Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Soal Tes Awal / Prates Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Di Gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id
Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif |
Video Pembahasan Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Soal
1
Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara
umum sama dengan kegiatan proses belajar
mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat
pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip
umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan
prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut
merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…
kelas
reguler (inklusi penuh)
kelas reguler dengan cluster
kelas khusus penuh
kelas reguler dengan cluster dan pull out
kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
Soal
2
Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk
bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri
sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang
inklusif, yaitu…
prinsip daya guna
prinsip
berpusat pada anak (Child Centered)
prinsip estetis
prinsip menarik dan menantang
prinsip learning centers (pembagian Zona)
Soal
3
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat
untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?
Kondisi
nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik
secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi
perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif
yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik,
sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam
proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang
menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial
budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam
proses pembelajaran.
Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang
mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik,
sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam
proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak
menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial
budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses
pembelajaran.
Soal
4
Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi
peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut kegiatan….
asesmen
klasifikasi
identifikasi
monitoring
diagnosa
Soal
5
Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan
asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerjasama dengan
teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya.
Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan
jenis hambatan …
Tunanetra
Tunadaksa
Tunagrahita
Tunarungu
Spektrum
Autisme
Soal
6
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek
apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di
antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan
layanan pendidikan khusus adalah….
riwayat perkembangan anak; informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak: informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
Soal
7
Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik
berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan
pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa …
kemampuan
berperilaku adaptif
kemampuan
berbahasa dan berkomunikasi
kestabilan
emosi
kemampuan
Activity Dailly Living
kemampuan
mobilitas
Soal
8
Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak,
diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi.
Diperlukan oleh guru untuk….
Menganalisa peserta didik
Mengasesmen peserta didik
Mengidentifikasi
peserta didik
Mendiagnosa peserta didik
Memberikan label terhadap peserta didik
Soal
9
Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak,
diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi.
Diperlukan oleh guru untuk ….
memberikan label terhadap peserta didik
menganalisis peserta didik
mendiagnosa peserta didik
mengasesmen peserta didik
mengidentifikasi
peserta didik
Soal
10
Salah satu tujuan
planning matrix adalah …
membuat program bagi peserta didik berkebutuhan
khusus
mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
memetakan
kondisi aktual PDBK
menemukenali dan menandai peserta didik.
mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di
antara peserta didik berkebutuhan khusus.
Soal
11
Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan
oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model
adaptasi seperti ini adalah….
duplikasi
substitusi
eskalasi
modifikasi
omisi
Soal
12
Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan
adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …
preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi
peserta didik
lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik
tinggal
riwayat tumbuh kembang
dukungan dan hambatan peserta didik
hambatan,
ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
Soal
13
Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada
standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD)
dan indikator adalah….
materi
tujuan
media pembelajaran
proses
evaluasi
Soal
14
Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak
berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan
ekstrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan
khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …
to Learn
to Work
to Love
to live
to Play
Soal
15
Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau
menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan
khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus
menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…
Integrasi
Segregasi
Inklusif
Khusus
Reguler
Soal
16
Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas
adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam
konteks ini adalah…
mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada
orangtua
mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang
profesional.
menentukan apakah program pembelajaran yang
diberikan sudah tepat.
menandai
anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gajala tertentu.
mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan
layanan pendidikan khusus.
Soal 17
Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang
dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya
atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu.
Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …
Impairment
Under
Actuality
Disability
Handicapped
Under
Achievment
Soal
18
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat
untuk menggambarkan makna identifikasi?
Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan
khusus.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta
didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan
khusus.
Guru
mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di
sekolah atau di kelasnya.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta
didik berkebutuhan khusus.
Soal
19
Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam
pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan
prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam
layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…
prinsip toleransi untuk kesalahan
prinsip informasi penggunaan yang jelas
prinsip mudah digunakan
prinsip
fleksibel dalam penggunaannya
prinsip dapat digunakan oleh semua orang
Soal
20
Proses menemukenali peserta didik sebelum yang
bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…
screening
identifikasi
asesmen
referral
klasifikasi
Soal
21
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek
apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identikasi. Di
antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan
layanan pendidikan khusus adalah:
riwayat perkembangan anak; informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat
perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil
hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data
kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
Riwayat kesehatan anak: informasi atau data
orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
Soal 22
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat
untuk menggambarkan makna identifikasi?
Guru
memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan
dengan peserta didik lainnya.
Guru
membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru
mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru
mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di
sekolah atau di kelasnya.
Guru
mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Soal
23
Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih
bersifat gambaran umum/kasar, disebut kegiatan….
asesmen
identifikasi
diagnose
klasifikasi
monitoring
Soal
24
Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan
terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan
mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua
dalam penyusunan PPI, yaitu …
keterbatasan logistik
masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah
pendidikan
kurangnya
pemahaman terhadap budaya orangtua
keterbatasan latar belakang pendidikan
perkembangan bahasa
Soal
25
PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas regular
karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program….
Program
Pembelajaran Individual (PPI)
pembelajaran remedial
pembelajaran berkelompok
pembelajaran fleksibel
pembelajaran home schooling
Video Pembahasan Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
DAFTAR SOAL DAN JAWABAN LENGKAP BIMTEK PENDIDIKAN INKLUSIF
Soal
Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
Jawaban
Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-keberagaman-peserta-didik.html
Jawaban
Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-pembelajaran-hari-kedua.html
Kuis
Pembelajaran Hari Ketiga Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan
Khusus
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/kuis-pembelajaran-hari-ketiga-kebutuhan.html
Jawaban
Aktivitas 5 Penilaian Keberagaman Peserta Didik
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-aktivitas-5-penilaian.html
Jawaban
Aktivitas 6 Refleksi Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Ketiga
Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari
Keempat Aktivitas 4
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-hakikat-pendidikan-inklusif-aktivitas-4.html
Jawaban
Kuis Sekolah Ramah Anak Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 5
Aktivitas
8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-penilaian-konsep-dasar-pendidikan-inklusif.html
Jawaban
Bimtek Inklusif Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran
Hari Kelima
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran
Hari Keenam Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-keenam-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran Hari Ketujuh Bimtek Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-ketujuh-bimtek-inklusif.html
Pembelajaran
Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-7.html
Pembelajaran
Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 8
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html
Pembelajaran
Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-9.html
Soal
dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tes-akhir-bimtek-inklusif.html
0 Response to "Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif "
Post a Comment