Tujuan Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka

Pernahkah Anda bertanya-tanya, "Apa sih sebenarnya tujuan dari setiap pelajaran yang kita terima?" Jawabannya ada pada Tujuan Pembelajaran (TP). TP adalah semacam peta jalan yang menunjukkan apa yang harus siswa capai setelah mengikuti suatu pembelajaran.

Apa Saja yang Termasuk dalam Tujuan Pembelajaran?

  • Kemampuan: Hal-hal apa saja yang siswa bisa lakukan setelah belajar? Misalnya, bisa menjelaskan konsep, memecahkan masalah, atau membuat karya.
  • Pengetahuan: Informasi penting apa yang harus siswa kuasai? Misalnya, rumus matematika, sejarah peristiwa penting, atau jenis-jenis tumbuhan.
  • Keterampilan Berpikir: Bagaimana siswa menggunakan pengetahuan yang mereka miliki? Misalnya, berpikir kritis, kreatif, atau menyelesaikan masalah.

Mengapa Tujuan Pembelajaran Penting?

TP membantu guru dalam:

  • Merancang pembelajaran: Dengan TP yang jelas, guru bisa membuat kegiatan belajar yang sesuai dan efektif.
  • Mengevaluasi siswa: Guru bisa melihat apakah siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
  • Membantu siswa: Siswa jadi tahu apa yang harus mereka pelajari dan bagaimana cara mencapainya.

Kurikulum Merdeka dan Tujuan Pembelajaran

Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. TP menjadi kunci dalam mewujudkan hal ini. Dengan TP yang jelas, guru bisa membuat pembelajaran yang lebih menarik, relevan, dan bermakna bagi siswa.

Tujuan Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka





TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) RAPORT
KURIKULUM MERDEKA KELAS 2 SEMESTER 1

Pendidikan Pancasila
1. mengenali lima simbol Pancasila dalam Garuda Pancasila
2. menjelaskan arti makna lima simbol Pancasila
3. menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila Pancasila
4. mengidentifikasi dan membedakan tugas dalam kegiatan bersama
5. mengidentifikasi hal penting dan memilih bertanggungjawab menjaga hal penting
6. menerapkannya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
7. mengidentifikasi aturan di rumah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru dapat melaksanakannya dengan baik
8. mengidentifikasi aturan di sekolah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru dapat melaksanakannya dengan baik
9. mengelompokkan aturan di rumah
10. mengelompokkan aturan di sekolah
Bahasa Indonesia
1. menceritakan perasaannya terkait pengalaman pribadi dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi
2. menyimpulkan perasaan tokoh cerita dan menyampaikan pendapat terhadap cerita
3. membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari
4. menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek
5. menceritakan sebuah kejadian secara runtut
6. berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara
7. menyimpulkan nama tempat umum yang dimaksud
8. menuliskan ‘di’ sebagai kata depan dan kata kerja
9. membuat cerita dengan struktur awal, tengah, dan akhir yang sederhana
10. membedakan informasi yang bersifat fakta dan opini pada cerita
11. membuat beberapa kalimat berisi informasi menggunakan kata kunci sesuai topik
12. melaksanakan kesepakatan giliran berbicara, menanggapi komentar, dan bertanya
Matematika
1. Membaca, menulis, dan menentukan nilai tempat.
2. Membandingkan, mengurutkan serta melakukan komposisi dan dekomposisi.
3. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan.
4. Mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bilangan.
5. Mengenal berbagai bangun datar dan bangun ruang.
6. Menyusun dan mengurai suatu bangun datar.
7. Menentukan posisi benda terhadap benda lain.
Seni Tari
1. Membuat tema/ide gerak tari dari berbagai hasil pengamatan.
2. Membuat gerak tari sederhana dengan memperhatikan unsur utama tari.

Seni Musik
1. Menemukan warna bunyi dari lingkungan sekitar.
2. Mempraktikkan cara menghasilkan bunyi dari benda di sekitar.
3. Mengenal jenis birama 2/4, 3/4, dan 4/4.
4. Mengenal dan memahami ketukan dalam lagu birama 2/4, 3/4, dan 4/4.


Seni Rupa
1. Mengenal dan mengeksplorasi elemen rupa dalam sebuah karya.
2. Mengenal dan mengeksplorasi warna primer dan sekunder.
3. Mengenal dan menggunakan alat untuk membuat garis.
4. Mengenal dan mengeksplorasi elemen rupa dalam sebuah karya.
5. Mengenal, mengidentifikasi, dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karya. 

PJOK
1. Mempraktikkan pola gerak dasar jalan, lari, lompat, dan meloncat 
2. Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor (memutar, mengayun, membungkuk, menekuk, meliuk) 
3. Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif (melempar, menangkap, menendang, menahan, menggiring bola) 
4. Mempraktikkan aktivitas pembelajaran pola gerak dominan pada senam (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, mendarat)
Bahasa Inggris
1. menggunakan kata tanya "do you like…?" kepada teman, orang tua, dan guru
2. menyebutkan, mengungkapkan, dan menanyakan tentang buah kesukaan
3. menyebutkan, mengungkapkan benda-benda di kelas dalam bentuk tunggal dan jamak
4. menyebutkan dan menghitung angka 11-20
5. mengucapkan, menyebutkan, dan menggunakan preposisi melalui benda-benda di kelas

0 Response to "Tujuan Pembelajaran Kelas 2 Semester 1 Kurikulum Merdeka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close