Tujuan Pembelajaran Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Pernahkah Anda bertanya-tanya, "Apa sih sebenarnya tujuan dari setiap pelajaran yang kita terima?" Jawabannya ada pada Tujuan Pembelajaran (TP). TP adalah semacam peta jalan yang menunjukkan apa yang harus siswa capai setelah mengikuti suatu pembelajaran.

Apa Saja yang Termasuk dalam Tujuan Pembelajaran?

  • Kemampuan: Hal-hal apa saja yang siswa bisa lakukan setelah belajar? Misalnya, bisa menjelaskan konsep, memecahkan masalah, atau membuat karya.
  • Pengetahuan: Informasi penting apa yang harus siswa kuasai? Misalnya, rumus matematika, sejarah peristiwa penting, atau jenis-jenis tumbuhan.
  • Keterampilan Berpikir: Bagaimana siswa menggunakan pengetahuan yang mereka miliki? Misalnya, berpikir kritis, kreatif, atau menyelesaikan masalah.

Mengapa Tujuan Pembelajaran Penting?

TP membantu guru dalam:

  • Merancang pembelajaran: Dengan TP yang jelas, guru bisa membuat kegiatan belajar yang sesuai dan efektif.
  • Mengevaluasi siswa: Guru bisa melihat apakah siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  • Membantu siswa: Siswa jadi tahu apa yang harus mereka pelajari dan bagaimana cara mencapainya.

Kurikulum Merdeka dan Tujuan Pembelajaran

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. TP menjadi kunci dalam mewujudkan hal ini. Dengan TP yang jelas, guru bisa membuat pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Pembelajaran Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka





TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) RAPORT
KURIKULUM MERDEKA KELAS 4 SEMESTER 1

PENDIDIKAN PANCASILA                                                                                                 
1 Menjelaskan identitas masyarakat di lingkungan tempat tinggalku       
2 Menjelaskan cara menghargai perbedaan identitas masyarakat      
3 Menyebutkan perangkat desa dan kelurahan                                               
4 menjelajahi lingkungan tempat tinggalku                                                                                              5 Menyebutkan aturan di lingkungan sekitar.                                 
6 Menjelaskan cara membuat dan melaksanakan aturan di lingkungan sekitar             
7 Menjelaskan cara mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban  
BAHASA INDONESIA
1. menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulanya dengan tepat
2. menyimpulkan permasalahan yang dihadapi tokoh dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi
3. menjelaskan arti kosa kata baru atau bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah pada teks
4. memahami dan menggunakan kata-kata dengan tepat
5. menyebutkan ide pokok dan ide pendukung paragraf dan teks dengan benar
6. memahami kata-kata yang memiliki makna majemuk dengan tepat
7. memahami isi bacaan, menemukan informasi, dan menarik kesimpulan dengan tepat
8. mengidentifikasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat
9. memahami isi Laporan Hasil Wawancara dengan baik
10. mengidentifikasi informasi dan menjelaskan dengan kalimat sendiri dengan benar
11. mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun
12. mencari informasi pendukung dari berbagai sumber dan mempresentasikannya dengan baik
13. membandingkan objek dan ciri cirinya dengan tepat
14. menyampaikan petunjuk arah dengan tepat
15. berlatih untuk berpartisipasi dalam diskusi dengan aktif
16. menggunakan tanda baca serta kalimat transitif dan intransitif dengan tepat
17. menggunakan kosa kata baru dalam kalimat dengan benar sesuai ketentuan bahasa Indonesia
18. mengenal perubahan bentuk awalan me dan menggunakan sesuai ketentuan Bahasa Indonesia yang berlaku
19. menggunakan struktur deskripsi dengan baik
20. menulis argumentasi dengan benar
21. menggunakan awalan ber dengan tepat
22. menulis kalimat persuasif dengan benar
23. menggunakan tanda baca dan huruf kapital dengan tepat
24. memahami dan menggunakan majas personifikasi

Matematika 
1. Membaca dan menuliskan bilangan cacah sampai 10.000
2. Menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000
3. Membandingkan dua bilangan cacah sampai 10.000
4. Mengurutkan beberapa bilangan cacah sampai 10.000
5. Menyusun dan menguraikan bilangan cacah sampai 10.000
6. Menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 1.000
7. Menentukan hasil perkalian dan pembagian bilangan cacah sampai 100
8. Menentukan penyelesaian masalah berkaitan dengan kelipatan dan faktor
9. Membandingkan dua pecahan dengan pembilang satu dan penyebut sama
10. Mengurutkan beberapa pecahan dengan pembilang satu dan penyebut sama
11. Mengenali pecahan senilai setelah mengamati gambar dan simbol matematika
12. Menyatakan pecahan desimal persepuluhan dan perseratusan
13. Mengubah pecahan persepuluhan dan perseratusan menjadi desimal
14. Mengubah pecahan desimal perseratusan menjadi persen
15. Menemukan dan membuat pola gambar dan pola bilangan membesar dan mengecil

IPAS
1. Menjelaskan fenomena perubahan bentuk energi yang ada di sekitarnya
2. Menjelaskan manfaat perubahan energi terhadap dirinya dan lingkungan di sekitarnya
3. Menjelaskan penerapan gaya pada kehidupan sekitarnya
4. Memahami gejala kemagnetan dalam kehidupan sehari-hari
5. Menjelaskan kondisi geografis wilayah tempat tinggal melalui peta konvensional/digital.
6. Menjelaskan masalah yang berkaitan dengan perubahan iklim
7. Menjelaskan upaya mitigasi perubahan iklim melalui aktivitas sederhana dalam kehidupan sehari-hari

Bahasa Inggris
1. Mengucapkan aktivitas sehari-hari menggunakan bentuk -ing (verb-ing)
2. Membuat kalimat dengan menggunakan bentuk -ing (verb-ing)
3. Mengidentifikasi angka 50-100 dalam bahasa Inggris
4. Menghitung benda dengan menggunakan angka 50-100 dalam bahasa Inggris
5. Membuat kalimat dengan menggunakan preposisi dalam konteks ruangan yang berbeda dan pertanyaan serta berbicara tentang kegiatannya sehari-hari di ruangan
6. Membaca dan memberikan respon terhadap teks pendek sederhana tentang menyebutkan benda – benda di dalam ruangan dengan baik dan lancar
7. Menulis kalimat yang berkaitan dengan benda di ruangan
8. Mengenal benda-benda di dapur dan di kamar mandi
9. Merespon pertanyaan tentang aktifitas di ruangan
10. Mengenal aktivitas-aktivitas di dalam rumah dikaitkan dengan modal auxiliary
11. Membuat teks singkat tentang aktivitas di dalam rumah dikaitkan dengan
Bahasa Jawa
1. Memahami ide pokok (gagasan) suatu pesan lisan
2. Memahami informasi berbahasa Jawa dalam ragam ngoko dan krama dari media audio
3. Memahami instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi
4. Memahami dan memaknai teks narasi yang dibacakan atau dari media audio
5. Mengidentifikasi unsur intrinsik dari teks narasi sastra cerita rakyat tentang tradisi/budaya
6. Memahami pesan dan informasi dalam ragam ngoko dan krama, teks narasi, cerita rakyat, geguritan
7. Mengucapkan isi tembang Gambuh dalam ragam ngoko dan krama
8. Menceritakan kembali isi tembang gambuh dalam ragam ngoko dan krama
9. Berbicara dengan pilihan kata ngoko atau kromo sesuai kaidah basa dalam berbagai kegiatan
10. Berbicara menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks
11. Menyampaikan informasi dalam bentuk dialog dengan sikap tubuh yang santun
12. Menulis teks narasi dan deskripsi dalam rangkaian kalimat yang beragam, informasi rinci dan akurat
13. Mengenal pasangan dan sandangan swara
14. Membaca dan menulis kata-kata berhuruf Jawa yang mengandung pasangan dan sandangan swara
15. Membaca kalimat sederhana berhuruf Jawa yang mengandung sandangan panyigeg wanda


SENI RUPA
1. Mengenal teknik perspektif dalam seni rupa
2. Menggunakan dua bahan dari sampah plastik untuk dimanfaatkan dalam pembuatan seni kriya
3. Membuat sketsa warna rancangan seni kriya memakai elemen garis, bentuk, tekstur, ruang, dan warna.
4. Membuat satu karya seni kerajinan dengan memanfaatkan sampah plastik
5. Mengenal ragam hias dekoratif
6. Membuat ragam hias dekoratif sederhana


SENI MUSIK
1. Mengenal jenis-jenis sumber bunyi berdasarkan cara memainkan alat musiknya
2. Mengkategorikan jenis alat-alat musik ritmis dan alat-alat musik melodis
3. Menemukan preferensinya dalam memilih alat musik yang ingin dipelajari dan memahami dasar-dasarnya
4. Membaca not angka sesuai nadanya, menghitung, dan mengetuk irama dengan baik dan stabil
5. Menyanyikan nada sesuai dengan intervalnya dan panjang pendeknya ketukan dalam satu materi lagu
6. Memahami interval berdasarkan perbedaan bunyinya dan harmoni akor dasar I, IV, dan V

0 Response to "Tujuan Pembelajaran Kelas 4 Semester 1 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close