

 [1] [2] dan [3]

 

2. Dimensi model evaluasi CIPPO yang berfungsi untuk menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program adalah ….

 

 input

 context

 outcome

 product

 

3. Sebuah desain universal secara umum harus memenuhi kriteria berikut.

 

 Inclusion, Usable, dan Accessible

 Adaptable, Usable, dan Accessible

 Accessible, Adaptable, dan Inclusion

 Usable, Adaptable, dan Accessible


4. Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi hambatan belajar peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah tersinggung (marah).

Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….

 

 kesulitan belajar

 lamban belajar

 mengendalikan emosi

 perilaku sosial

 

5. Perhatikan gejala-gejala fungsional peserta didik berikut ini!

 

1.Sering menampilkan perilaku repetitif (berulang-ulang) seperti bergoyang, melambai atau mengepak;

2.sangat fokus pada hal-hal yang tidak pantas;

3.terobsesi pada topik pembicaraan tertentu;

4.tidak dapat memperbaiki pertemanan;

5.terpaku pada pengalaman sensorik tertentu, misalnya lampu atau tekstur.

Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut diduga mengalami kesulitan ….

 

 lamban belajar

 kesulitan belajar

 mengendalikan emosi

 interaksi perilaku

 

6. Asesmen untuk mengetahui kondisi awal peserta didik baik secara kognitif maupun nonkognitif. Manakah yang sesuai dengan pernyataan tersebut?

 

 Asesmen diagnostik

 Asesmen sumatif

 Asesmen berkelanjutan

 Asemen formatif

 

7. Universal Design for Learning (UDL) dikembangkan berdasarkan ilmu berikut yaitu:

 

 Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan psikologi sosial.

 Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman cara belajar

 Ilmu neurologi, psikologi perkembangan dan keberagaman peserta didik.

 Ilmu neurologi, psikologi sosial dan keberagaman peserta didik.

 

8. Metode atau strategi pembelajaran umum yang diberlakukan untuk peserta didik reguler tidak diterapkan untuk peserta didik penyandang disabilitas. Peserta didik tersebut memperoleh strategi pembelajaran khusus yang sesuai dengan kondisi, hambatan, dan kebutuhannya. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….

 

 tujuan pembelajaran

 materi pembelajaran

 proses pembelajaran

 penilaian pembelajaran

 

9. Berikut strategi pembelajaran yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan bicara.

 

1. Posisikan wajah anda menyamping dengan peserta didik ketika berkomunikasi dengannya.

2. Memberikan contoh membuat kalimat yang benar.

3. Ajarkan model-model alternatif untuk bisa berbicara.

4. Ajukan pertanyaan secara tertulis dengan pertanyaan yang bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.

 [1] dan [2]

 [1] dan [3]

 [2] dan [4]

 [2] dan [3]

 

10. Terdapat perubahan dalam sistem penilaian hasil belajar yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik penyandang disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut menjalani sistem penilaian yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan tersebut bisa berbentuk penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara penilaian, atau tempat penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….

 

 tujuan pembelajaran

 materi pembelajaran

 proses pembelajaran

 penilaian pembelajaran

 

11. Model evaluasi CIPPO dimensi yang digunakan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program disebut ….

 

 input

 context

 product

 outcome

 

12. Universal Design for Learning (UDL) salah satunya dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang terlibat ketika seseorang belajar yaitu:

 

 affective, recognition dan strategic

 cognitive, psychomotor dan didactic

 affective, psychomotor dan strategic

 cognitive, recognition dan didactic

 

13. Manakah strategi yang tepat saat berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan pendengaran.

 

1.Berhadapan dengan peserta didik saat berbicara kemudian berbicara seperti biasa.

2.Pertimbangkan menggunakan bahasa isyarat baku.

3.Pastikan Anda mendapat perhatian peserta didik sebelum berbicara.

4. Halangi bayangan wajah Anda saat berkomunikasi dengan peserta didik.

 [2] dan [3]

 [1] dan [3]

 [1] dan [2]

 [2] dan [4]

 

14. Assesment of Learning merupakan sebutan lain untuk jenis asesmen ….

 

 diagnostik

 sumatif

 berkelanjutan

 formatif

 

15. Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas. Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan bentuk adaptasi ….

 

 tujuan pembelajaran

 materi pembelajaran

 proses pembelajaran

 penilaian pembelajaran

 

16. Jaringan recognition dalam otak berfungsi untuk ….

 

 mengetahui tentang “dimana” dalam pembelajaran

 mengetahui tentang “bagaimana” dalam pembelajaran

 mengetahui tentang “mengapa” dalam pembelajaran

 mengetahui tentang “apa” dalam pembelajaran

 

17. Berikut adalah tiga prinsip dari UDL, kecuali:

 

 Menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan peserta didik

 Menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran

 Menyediakan berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif

 Menyediakan berbagai cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka

 

18. Mengganti sesuatu yang ada dalam kurikulum umum dengan sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan oleh peserta didik penyandang disabilitas tetapi masih bisa diganti dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut merupakan definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu ….

 

 model substitusi

 model modifikasi

 model eskalasi

 model omisi

 

19. Berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan fisik, strategi manakah yang paling tepat untuk anda lakukan?

 

 Menghindari melakukan sesuatu yang berlebihan atau terlalu melindungi peserta didik dengan hambatan fisik.

 Dalam pemberian tugas, peserta didik dengan hambatan fisik diberikan waktu yang sama dengan peserta didik yang tidak memiliki hambatan.

 Untuk membantunya, fokus pada apa yang peserta didik butuhkan, bukan pada apa yang mampu dilakukan anak.

 Selalu memberikan bantuan kepada peserta didik dengan gangguan fisik.

 

20. Strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif berkaitan dengan prinsip-prinsip Universal Design Learning yakni multiple means of action and expression yang berarti ….

 

 menyediakan berbagai cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang strategis

 menyediakan berbagai sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada pembelajaran

 menyediakan Berbagai cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif

 mengupayakan ketersediaan berbagai fasilitas agar peserta didik dapat menunjukkan ekspresinya

 

21. Berikut adalah pernyataan yang tepat tentang identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:

 

 Memudahkan guru dalam melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di kelasnya.

 Sebagai pedoman dalam menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif.

 Menentukan jenis disabilitas seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas lainnya.

 Melihat hambatan yang dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di lingkungan sekolahnya.

 

22. Komponen Profil Belajar Siswa yang menyediakan informasi tentang keterbatasan, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran adalah ….

 

 Komponen B dan Komponen C

 Komponen C dan Komponen D

 Komponen A dan Komponen E

 Komponen A dan Komponen B

 

23. Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif menerapkan kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi ….

 

 tujuan, proses, refleksi, dan tindak lanjut

 indikator, tujuan, proses, dan teknik penilaian

 indikator, tujuan, proses, dan penilaian

 tujuan, materi, proses, dan penilaian

 

24. Fajri duduk di kelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang terbatas.

 

Berdasarkan data dan informasi tersebut, Fajri mengalami kesulitan belajar spesifif, yaitu:

 

 Diskalkulia

 Disgrafia

 Disleksia

 Disfraksia

 

25. Hal yang paling penting dalam penentuan strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif adalah ….

 

 kebutuhan belajar peserta didik

 ketersediaan alat pendukung pembelajaran

 kebutuhan orangtua peserta didik

 jenis hambatan yang dihadapi peserta didik

 

KUMPULAN LINK SOAL DAN JAWABAN PELATIHAN PPSPPI

A. Pendaftaran Diklat Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pendaftaran-diklat-pengelolaan-pembelajaran-di-sekolah-penyelenggara-pendidikan-inklusif.html

B. Pre Test Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pretest-ppsppi.html

C. Desain Universal untuk Pembelajaran


Pelatihan PPSPPI Pengantar Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pelatihan-ppsppi-pengantar-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

Jawaban PPSPPI Kuis Aktivitas 1 Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-kuis-aktivitas-1-desain.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 1 Implementasi Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-1-implementasi-desain-universal.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 2 Desain Universal untuk Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-2-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 3 Asesmen dan Analisis Potensi Sekolah

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-3-asesmen-analisis-potensi-sekolah.html

Jawaban Tugas PPSPPI Aktivitas 4 Penerapan Prinsip-prinsip Desain Universal untuk Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-4-penerapan-prinsip-UDL.html

Jawaban Diklat PPSPPI Asesmen Formatif Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

D. Profil Belajar Siswa

Jawaban Diklat PPSPPI Berbagi Pengalaman Terkait Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-diklat-ppsppi-berbagi-pengalaman-terkait-profil-siswa.html

Jawaban Kuis Aktivitas 1 Profil Belajar Siswa

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-aktivitas-1-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Aktivitas 2 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-2-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Aktivitas 3 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Kuis Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-asesmen-formatif-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-hasil-belajar-profil-belajar-siswa.html


E. Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Refleksi Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/refleksi-pengantar-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Berbagi Pengalaman Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-berbagi-pengalaman-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif%20.html

Jawaban Kuis Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pengantar-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

Tugas Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/tugas-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Tugas Aktivitas 3 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-3.html

Jawaban Tugas Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-4-perencanaan-pendidikan-setting-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusi
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-4-setting-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 5 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-5-.html

Jawaban Aktivitas 6 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-6-perencanaan-inklusif.html

Jawaban Asesmen Formatif Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

F. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Jawaban Pengantar Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-pengantar-strategi-pelaksanaan-strategi-pembelajaran.html

Jawaban Tugas Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-1-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-strategi-pembelajaran.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html

Jawaban Asesmen Formatif Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-strategi-pembelajaran.html


G. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif.

Jawaban Kuis Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-evaluasi-pelaksanaan-pendidikan-inklusi.html

Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 3 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Asesmen Formatif Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran.html


I. Pengimbasan Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/pengimbasan-program-guru-belajar-seri-ppsppi.html

J. Download Sertifikat & Pengisian Kuesioner GBB Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif PPSPPI
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/download-sertifikat-pengisian-kuesioner-gbb-seri-ppsppi.html

K. Laporan Pengembangan Diri Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/laporan-pengembangan-diri-ppsppi.html

2 Responses to " Jawaban Kuis Pretest Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif"

  1. terimakasih bapak...blognya sangat membantu, semoga bapak selalu diberi keberkahan , aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn, terimakasih doanya dan terimakasih juga sudah berkunjung

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close