20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)

STRATEGI REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)

STRATEGI REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder) adalah strategi yang efektif bagi siswa di kelas empat melalui sekolah tinggi. Karena merupakan pendekatan multiindrawi untuk belajar efektif bagi siswa di kelas empat melalui sekolah  tinggi. Karena merupakan pendekatan multiindrawi untuk belajar efektivitas ditingkatklan, hal ini terutama bermanfaat bagi siswa dengan masalah belajar karena meliputi analisis dan sintesis.


Langkah-langkah:

1.   Menentukan pesan atau gagasan utama  pada teks tulisan
2.   Memasukkan kata-kata sendiri untuk memahami makna apa yang terkandung di dalam teks bacaan.
3.  Menulis pesan untuk diri sendiri dan membagikan pengalaman dan apa yang sudah diserap dalam membaca kepada orang lain.
4.   Merenungkan sendiri  melalui self pertanyaan dan mendiskusikanya dengan orang lain.

Prosedur Pelaksanaan REAP, yaitu:

    REAP : adalah singkatan untuk proses berikut:

    R-Baca untuk menentukan pesan penulis
    E-Endoce pesan dengan memasukkan kata-kata anda sendiri
    A-Anotasi dengan menulis pesan untuk diri sendiri atau berbagi
    P-Renungkan pesan melalui self-pertanyaan dan diskusi orang lain.

Guru harus dimulai dengan bahan bacaan yang mudah. Siswa akan memerlukan layihan dalam menentukan pesan atau gagaasan utama. Beberapa contoh harus diperiksa dan dikritik. Guru bisa model proses berpikir keras. Siswa akan merasa berguna untuk penjelasan berbagi  dalam pasangan atau kelompok kecil untuk evaluasi, klarifikasi dan pengembangan lebih lanjut.

Tujuannya strategi ini adalah mengembangkan kemampuan membaca independent dengan mendorong pembaca untuk menempatkan gagasan utama dari bagian itu ke / kata-kata nya sendir, baik secara lisan maupun dalam bentuk tertulis. Hal ini dapat digunakan sebagai teknik pembelajaran, sehingga membantu memori jangka panjang.

adalah strategi yang efektif bagi siswa di kelas empat melalui sekolah tinggi. Karena merupakan pendekatan multiindrawi untuk belajar efektif bagi siswa di kelas empat melalui    sekolah  tinggi. Karena merupakan pendekatan multi indrawi untuk belajar evektivitas ditingkatklan, hal ini terutama bermanfaat bagi siswa dengan masalah belajar karena meliputi analisis dan sintesis.

LIHAT JUGA:

20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)

20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 2 SCANNING DAN SKIMMING


20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 3 Graphic Organizer


0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close