Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

Soal Tes Awal / Prates Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif Di Gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id


Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif

 Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif


Video Pembahasan Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif 

Soal 1

Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan  kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…

 

kelas reguler (inklusi penuh)

kelas reguler dengan cluster

kelas khusus penuh

kelas reguler dengan cluster dan pull out

kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian

 

Soal 2

Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…

 

prinsip daya guna

prinsip berpusat pada anak (Child Centered)

prinsip estetis

prinsip menarik dan menantang

prinsip learning centers (pembagian Zona)

 

Soal 3

 

Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?

 

Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

 

 

Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.

 

Soal  4

Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program  disebut kegiatan….

asesmen

klasifikasi

identifikasi

monitoring

diagnosa

 

Soal 5

Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerjasama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan …

 

Tunanetra

Tunadaksa

Tunagrahita

Tunarungu

Spektrum Autisme

 

Soal 6

Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah….

 

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

 

Soal  7

Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa …

kemampuan berperilaku adaptif

kemampuan berbahasa dan berkomunikasi

kestabilan emosi

kemampuan Activity Dailly Living

kemampuan mobilitas

 

Soal  8

Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk….

 

Menganalisa peserta didik

Mengasesmen peserta didik

Mengidentifikasi peserta didik

Mendiagnosa peserta didik

Memberikan label terhadap peserta didik

 

Soal  9

Kemampuan  pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….

 

memberikan label terhadap peserta didik

menganalisis peserta didik

mendiagnosa peserta didik

mengasesmen peserta didik

mengidentifikasi peserta didik

 

Soal 10

Salah satu tujuan  planning matrix adalah …

 

membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus

mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik

memetakan kondisi aktual PDBK

menemukenali dan menandai peserta didik.

mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Soal  11

Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….

 

duplikasi

substitusi

eskalasi

modifikasi

omisi

 

Soal 12

Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …

 

preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik

lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal

riwayat tumbuh kembang

dukungan dan hambatan peserta didik

hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik

 

Soal 13

Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah….

 

materi

tujuan

media pembelajaran

proses

evaluasi

 

Soal 14

Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …

 

to Learn

to Work

to Love

to live

to Play

 

Soal 15

Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…

 

Integrasi

Segregasi

Inklusif

Khusus

Reguler

 

Soal 16

Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah…

 

mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua

mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional.

menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat.

menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gajala tertentu.

mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus.

 

Soal 17

Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …

Impairment

Under Actuality

Disability

Handicapped

Under Achievment

 

Soal 18

Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

 

Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

 

Soal 19

Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…

 

prinsip toleransi untuk kesalahan

prinsip informasi penggunaan yang jelas

prinsip mudah digunakan

prinsip fleksibel dalam penggunaannya

prinsip dapat digunakan oleh semua orang

 

Soal 20

Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…

 

screening

identifikasi

asesmen

referral

klasifikasi

 

Soal 21

Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:

 

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.

riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.

Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.

 

Soal 22

Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?

Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.

Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.

Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.

Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.

 

 

Soal 23

Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut kegiatan….

 

asesmen

identifikasi

diagnose

klasifikasi

monitoring

 

Soal 24

Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …

 

keterbatasan logistik

masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan

kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua

keterbatasan latar belakang pendidikan

perkembangan bahasa

 

Soal 25

PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program….

 

Program Pembelajaran Individual (PPI)

pembelajaran remedial

pembelajaran berkelompok

pembelajaran fleksibel

pembelajaran home schooling

Video Pembahasan Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif 


DAFTAR SOAL DAN JAWABAN LENGKAP BIMTEK PENDIDIKAN INKLUSIF

Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-prates-bimtek-guru-belajar-dan-berbagi-seri-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Kuis Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Pertama
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-keberagaman-peserta-didik.html

Jawaban Kuis Pembelajaran Hari Kedua Karakteristik Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-pembelajaran-hari-kedua.html

Kuis Pembelajaran Hari Ketiga Kebutuhan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/kuis-pembelajaran-hari-ketiga-kebutuhan.html

Jawaban Aktivitas 5 Penilaian Keberagaman Peserta Didik

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-aktivitas-5-penilaian.html

Jawaban Aktivitas 6 Refleksi Keberagaman Peserta Didik Pembelajaran Hari Ketiga

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/Jawaban-Aktivitas-6-Refleksi-Keberagaman-Peserta-Didik-Pembelajaran-Hari-Ketiga.html

Jawaban Kuis Hakikat Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 4

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-kuis-hakikat-pendidikan-inklusif-aktivitas-4.html

Jawaban Kuis Sekolah Ramah Anak Pembelajaran Hari Keempat Aktivitas 5

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/Jawaban-Kuis-Sekolah-Ramah-Anak-Pembelajaran-Hari-Keempat-Aktivitas-5.html

Aktivitas 8. Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-penilaian-konsep-dasar-pendidikan-inklusif.html

Jawaban Bimtek Inklusif Aktivitas 8 Refleksi Konsep Dasar Pendidikan Inklusif Pembelajaran Hari Kelima

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/jawaban-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html

Pembelajaran Hari Keenam Bimtek Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-keenam-bimtek-inklusif.html

Pembelajaran Hari Ketujuh Bimtek Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-ketujuh-bimtek-inklusif.html

Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 7

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-7.html

Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 8

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-8.html

Pembelajaran Hari Kedelapan Bimtek Inklusif Aktivitas 9

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/pembelajaran-hari-kedelapan-bimtek-inklusif-aktivitas-9.html

Soal dan Jawaban Tes Akhir Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tes-akhir-bimtek-inklusif.html

 

0 Response to "Soal Tes Awal Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close