Trik Menyusun Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) K13



MENYUSUN STIMULUS HOTS
  1. Pilihlah beberapa informasi  dapat berupa gambar, grafik, tabel, wacana, dll yang memiliki keterkaitan dalam sebuah kasus.
  2. Stimulus hendaknya menuntut kemampuan menginterpretasi, mencari hubungan, menganalisis, menyimpulkan, atau menciptakan.
  3. Pilihlah kasus/permasalahan konstekstual dan menarik (terkini) memotivasi peserta didik untuk membaca. Pengecualian untuk mapel Bahasa, Sejarah boleh tidak kontekstual.
  4. Terkait langsung dengan pertanyaan (pokok soal), berfungsi.


STIMULUS SOAL DAN LEVEL KOGNITIF
Dengan diberikan beberapa .....
  1. Siswa  mampu mengidentifikasi/ menentukan/ mengelompokkan ........
  2. Siswa mampu menyimpulkan ......
  3. Siswa mampu mengurutkan (proses) ......
Dengan diberikan Narasi / kasus ............
  1. Siswa mampu menyimpulkan........
  2. Siswa mampu memperkirakan/memprediksi
  3. Siswa mampu menghitung ......
  4. Siswa mampu memberi alasan
  5. Siswa mampu memecahkan.......
  6. Siswa mampu memberi saran
  7. Siswa mampu Menentukan sikap
  8. Siswa mampu merancang/membuat ..........
Dengan Diberikan tabel .....
  1. Siswa mampu membandingkan...........
  2. Siswa mampu menghubungkan ...........
  3. Siswa mampu menentukan perbedaan/persamaan
Dengan diberi gambar/skema/grafik  .....
  1. Siswa mampu menyimpulkan ............
  2. Siswa mampu menjelaskan proses ......
  3. Siswa mampu Menentukan nama  ....
  4. Siswa mampu Menentukan fungsi .....
  5. Siswa mampu mengidentifikasi ciri ...........
  6. Siswa mampu merumuskan persamaan/perbedaaan .............
  7. Siswa mampu memberi alasan
  8. Siswa mampu memprediksi

0 Response to "Trik Menyusun Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) K13"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close