Cara Membuat Soal Penilaian Akhir Semester HOTS (Higher Order Thinking Skills) K13
Pengertian
Higher-order thinking
termasuk menunjukkan pemahaman akan informasi dan bernalar bukan sekedar mengingat kembali/recall informasi.
Higher order thinking tidak berarti
soal yang lebih sulit daripada soal recall
Karakteristik Soal
HOTS
1.
Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi, meminimalkan aspek mengingat
dan memahami
2.
Berbasis permasalahan kontekstual
3.
Stimulus menarik
4.
Tidak Familiar
5.
Kebaruan
Ciri Soal HOTS
- Transfer satu konsep ke konsep lainnya
- Memproses dan menerapkan informasi
- Mencari
kaitan dari berbagai informasi
yang berbeda-beda
- Menggunakan informasi untuk menyelesaikan
masalah
- Menelaah
ide dan informasi secara
kritis
Langkah Menyusun Soal HOTS
- Menganalisis KD yang
dapat dibuatkan soal HOTS.
- Menyusun kisi-kisi
soal.
- Memilih stimulus yang
menarik dan kontekstual;
- Menulis butir
pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal.
- Butir-butir pertanyaan
ditulis agar sesuai dengan kaidah penulisan butir soal.
- Membuat pedoman
penskoran atau kunci jawaban.
BAGAIMANA
MENYUSUN KISI-KISI ?
Kisi-kisi
adalah suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman
untuk menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes.
FUNGSI KISI
KISI
- Pedoman Penulisan Soal
- Pedoman Perakitan Soal
SYARAT KISI- KISI
- Mewakili isi kurikulum
- Singkat dan Jelas
- Soal dapat disusun sesuai dengan bentuk soal.
KRITERIA
INDIKATOR
- Memuat ciri-ciri SKL/KD
yang hendak diukur.
- Memuat satu kata kerja operasional
yang dapat diukur.
- Khusus untuk bentuk soal
uraian dan Kinerja dapat lebih dari satu.
- Memuat ciri-ciri kemampuan dasar yang hendak
diukur.
- Berkaitan erat dengan
materi dan kompetensi dasar.
- Dapat dibuat soalnya
dengan bentuk soal yang telah ditetapkan dalam kisi-kisi.
Format Kisi-Kisi Soal SD
0 Response to "Cara Membuat Soal Penilaian Akhir Semester HOTS (Higher Order Thinking Skills) K13"
Post a Comment