Jawaban Kuis Pretest Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
Jawaban Kuis Pretest Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
Program Guru Belajar dan Berbagi seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) dirancang oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus untuk menjawab tantangan guru di SPPI agar mampu mengelola pembelajaran di kelasnya masing-masing secara efektif.1. Berikut ini adalah cara untuk menilai kemajuan peserta
didik di kelas inklusif.
1. Penyesuaian skala penilaian
2. Observasi informal
3. Peserta didik menilai diri sendiri
4. Menggunakan format tes baku
Manakah yang sesuai?
[4] saja
[2] dan [4]
[1] dan [2]
[1] [2] dan [3]
2. Dimensi model evaluasi CIPPO yang berfungsi untuk
menggambarkan dan merinci keterkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum
terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program adalah ….
input
context
outcome
product
3. Sebuah desain universal secara umum harus memenuhi
kriteria berikut.
Inclusion, Usable,
dan Accessible
Adaptable, Usable,
dan Accessible
Accessible,
Adaptable, dan Inclusion
Usable, Adaptable,
dan Accessible
4. Ibu Oni guru kelas 3 SD melakukan identifikasi hambatan
belajar peserta didiknya. Ia memperoleh data dan informasi bahwa salah satu
peserta didiknya (Yuda) sering terlihat sedih, cemas, dan nampak seperti
kehilangan minat. Informasi dari orang tuanya, Yuda juga tidak suka bergaul
dengan saudara-saudaranya, lebih sering mengurung dirinya di kamar, dan mudah
tersinggung (marah).
Dari data dan informasi tersebut, Ibu Oni berkesimpulan Yuda mengalami hambatan ….
kesulitan belajar
lamban belajar
mengendalikan emosi
perilaku sosial
5. Perhatikan gejala-gejala fungsional peserta didik berikut
ini!
1.Sering menampilkan perilaku repetitif (berulang-ulang)
seperti bergoyang, melambai atau mengepak;
2.sangat fokus pada hal-hal yang tidak pantas;
3.terobsesi pada topik pembicaraan tertentu;
4.tidak dapat memperbaiki pertemanan;
5.terpaku pada pengalaman sensorik tertentu, misalnya lampu
atau tekstur.
Apabila anak mengalami gejala seperti di atas, maka patut
diduga mengalami kesulitan ….
lamban belajar
kesulitan belajar
mengendalikan emosi
interaksi perilaku
6. Asesmen untuk mengetahui kondisi awal peserta didik baik
secara kognitif maupun nonkognitif. Manakah yang sesuai dengan pernyataan
tersebut?
Asesmen diagnostik
Asesmen sumatif
Asesmen berkelanjutan
Asemen formatif
7. Universal Design for Learning (UDL) dikembangkan
berdasarkan ilmu berikut yaitu:
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan dan psikologi sosial.
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan dan keberagaman cara belajar
Ilmu neurologi,
psikologi perkembangan dan keberagaman peserta didik.
Ilmu neurologi,
psikologi sosial dan keberagaman peserta didik.
8. Metode atau strategi pembelajaran umum yang diberlakukan
untuk peserta didik reguler tidak diterapkan untuk peserta didik penyandang
disabilitas. Peserta didik tersebut memperoleh strategi pembelajaran khusus
yang sesuai dengan kondisi, hambatan, dan kebutuhannya. Definisi tersebut
merupakan penjelasan dari modifikasi ….
tujuan pembelajaran
materi pembelajaran
proses pembelajaran
penilaian
pembelajaran
9. Berikut strategi pembelajaran yang tepat saat berhadapan
dengan peserta didik yang mengalami hambatan bicara.
1. Posisikan wajah anda menyamping dengan peserta didik ketika
berkomunikasi dengannya.
2. Memberikan contoh membuat kalimat yang benar.
3. Ajarkan model-model alternatif untuk bisa berbicara.
4. Ajukan pertanyaan secara tertulis dengan pertanyaan yang
bisa dijawab oleh peserta didik yang bersangkutan.
[1] dan [2]
[1] dan [3]
[2] dan [4]
[2] dan [3]
10. Terdapat perubahan dalam sistem penilaian hasil belajar
yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik penyandang
disabilitas. Dengan kata lain peserta didik tersebut menjalani sistem penilaian
yang berbeda dengan peserta didik reguler. Perubahan tersebut bisa berbentuk
penyesuaian soal, perubahan alokasi waktu, teknik/cara penilaian, atau tempat
penilaian. Definisi tersebut merupakan penjelasan dari modifikasi ….
tujuan pembelajaran
materi pembelajaran
proses pembelajaran
penilaian
pembelajaran
11. Model evaluasi CIPPO dimensi yang digunakan untuk
mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program disebut ….
input
context
product
outcome
12. Universal Design for Learning (UDL) salah satunya
dikembangkan berdasarkan penelitian mengenai tiga jaringan yang terlibat ketika
seseorang belajar yaitu:
affective, recognition
dan strategic
cognitive,
psychomotor dan didactic
affective,
psychomotor dan strategic
cognitive,
recognition dan didactic
13. Manakah strategi yang tepat saat berhadapan dengan
peserta didik yang mengalami hambatan pendengaran.
1.Berhadapan dengan peserta didik saat berbicara kemudian
berbicara seperti biasa.
2.Pertimbangkan menggunakan bahasa isyarat baku.
3.Pastikan Anda mendapat perhatian peserta didik sebelum
berbicara.
4. Halangi bayangan wajah Anda saat berkomunikasi dengan
peserta didik.
[2] dan [3]
[1] dan [3]
[1] dan [2]
[2] dan [4]
14. Assesment of Learning merupakan sebutan lain untuk jenis
asesmen ….
diagnostik
sumatif
berkelanjutan
formatif
15. Tujuan pembelajaran pada kurikulum sekolah reguler
diubah dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik penyandang disabilitas.
Konsekuensinya, rumusan kompetensi untuk peserta didik tersebut berbeda dengan
peserta didik lainnya, penyesuaian yang berkaitan dengan KI dan KD merupakan
bentuk adaptasi ….
tujuan pembelajaran
materi pembelajaran
proses pembelajaran
penilaian
pembelajaran
16. Jaringan recognition dalam otak berfungsi untuk ….
mengetahui tentang
“dimana” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“bagaimana” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“mengapa” dalam pembelajaran
mengetahui tentang
“apa” dalam pembelajaran
17. Berikut adalah tiga prinsip dari UDL, kecuali:
Menyediakan berbagai
cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang membelajarkan
peserta didik
Menyediakan berbagai
sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada
pembelajaran
Menyediakan berbagai
cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif
Menyediakan berbagai
cara untuk mengevaluasi serta menilai peserta didik sesuai kemampuan mereka
18. Mengganti sesuatu yang ada dalam kurikulum umum dengan
sesuatu yang lain. Penggantian dilakukan karena hal tersebut tidak mungkin
dilakukan oleh peserta didik penyandang disabilitas tetapi masih bisa diganti
dengan hal lain yang sama bobotnya dengan yang digantikan. Penjelasan tersebut
merupakan definisi dari model adaptasi kurikulum, yaitu ….
model substitusi
model modifikasi
model eskalasi
model omisi
19. Berhadapan dengan peserta didik yang mengalami hambatan
fisik, strategi manakah yang paling tepat untuk anda lakukan?
Menghindari melakukan
sesuatu yang berlebihan atau terlalu melindungi peserta didik dengan hambatan
fisik.
Dalam pemberian
tugas, peserta didik dengan hambatan fisik diberikan waktu yang sama dengan
peserta didik yang tidak memiliki hambatan.
Untuk membantunya,
fokus pada apa yang peserta didik butuhkan, bukan pada apa yang mampu dilakukan
anak.
Selalu memberikan
bantuan kepada peserta didik dengan gangguan fisik.
20. Strategi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif
berkaitan dengan prinsip-prinsip Universal Design Learning yakni multiple means
of action and expression yang berarti ….
menyediakan berbagai
cara tindakan dan ekspresi untuk mendukung cara belajar yang strategis
menyediakan berbagai
sarana yang representatif untuk mendukung cara kita memberikan makna pada
pembelajaran
menyediakan Berbagai
cara keterlibatan untuk mendukung pembelajaran afektif
mengupayakan
ketersediaan berbagai fasilitas agar peserta didik dapat menunjukkan ekspresinya
21. Berikut adalah pernyataan yang tepat tentang
identifikasi hambatan belajar peserta didik, yaitu:
Memudahkan guru dalam
melakukan pengelompokan peserta didik ketika melaksanakan pembelajaran di
kelasnya.
Sebagai pedoman dalam
menentukan kebijakan sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan inklusif.
Menentukan jenis disabilitas
seperti peserta didik yang autis, lamban belajar, dan jenis disabilitas
lainnya.
Melihat hambatan yang
dialami oleh peserta didik dalam aktivitas dan berpartisipasi di kelas atau di
lingkungan sekolahnya.
22. Komponen Profil Belajar Siswa yang menyediakan informasi
tentang keterbatasan, kebutuhan, serta dukungan yang diperlukan peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran adalah ….
Komponen B dan
Komponen C
Komponen C dan
Komponen D
Komponen A dan
Komponen E
Komponen A dan
Komponen B
23. Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif menerapkan
kurikulum yang berlaku secara nasional yang diadaptasi sesuai dengan kebutuhan
belajar peserta didik penyandang disabilitas. Adaptasi kurikulum meliputi ….
tujuan, proses,
refleksi, dan tindak lanjut
indikator, tujuan,
proses, dan teknik penilaian
indikator, tujuan,
proses, dan penilaian
tujuan, materi,
proses, dan penilaian
24. Fajri duduk di kelas 4 SD. Ketika disuruh membaca, ia
mengalami banyak kesulitan, sering mengulang, terlihat berusaha keras untuk
mengeja, kesulitan dalam membedakan huruf b, p, dan q, dan tidak memahami apa
yang dibaca. Fajri juga lamban dalam belajar bahasa dan memiliki kosa kata yang
terbatas.
Berdasarkan data dan informasi tersebut, Fajri mengalami
kesulitan belajar spesifif, yaitu:
Diskalkulia
Disgrafia
Disleksia
Disfraksia
25. Hal yang paling penting dalam penentuan strategi
pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif adalah ….
kebutuhan belajar
peserta didik
ketersediaan alat
pendukung pembelajaran
kebutuhan orangtua
peserta didik
jenis hambatan yang
dihadapi peserta didik
A. Pendaftaran Diklat Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pendaftaran-diklat-pengelolaan-pembelajaran-di-sekolah-penyelenggara-pendidikan-inklusif.html
B. Pre Test Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pretest-ppsppi.html
C. Desain Universal untuk Pembelajaran
Pelatihan PPSPPI Pengantar Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pelatihan-ppsppi-pengantar-desain-universal-untuk-pembelajaran.html
Jawaban PPSPPI Kuis Aktivitas 1 Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-kuis-aktivitas-1-desain.html
Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 1 Implementasi Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-1-implementasi-desain-universal.html
Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 2 Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-2-desain-universal-untuk-pembelajaran.html
Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 3 Asesmen dan Analisis Potensi Sekolah
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-3-asesmen-analisis-potensi-sekolah.html
Jawaban Tugas PPSPPI Aktivitas 4 Penerapan Prinsip-prinsip Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-4-penerapan-prinsip-UDL.html
Jawaban Diklat PPSPPI Asesmen Formatif Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-desain-universal-untuk-pembelajaran.html
D. Profil Belajar Siswa
Jawaban Diklat PPSPPI Berbagi Pengalaman Terkait Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-diklat-ppsppi-berbagi-pengalaman-terkait-profil-siswa.html
Jawaban Kuis Aktivitas 1 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-aktivitas-1-profil-belajar-siswa.html
Jawaban Aktivitas 2 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-2-profil-belajar-siswa.html
Jawaban Aktivitas 3 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-profil-belajar-siswa.html
Jawaban Kuis Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-asesmen-formatif-profil-belajar-siswa.html
Jawaban Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-hasil-belajar-profil-belajar-siswa.html
E. Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Refleksi Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Jawaban Berbagi Pengalaman Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-berbagi-pengalaman-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif%20.html
Jawaban Kuis Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pengantar-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html
Tugas Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/tugas-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html
Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Tugas Aktivitas 3 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-3.html
Jawaban Tugas Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-4-perencanaan-pendidikan-setting-inklusif.html
Jawaban Refleksi Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusi
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-4-setting-pendidikan-inklusif.html
Jawaban Aktivitas 5 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-5-.html
Jawaban Aktivitas 6 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-6-perencanaan-inklusif.html
Jawaban Asesmen Formatif Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html
F. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
Jawaban Pengantar Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-pengantar-strategi-pelaksanaan-strategi-pembelajaran.html
Jawaban Tugas Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-1-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html
Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-strategi-pembelajaran.html
Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html
Jawaban Asesmen Formatif Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-strategi-pembelajaran.html
G. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif.
Jawaban Kuis Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-evaluasi-pelaksanaan-pendidikan-inklusi.html
Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-inklusif.html
Jawaban Aktivitas 3 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html
Jawaban Asesmen Formatif Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran.html
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/soal-jawaban-post-test-pelatihan-ppsppi.html
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/pengimbasan-program-guru-belajar-seri-ppsppi.html
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/download-sertifikat-pengisian-kuesioner-gbb-seri-ppsppi.html
K. Laporan Pengembangan Diri Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/laporan-pengembangan-diri-ppsppi.html
terimakasih bapak...blognya sangat membantu, semoga bapak selalu diberi keberkahan , aamiin.
ReplyDeleteAminnn, terimakasih doanya dan terimakasih juga sudah berkunjung
Delete