Program Pembelajaran Individual Tahap 2 Pelatihan Inklusif Aktivitas 1, 2, 3, 4, 5
Tahap 2 – Pelatihan (Angkatan 2) Program Pembelajaran Individual
Aktivitas 1. Pengantar sapaan PPI
Setelah Anda mempelajari materi sistem layanan pembelajaran
yang di dalamnya terdapat materi program pembelajaran idvidual (PPI), dalam
tahap pelatihan ini, anda akan belajar melakukan praktik penyusunan PPI
terhadap peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) yang terdapat di sekolah anda
dan contoh kasus yang diberikan. Praktik penyusunan PPI, mempunyai komponen yaitu deskripsi
tingkat kemampuan sekarang, tujuan, jangka waktu, jenis layanan khusus, dan
evaluasi
Aktivitas 2. Pengantar alur pembelajaran PPI
Aktivitas 3. Penugasan PPI
Tahap 2 – Pelatihan (Angkatan 2) Program Pembelajaran Individual Aktivitas 3. Penugasan PPI
Latihan Praktik PPI
1. Menuliskan
identitas PDBK berdasarkan data pada planing matrix
2. Mendeskripsikan
taraf kemampuan PDBK saat ini.
3. Merumuskan
tujuan umum atau tujuan jangka panjang (enam bulan)/fleksibel
4. Merumuskan
tujuan khusus atau tujuan jangka pendek (tiga bulan)/fleksibel
5. Merumuskan
materi pembelajaran PPI
6. Merumuskan
strategi pembelajaran bagi PDBK
7. Merumuskan
prosedur evaluasi pembelajaran
8. Unduh dokumen
format Program Pembelajaran Individual
(PPI) berikut:
File berikut berbentuk pdf, untuk mengisinya Anda dapat
memilih salah satu cara berikut:
a. mencetak (print out) dan mengisinya dengan tulis tangan,
atau
b. mengkonversinya ke doc terlebih dahulu agar dapat
mengeditnya
9. Unggah Program
Pembelajaran Individual (PPI) yang sudah Anda buat sesuai dengan PDBK yang
telah Anda ases dalam salah satu bentuk berikut:
a. Foto dari kertas Instrumen Asesmen Akademik yang sudah
Anda isi, atau
b. File berupa pdf, doc, atau docx
Aktivitas 4. Tes Formatif PPI
Tahap 2 – Pelatihan (Angkatan 2) Program Pembelajaran Individual Aktivitas 4. Tes Formatif PPI
Pada aktivitas ini terdapat 5 pertanyaan yang perlu Anda
jawab
Klik tombol di kanan bawah untuk menuju soal berikutnya, dan
pada soal terakhir klik tombol di kanan bawah untuk mengirim
jawaban.
Question 1 of 5
Contoh Kasus 1
Geri berusia 12 tahun ia lahir pada tgl 17 Agustus
1999.Setelah diadakan identifikasi Geri adalah termasuk anak Tunagrahita ringan
(mild ) dengan IQ 70. Ia sekolah di SD
Senang Kota Bahagia. Jika dipanggil dan
ditanya namanya Geri dapat menyebutkan namun tidak jelas huruf R nya sehingga
diucapkan Gei. Jika di tanya dengan menunjukkan bapaknya ia menjawab “papa” serta
jika ditunjukkan ibunya. Ia mengucapkan “mama”. Selain ucapan papa. Mama,maem
dan menyebutkan namanya sendiri, Geri bisa mengucapkan “pipi” Sehabis pulang
sekolah Ia selalu bermain sepeda roda tiga namun masih dijaga jika Geri bermain
di jalan raya. Saat pelajaran olah raga Geri berlari-lari, melompat dan bermain
memanjat pohon di halaman sekolah. Dalam kegiatan bina diri Geri telah memiliki
ketrampilan melepas pakaiannya sendiri, makan , dan ke kamar mandi
sendiri.Menurut orang tuanya Geri suka bermain mainan sendiri tetapi harus
ditemani orang yang lebih dewasa, ia tidak bisa bergaul dengan teman sebayanya.
Pada saat di kelas ,jika diberikan pelajaran yang berat maka kesehatan Geri
mulai tidak memungkinkan ia akan kejang-kejang karena memang Geri selalu dalam
perawatan dokter. Pada saat Geri di kelas ia tidak dapat mengikuti pelajaran
yang diberikan gurunya di kelas 3 dibandingkan dengan kemampuan siswa seusia
Geri. Dengan kondisi seperti ini maka Geri memerlukan PPI
Berdasarkan kasus 1 maka kondisi Geri untuk analisa yang
berkaitan dengan PPI kesiapan prakademik yang telah dicapai adalah ……
Geri dapat memakai
dan melepas pakaian, makan dan ke kamar mandi sendiri
Geri dapat memasangkan /menjodohkan benda-benda sederhana
seperti menyamakan bentuk dalam kotak
Pernah tidak naik kelas
Geri cenderung bermain sendiri asyik dengan mainannya,
tetapi selalu ditemani oleh orang dewasa
Lebih suka mengamati teman-temannya daripada beriteraksi
langsung
Question 2 of 5
Perhatikan data berikut ini “pada saat Geri di kelas ia
tidak dapat mengikuti pelajaran yang diberikan gurunya di kelas 3 dibandingkan
dengan kemampuan siswa seusia Geri”. PPI apakah yang dapat diprogramkan untuk
kondisi Geri ini ….
Ahli bina wicara untuk membantu guru menyusun berbagai
program latihan wicara
Guru olah raga khusus bekerjasama dengan guru kelas
mendiskusikan menyusun program latihan melempar bola dan naik sepeda roda tiga
Perawat akan berkonsultasi dengan orang tuanya tentang
kebiasaan Geri pada saat makan
Guru berkonsultasi dengan orang tuanya dan telah mendapatkan
perawatan dari dokter bahwa jika Geri terjadi kejang-kejang maka akan diberi
tablet sekali pada waktu makan siang
Guru melatih akademik
sederhana dibantu orang tua untuk Geri dapat mengucapkan nama sendiri dan
beberapa kata seperti mama, mimik, maem, pipi, papa
Question 3 of 5
Contoh kasus 2
Yeni berumur 12 tahun, ia tergolong siswa yang membutuhkan
perhatian khusus. Tempat tinggal Yeni jauh dari sekolah luar biasa ( SLB ),
sehingga Yeni duduk di kelas 3 SD yang tidak jauh dari rumahnya. Dengan usia 12
tahun duduk di kelas 3 Yeni termasuk anak yang bermasalah.Orang tuanya
terlambat memasukkan sekolah karena banyak sekolah yang tidak mau menerima Yeni
dengan kondisi kurang konsentrasi,agresif dan tidak dapat duduk dengan tenang .
Pada saat guru memberikan pembelajaran Yeni selalu berlari-lari disekitar kelas
atau suka mengambil benda yang dipegang teman lainnya seperti pensil, buku
,penggaris dan lain-lain. Hal ini mengakibatkan mengganggu konsentasi teman
lainnya dan menyusahkan guru dalam memberikan pelayanan.Dengan hal tersebut
guru kelas,guru pembimbing khusus dan kepala sekolah menyusun program
pembelajaran individual, dengan harapan agar Yeni dapat diberikan layanan sesuai
dengan kondisinya sehingga tujuan yang hendak dicapai mendapatkan hasil yang
optimal.
Berdasarkan contoh kasus ke 2, Prosedur,Teknik, materi, dan
faktor motivasi khusus yang kurang tepat diprogramkan untuk PPI Yeni adalah ….
intervensi dengan individual, baru kemudian dengan kelompok
kecil 2 orang, 3 orang
teruskan dengan
materi kurikulum akademik yang baku, sehingga Yeni dapat sering kembali ke
kelas biasa
ahli bina wicara untuk membantu guru menyusun berbagai
program latihan wicara
menggunakan penanganan modifikasi tingkah laku
intervensi dengan individual, baru kemudian dengan kelompok
kecil 2 orang, 3 orang
Question 4 of 5
Berikut ini adalah Jenis Model Program PPI
Membentuk tim, analisis kemampuan, mengembangkan tujuan,
merancang dan menentukan metode evaluasi
Model berbentuk metrik atau uraian diskripsi
Model yang memiliki komponen: latar belakang, isi kasus,
tujuan, jadwal dan evaluasi
Model yang memiliki komponen : diskripsi kemampuan sekarang,
tujuan jangka panjang dan pendek,serta placement
Model yang memiliki
komponen: identitas siswa, kemampuan sekarang, rekomendasi, catatan
kesehatan,perhatian khusus, tujuan jangka panjang dan pendek
Question 5 of 5
Aspek-aspek yang akan dievaluasi dalam PPI meliputi ….
tes kemampuan
akademik, tes inteligensi, perilaku sosial,kemampuan bahasa, dan riwayat
perkembangan anak.
tes intelektual, tes sosial dan emosi
tes kemampuan kecerdasan, kemampuan sosial dan emosional
tes asesmen kompetensi minimal
tes hasil belajar, inteligensi, tes sosial, bahasa &
laporan perkembangan
Aktivitas 5. Refleksi PPI
Tahap 2 – Pelatihan (Angkatan 2) Program Pembelajaran Individual Aktivitas 5. Refleksi PPI
Yuk melakukan refleksi pembelajaran!
Instruksi
1. Jawab pertanyaan berikut untuk melakukan refleksi:
Apa kendala yang Anda hadapi saat melakukan praktik PPI?
Apa lagi pengetahuan yang anda rasa penting, untuk dapat
melakukan praktik PPI dengan baik?
2. Posting jawaban Anda di salah satu media sosial: twitter,
instagram, atau facebook dilengkapi dengan teks berikut: #GBBInklusif
#PendidikanInklusif
3. Dapatkan minimal 2 komentar di post media sosial Anda
4. Screenshoot (tangkap layar) post tersebut yang dilengkapi
dengan komentar-komentarnya
Jawaban :
Kendala melakukan
praktik PPI:
Permasalahan yang di hadapi guru adalah pertama merumuskan
Program Pembelajaran Individual (PPI) , kedua melaksanakan pembelajaran.yang
sesuai dengan kebutuhan masing-masing anak yang masih belum paham bentuk
metode/strategi yang akan diterapkan.
Pengetahuan penting
untuk dapat melakukan praktik PPI:
Pemahaman perkembangan anak menjadi syarat mutlak agar guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik, kerja sama antara guru dengan orangtua serta pihak terkait akan memberikan gambaran yang utuh terhadap anak dalam pengumpulan berbagai bukti tentang perkembangan anak. Anak yang berkembang secara optimal akan menjadi anak yang matang dalam setiap perkembangannya, melalui pembelajaran yang baik diharapkan anak dapat memasuki pendidikan selanjutnya sesuai dengan kematangan usia dan kemampuannya.
Kumpulan Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
1. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Pengumpulan Tugas Identifikasi
2. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif
3. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 6 Refleksi Identifikasi
4. Tahap 2 Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Asesmen Latihan Menyusun Kisi-Kisi Pelaksanaan Asesmen
5. Tahap 2 Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Latihan Menyusun Instrumen Asesmen
6. Tahap 2 Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Latihan Melaksanakan & Menyusun Hasil Asesmen
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-melaksanakan-menyusun-hasil-asesmen.html
7. Soal dan Jawaban Tahap 2 Aktivitas 4 Tes Formatif Asesmen
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tahap-2-aktivitas-4-tes-formatif-asesmen.html
8. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi Asesmen
9. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan Planning Matrix
10. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Tes Formatif Planning Matrix
11. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Menyusun Rekomendasi Planning Matrix
11.a Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan Planning Matrix
12. Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi Planning Matrix
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-program-guru-belajar.html
13. Jawaban Tahap 2 Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan PPI
14. Jawaban Tahap 2 Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Tes Formatif PPI
15. Jawaban Tahap 2 Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi PPI
16. Soal dan Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-tahap-microlearning-seri-pendidikan-inklusif.html
0 Response to "Program Pembelajaran Individual Tahap 2 Pelatihan Inklusif Aktivitas 1, 2, 3, 4, 5"
Post a Comment