Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif
Aktivitas 5. Tes formatif – Identifikasi
Tahap 2 – Pelatihan (Angkatan 2) Identifikasi
Aktivitas 5. Tes formatif – Identifikasi
Klik tombol di kanan bawah untuk menuju pertanyaan berikutnya dan
pada pertanyaan terakhir klik tombol
di kanan bawah untuk mengirim jawaban.
Video Pembahasan
Dika berumur 10 tahun dan sekolah di SD Pelita Hati di kota Sumedang. Dika masih duduk di kelas 2 karena ia pernah tidak naik kelas. Dika adalah anak yang sedikit pemalu dan terlihat kurang percaya diri. Apa bila ia diberikan pertanyaan oleh gurunya, sering kali ia menengok ke temannya untuk memastikan apakah jawaban yang ia sampaikan benar. Dika jarang teribat dalam percakapan dengan teman-temannya, ia cenderung hanya mengamati dan tersenyum saat ada yang lucu atau menjawab dengan kalimat yang singkat saat ditanya. Dalam kamampuan akademik banyak nilai Dika yang berada di bawah rata-rata kelasnya, Dika membutuhkan pengulangan yang banyak untuk akhirnya ia paham materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan sampai saat masih belum lancar membaca dan menulis yang mengakibakan ia sering kesulitan mehamami isi bacaan dan menjawab pertanyaan dari soal-soal dalam setiap mata pelajaran. Ketika sekolah mengadakan psikotes, Dika ikut di tes dan mendapatkan angka IQ 75.
1. Berikut adalah keadaan dan karakteristik unik Dika yang menunjukkan bahwa ia memiliki hambatan lamban belajar, kecuali:
Membutuhkan pengulangan yang banyak
untuk memahami materi yang diajarkan
Lebih suka mengamati teman-temannya daripada
beriteraksi langsung
Pernah tidak naik kelas
Banyak mata pelajaran yang niainya
berada di bawah rata-rata
2. Walau Dika kesulitan dalam membaca
dan menulis, Dika tidak diategorikan mengalami hambatan dalam disleksia karena?
Hasil tes IQ menunjukkan IQ dika berada di
bawah normal
Dika pernah tidak naik kelas
Banyak nilai Dika yang di bawah
rata-rata
Sedikit pemalu dan kurang percaya diri
kasus 2
Berdasarkan kasus 2, jawablah
pertanyaan no 3!
3.
Berdasarkan contoh kasus ke 2, hambatan apa yang dialami oleh Adi?
Tunagrahita
Gangguan pendengaran
Autisme
Tunalaras
Anak dengan ADHD adalah anak yang
cukup sering dijumpati di sekolah, karena angka kejadinnya cukup tinggi,
berkikut adalah karakteristik unik anak dengan ADHD, kecual:
Sulit bermain atau beraktivitas dengan
tenang
Sering tidak selesai dalam mengerjakan
tugas
Memiliki tingkat kecerdasan di bawah
normal
Sering menghilangkan benda-benda yang
diperlukan dalam mengerjakan tugas
Dilapangan kadang anak dengan
tunagrahita seringkali tertukar dengan anak yang lamban berlajar atau kesulitan
belajar spesifik (disleksia/dikalkulia/disgrafia), berikut salah satu
karakteristik unik yang paling membedakan anak tunagrahita dari lamban belajar
atau kesulitan belajar spesifik yaitu:
Mengalami hambatan dalam membaca
Memiliki IQ kurang dari 70
Memiliki rasa percaya diri yang rendah
Prestasi akademik di bawah rata-rata
anak diusianya
Kesulitan dalam mengenali bentuk mengoprasikan
Kumpulan Tahap 2 Pelatihan Program
Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif
1. Tahap 2
Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Pengumpulan
Tugas Identifikasi
2. Tahap 2
Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes
formatif
3. Tahap 2
Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 6 Refleksi
Identifikasi
4. Tahap 2
Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Asesmen Latihan Menyusun Kisi-Kisi
Pelaksanaan Asesmen
5. Tahap 2
Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Latihan Menyusun Instrumen Asesmen
6. Tahap 2
Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Latihan Melaksanakan & Menyusun Hasil
Asesmen
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-melaksanakan-menyusun-hasil-asesmen.html
7. Soal dan
Jawaban Tahap 2 Aktivitas 4 Tes Formatif Asesmen
https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tahap-2-aktivitas-4-tes-formatif-asesmen.html
8. Tahap 2
Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi
Asesmen
9. Tahap 2
Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan
Planning Matrix
10. Tahap 2 Pelatihan
Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Tes Formatif Planning
Matrix
11. Tahap 2 Pelatihan
Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Menyusun Rekomendasi Planning
Matrix
11.a Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan
Inklusif Aktivitas 3 Penugasan Planning Matrix
12. Tahap 2 Pelatihan
Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi Planning
Matrix
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-program-guru-belajar.html
13. Jawaban Tahap 2
Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan PPI
14. Jawaban Tahap 2
Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Tes Formatif PPI
15. Jawaban Tahap 2
Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi PPI
16. Soal dan
Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif
https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-tahap-microlearning-seri-pendidikan-inklusif.html
0 Response to "Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif"
Post a Comment