Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif


Aktivitas 1 – Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Pelatihan – Angkatan 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif Aktivitas 1 – Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Pada aktivitas pertama ini, Anda membaca beberapa konsep penting berkaitan dengan penilaian, pengukuran, dan evaluasi berdampak dalam proses pembelajaran. Anda juga akan membaca seperti apa konsep penilaian pada setting pendidikan inklusif, dan konsep berkaitan dengan evaluasi terutama evaluasi pembelajaran dalam setting pendidikan inklusif.

1. Dengan membaca diharapkan anda memiliki konsep berkaitan dengan penilaian, pengukuran, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model CIPPO.

2. Setelah Anda membaca materi yang tersedia, silakan Anda membuat ringkasan materi dalam bentuk mind map terkait dengan penilaian, pengukuran dan evaluasi.

3. Jika Anda sudah selesai membuat ringkasan materi dalam bentuk mind map, silahkan Anda mengunggah hasil kerja Anda, sebagai pemenuhan atas tugas Aktivitas 1.

Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

CIPPO merupakan akronim dari Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation, Outcome.

Komponen CIPPO dijelaskan sebagai berikut:

1. Evaluasi Konteks (Context Evaluation) berfungsi untuk menggambarkan dan merinci berkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program.

2. Evaluasi Masukan (Input Evaluatio) maksud dari evaluasi masukan untuk menilai kemampuan awal peserta didik dan sekolah dalam menunjang program, antara lain kemampuan sekolah dalam menyediakan sarana prasarana dan lainnya. Pertanyaan yang berkenaan dengan input mengarah pada "pemecahan masalah" sehingga mendorong implementasi program.

3. Evaluasi Proses (Process Evaluation) terkait dengan "apa" (what) kegiatan yang dilakukan dalam program, "siapa" (who) yang menjadi penanggung jawab program, "kapan" (when) kegiatan dilaksanakan dan selesai.

4. Evaluasi Produk (Product Evaluation) bertujuan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program. Evaluasi produk diarahkan pada hal-hal yang menunjukkan perubahan yang terjadi setelah ada masukan atau input.

5. Evaluasi Keluaran (Outcome Evaluation) merupakan evaluasi berkaitan dengan manfaat menunjuk pada hasil keluaran dari implementasi program, seberapa besar manfaat program bagi guru, peserta didik, sekolah, dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.

Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

KUMPULAN LINK SOAL DAN JAWABAN PELATIHAN PPSPPI

A. Pendaftaran Diklat Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pendaftaran-diklat-pengelolaan-pembelajaran-di-sekolah-penyelenggara-pendidikan-inklusif.html

B. Pre Test Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pretest-ppsppi.html

C. Desain Universal untuk Pembelajaran


Pelatihan PPSPPI Pengantar Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/pelatihan-ppsppi-pengantar-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

Jawaban PPSPPI Kuis Aktivitas 1 Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-kuis-aktivitas-1-desain.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 1 Implementasi Desain Universal
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-1-implementasi-desain-universal.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 2 Desain Universal untuk Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-2-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

Jawaban PPSPPI Tugas Aktivitas 3 Asesmen dan Analisis Potensi Sekolah

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-3-asesmen-analisis-potensi-sekolah.html

Jawaban Tugas PPSPPI Aktivitas 4 Penerapan Prinsip-prinsip Desain Universal untuk Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-ppsppi-tugas-aktivitas-4-penerapan-prinsip-UDL.html

Jawaban Diklat PPSPPI Asesmen Formatif Desain Universal untuk Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-desain-universal-untuk-pembelajaran.html

D. Profil Belajar Siswa

Jawaban Diklat PPSPPI Berbagi Pengalaman Terkait Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-diklat-ppsppi-berbagi-pengalaman-terkait-profil-siswa.html

Jawaban Kuis Aktivitas 1 Profil Belajar Siswa

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-aktivitas-1-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Aktivitas 2 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-2-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Aktivitas 3 Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Kuis Asesmen Formatif Profil Belajar Siswa
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-asesmen-formatif-profil-belajar-siswa.html

Jawaban Refleksi Hasil Belajar Profil Belajar Siswa

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-hasil-belajar-profil-belajar-siswa.html


E. Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Refleksi Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/refleksi-pengantar-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Berbagi Pengalaman Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-berbagi-pengalaman-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif%20.html

Jawaban Kuis Pengantar Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-pengantar-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

Tugas Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/tugas-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-perencanaan-pembelajaran-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Tugas Aktivitas 3 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-3.html

Jawaban Tugas Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-4-perencanaan-pendidikan-setting-inklusif.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 4 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusi
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-4-setting-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 5 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-5-.html

Jawaban Aktivitas 6 Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-6-perencanaan-inklusif.html

Jawaban Asesmen Formatif Perencanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-perencanaan-pembelajaran-setting-pendidikan-inklusif.html

F. Strategi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

Jawaban Pengantar Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-pengantar-strategi-pelaksanaan-strategi-pembelajaran.html

Jawaban Tugas Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-tugas-aktivitas-1-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 1 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-1-strategi-pembelajaran.html

Jawaban Refleksi Aktivitas 2 Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-refleksi-aktivitas-2-strategi-pelaksanaan-pembelajaran.html

Jawaban Asesmen Formatif Strategi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-strategi-pembelajaran.html


G. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif.

Jawaban Kuis Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-kuis-evaluasi-pelaksanaan-pendidikan-inklusi.html

Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-1-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-inklusif.html

Jawaban Aktivitas 3 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-aktivitas-3-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran-setting-inklusif.html

Jawaban Asesmen Formatif Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/jawaban-asesmen-formatif-evaluasi-pelaksanaan-pembelajaran.html

I. Pengimbasan Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/pengimbasan-program-guru-belajar-seri-ppsppi.html

J. Download Sertifikat & Pengisian Kuesioner GBB Seri Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif PPSPPI
https://whynoto.blogspot.com/2021/09/download-sertifikat-pengisian-kuesioner-gbb-seri-ppsppi.html

K. Laporan Pengembangan Diri Program Guru Belajar Dan Berbagi Seri Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/10/laporan-pengembangan-diri-ppsppi.html

1 Response to "Jawaban Aktivitas 1 Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif"

  1. Aktivitas 2 – Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif
    Yang ini tidak ada ya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close