Trik Menyusun Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) K13
MENYUSUN STIMULUS HOTS
- Pilihlah beberapa informasi dapat berupa gambar, grafik, tabel,
wacana, dll yang memiliki keterkaitan dalam sebuah kasus.
- Stimulus hendaknya menuntut kemampuan
menginterpretasi, mencari hubungan, menganalisis, menyimpulkan, atau
menciptakan.
- Pilihlah kasus/permasalahan konstekstual dan
menarik (terkini) memotivasi peserta didik untuk membaca. Pengecualian
untuk mapel Bahasa, Sejarah boleh tidak kontekstual.
- Terkait langsung dengan pertanyaan (pokok soal),
berfungsi.
STIMULUS
SOAL DAN LEVEL KOGNITIF
Dengan diberikan beberapa .....
- Siswa mampu mengidentifikasi/ menentukan/
mengelompokkan ........
- Siswa
mampu menyimpulkan ......
- Siswa
mampu mengurutkan (proses) ......
Dengan diberikan Narasi / kasus ............
- Siswa
mampu menyimpulkan........
- Siswa
mampu memperkirakan/memprediksi
- Siswa
mampu menghitung ......
- Siswa
mampu memberi alasan
- Siswa
mampu memecahkan.......
- Siswa
mampu memberi saran
- Siswa
mampu Menentukan sikap
- Siswa
mampu merancang/membuat ..........
Dengan Diberikan tabel .....
- Siswa
mampu membandingkan...........
- Siswa
mampu menghubungkan ...........
- Siswa
mampu menentukan perbedaan/persamaan
Dengan diberi gambar/skema/grafik .....
- Siswa
mampu menyimpulkan ............
- Siswa
mampu menjelaskan proses ......
- Siswa
mampu Menentukan nama ....
- Siswa
mampu Menentukan fungsi .....
- Siswa
mampu mengidentifikasi ciri ...........
- Siswa
mampu merumuskan persamaan/perbedaaan .............
- Siswa
mampu memberi alasan
- Siswa
mampu memprediksi
0 Response to "Trik Menyusun Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) K13"
Post a Comment