20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)
STRATEGI
REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)
STRATEGI REAP (Read,
Endoce, Annotate, Ponder) adalah strategi yang efektif bagi siswa di
kelas empat melalui sekolah tinggi. Karena merupakan pendekatan multiindrawi untuk
belajar efektif bagi siswa di kelas empat melalui sekolah
tinggi. Karena merupakan pendekatan multiindrawi untuk belajar efektivitas ditingkatklan, hal ini terutama bermanfaat
bagi siswa dengan masalah belajar karena meliputi analisis dan sintesis.
Langkah-langkah:
1. Menentukan
pesan atau gagasan utama pada teks
tulisan
2. Memasukkan
kata-kata sendiri untuk memahami makna apa yang terkandung di dalam teks
bacaan.
3. Menulis
pesan untuk diri sendiri dan membagikan pengalaman dan apa yang sudah diserap
dalam membaca kepada orang lain.
4. Merenungkan
sendiri melalui self pertanyaan dan
mendiskusikanya dengan orang lain.
Prosedur
Pelaksanaan REAP, yaitu:
REAP
: adalah singkatan untuk proses berikut:
R-Baca untuk menentukan pesan penulis
E-Endoce pesan dengan memasukkan kata-kata
anda sendiri
A-Anotasi dengan menulis pesan untuk diri
sendiri atau berbagi
P-Renungkan pesan melalui self-pertanyaan
dan diskusi orang lain.
Guru harus dimulai dengan bahan
bacaan yang mudah. Siswa akan memerlukan layihan dalam menentukan pesan atau
gagaasan utama. Beberapa contoh harus diperiksa dan dikritik. Guru bisa model
proses berpikir keras. Siswa akan merasa berguna untuk penjelasan berbagi dalam pasangan atau kelompok kecil untuk
evaluasi, klarifikasi dan pengembangan lebih lanjut.
Tujuannya strategi ini adalah
mengembangkan kemampuan membaca independent dengan mendorong pembaca untuk
menempatkan gagasan utama dari bagian itu ke / kata-kata nya sendir, baik
secara lisan maupun dalam bentuk tertulis. Hal ini dapat digunakan sebagai
teknik pembelajaran, sehingga membantu memori jangka panjang.
adalah strategi yang
efektif bagi siswa di kelas empat melalui sekolah tinggi. Karena merupakan pendekatan
multiindrawi untuk belajar efektif bagi siswa di kelas empat melalui sekolah
tinggi. Karena merupakan pendekatan multi indrawi untuk belajar
evektivitas ditingkatklan, hal ini
terutama bermanfaat bagi siswa dengan masalah belajar karena meliputi analisis dan sintesis.
LIHAT JUGA:
20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)
20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 2 SCANNING DAN SKIMMING
20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 3 Graphic Organizer
LIHAT JUGA:
20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)
20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 2 SCANNING DAN SKIMMING
20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 3 Graphic Organizer
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 1 REAP (Read, Endoce, Annotate, Ponder)"
Post a Comment