TUJUAN PENDIDIKAN HAM DI SD
Materi HAM
yang diajarkan sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak SD
sehingga mudah dipahami oleh anak. Secara fisik, anak usia SD masih memasuki
tahap perkembangan yang sangat pesat. Berbagai otot dan tulang mengalami
penguatan sehingga anak cenderung aktif dalam melakukan kegiatan fisik seperti
bergerak, berlari, dan tidak pernah diam di tempat. Menurut Kolhberg, moralitas
manusia tumbuh melalui tiga tingkatan yaitu pra konvensional, konvensional,
pasca konvensional. Anak usia SD cenderung berada pada tahap perkembangan moral
konvensional, artinya anak-anak SD akan melakukan suatu perbuatan yang baik
sesuai dengan konformitas hubungan interpersonal yang akrab dan intensif. Di
samping itu, anak SD akan berbuat baik manakala sesuai dengan hukum dan aturan
yang sudah ada dan bukan kesadaran etik universal (Satibi, 2006) Secara
kognitif, pemikiran anak SD sedang mengalami pertumbuhan sangat cepat.
Menurut
Jean Piaget perkembangan kognitif anak SD dalam fase operasional konkrit (6-12
tahun), anak memiliki pengetahuan melalui operasi benda-benda konkrit.
Pembelajaran dengan menggunakan referensi benda konkrit sangat membantu anak
memahami simbol-simbol abstrak. Untuk itu diperlukan kemampuan guru dalam
menterjemahkan materi HAM yang abtrak menjadi materi yang konkrit dan mudah
dipahami. Demikian pula, perkembangan sosial anak SD berada pada tahap
kesadaran kolektif yang ditentukan oleh faktor-faktor dalam diri anak dan di
luar diri anak. Faktor dari dalam diri anak berupa kondisi internal anak baik fisik,
kognitif, sosial emosi, moral, dan spiritual anak. Faktor di luar diri manusia
adalah lingkungan anak baik lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Materi
Pembelajaran HAM di SD
Sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Materi pembelajaran sebaiknya dalam bentuk yang mudah dipahami oleh anak, kalimatnya sederhana, lugas, dan jelas. Kalau perlu materi disertai gambar dan ilustrasi menarik dan menyenangkan. Unsur problematik dalam materi HAM juga akan membuat sajian materi tidak monoton dan menjemukan, tetapi menantang penalaran kritis anak. Supaya memiliki kebermaknaan pada anak, materi HAM diangkat dari realitas kehidupan anak sehari-hari. Dengan demikian materi yang dikembangkan disesuaikan dengan pekermbangan dan kebutuhan anak. Materi HAM dikembangkan dari kurikulum.
Sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Materi pembelajaran sebaiknya dalam bentuk yang mudah dipahami oleh anak, kalimatnya sederhana, lugas, dan jelas. Kalau perlu materi disertai gambar dan ilustrasi menarik dan menyenangkan. Unsur problematik dalam materi HAM juga akan membuat sajian materi tidak monoton dan menjemukan, tetapi menantang penalaran kritis anak. Supaya memiliki kebermaknaan pada anak, materi HAM diangkat dari realitas kehidupan anak sehari-hari. Dengan demikian materi yang dikembangkan disesuaikan dengan pekermbangan dan kebutuhan anak. Materi HAM dikembangkan dari kurikulum.
Missal:
Dijabarkan
dari standar kompetensi dan kompetensi dasar SD, Standar kompetensi kelas II SD
semester 2 berbunyi:
Menampilkan
sikap demokratis.
Kompetensi dasar yang akan dicapai adalah mengenal kegiatan bermusyawarah.
Materi pokok yang dikembangkan adalah:
Kompetensi dasar yang akan dicapai adalah mengenal kegiatan bermusyawarah.
Materi pokok yang dikembangkan adalah:
a. kebebasan
berpendapat dengan alas an yang masuk akal,
b. menghargai
pendapat yang berbeda,
c. kesempatan
yang sama dalam mengemukakan pendapat,
d. persoalan
yang dibicarakan dalam musyawarah adalah masalah bersama,
e. keuntungan
semua pihak.
Implementasi materi HAM diberikan di SD
dapat berdiri sendiri (separated) dan terpisah dari matapelajaran lain tingkat
perkembangan kognitif anak SD berada pada fase operasional konkrit. Oleh karena
itu, penggunaan media dan sumber pembelajaran sangat penting dan mutlak
dilakukan, baik media yang dirancang khusus sesuai kebutuhan maupun
memanfaatkan benda atau peristiwa yang ada disekitar anak, seperti; antrian I
kantor pos, perilaku pedagang di pasar, dan lain sebagainya.
Baca Juga:
HAM sebagai personal
Pembagian bidang jenis dan macam HAM
Pengertian HAM dan KAM
Sumber dan Nilai HAM
Asas - asas HAM
Contoh HAM dan KAM
Tujuan Pendidikan HAM di SD
0 Response to "TUJUAN PENDIDIKAN HAM DI SD"
Post a Comment