Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif

Aktivitas 5. Tes formatif – Identifikasi

Tahap 2 – Pelatihan (Angkatan 2)  Identifikasi  Aktivitas 5. Tes formatif – Identifikasi

Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif
Yuk ikuti tes formatif berikut ini

Klik tombol di kanan bawah untuk menuju pertanyaan berikutnya dan

pada pertanyaan terakhir klik tombol di kanan bawah untuk mengirim jawaban.


Video Pembahasan


Kasus 1

Dika berumur 10 tahun dan sekolah di SD Pelita Hati di kota Sumedang. Dika masih duduk di kelas 2 karena ia pernah tidak naik kelas. Dika adalah anak yang sedikit pemalu dan terlihat kurang percaya diri. Apa bila ia diberikan pertanyaan oleh gurunya, sering kali ia menengok ke temannya untuk memastikan apakah jawaban yang ia sampaikan benar. Dika jarang teribat dalam percakapan dengan teman-temannya, ia cenderung hanya mengamati dan tersenyum saat ada yang lucu atau menjawab dengan kalimat yang singkat saat ditanya. Dalam kamampuan akademik banyak nilai Dika yang berada di bawah rata-rata kelasnya, Dika membutuhkan pengulangan yang banyak untuk akhirnya ia paham materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan sampai saat masih belum lancar membaca dan menulis yang mengakibakan ia sering kesulitan mehamami isi bacaan dan menjawab pertanyaan dari soal-soal dalam setiap mata pelajaran. Ketika sekolah mengadakan psikotes, Dika ikut di tes dan mendapatkan angka IQ 75.       

 Berdasarkan contoh kasus di atas, jawabah pertanyaan No 1 dan 2

1. Berikut adalah keadaan dan karakteristik unik Dika yang menunjukkan bahwa ia memiliki hambatan lamban belajar, kecuali:

 Hasil tes IQ dika menunjukkan angka 75

Membutuhkan pengulangan yang banyak untuk memahami materi yang diajarkan

Lebih suka mengamati teman-temannya daripada beriteraksi langsung

Pernah tidak naik kelas

Banyak mata pelajaran yang niainya berada di bawah rata-rata

 

2. Walau Dika kesulitan dalam membaca dan menulis, Dika tidak diategorikan mengalami hambatan dalam disleksia karena?

 Dika masih bisa membaca walau belum lancar

Hasil tes IQ menunjukkan IQ dika berada di bawah normal

Dika pernah tidak naik kelas

Banyak nilai Dika yang di bawah rata-rata

Sedikit pemalu dan kurang percaya diri

 

kasus 2

 Adi adalah seorang anak laki-laki berumur 4 tahun yang masih berada di TK kecil. Di sekolah, Adi nampak tidak bisa duduk diam dan sering terihat melompat-lompat atau memutar-muatarkan badannya. Adi sama sekali tidak terarik untuk bermain dengan temannya, dan cenderung tidak pernah menghiraukan panggilan teman atau gurunya dan menghindari kontak mata. Adi sering bermain sendiri dan asyik dengan benda-benda kecil yang ada di kelasnya, misal potongan puzzle atau biji ronce yang ia mainkan dengan diputar-putarkan. Dalam kemampuan komunikasi Adi sama sekali belum bisa mengatakan satu pun kata bermakna. Emosi nampak Adi masih sangat fluktuatif, ia kadang tiba-tiba tertawa sendiri, menangis tiba-tiba dan marah atau memukul temannya tanpa sebab. Adi pun seringkali menutup telinganya ketika ada sura bising di kelas, atau mengamuk saat diajak beraktivitas yang melibatkan indra perabanya, misal mengelem, atau jalan di rumput.

 

Berdasarkan kasus 2, jawablah pertanyaan no 3!

 

3.  Berdasarkan contoh kasus ke 2, hambatan apa yang dialami oleh Adi?

 ADHD

Tunagrahita

Gangguan pendengaran

Autisme

Tunalaras

 

Anak dengan ADHD adalah anak yang cukup sering dijumpati di sekolah, karena angka kejadinnya cukup tinggi, berkikut adalah karakteristik unik anak dengan ADHD, kecual:

 Sulit untuk duduk diam ditandai dengan kaki dan tangan sering bergerak-gerak ketika duduk

Sulit bermain atau beraktivitas dengan tenang

Sering tidak selesai dalam mengerjakan tugas

Memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal

Sering menghilangkan benda-benda yang diperlukan dalam mengerjakan tugas

 

Dilapangan kadang anak dengan tunagrahita seringkali tertukar dengan anak yang lamban berlajar atau kesulitan belajar spesifik (disleksia/dikalkulia/disgrafia), berikut salah satu karakteristik unik yang paling membedakan anak tunagrahita dari lamban belajar atau kesulitan belajar spesifik yaitu:

Mengalami hambatan dalam membaca

Memiliki IQ kurang dari 70

Memiliki rasa percaya diri yang rendah

Prestasi akademik di bawah rata-rata anak diusianya

Kesulitan dalam mengenali bentuk mengoprasikan


Kumpulan Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif

1.      Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Pengumpulan Tugas Identifikasi

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-program-guru-belajar-Seri-Pendidikan-Inklusif-Aktivitas-4-pengumpulan-tugas-identifikasi.html

2.      Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-program-guru-belajar-Seri-Pendidikan-Inklusif-Aktivitas-5-Tes-formatif.html

3.      Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 6 Refleksi Identifikasi

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-program-guru-belajar-Seri-Pendidikan-Inklusif-Aktivitas-6-refleksi-Identifikasi.html

4.      Tahap 2 Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Asesmen Latihan Menyusun Kisi-Kisi Pelaksanaan Asesmen

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-asesmen%20-latihan-menyusun-kisi-kisi-pelaksanaan-asesmen.html

5.      Tahap 2 Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Latihan Menyusun Instrumen Asesmen

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-asesmen-latihan-menyusun-instrumen-asesmen.html

6.      Tahap 2 Pelatihan Seri Pendidikan Inklusif Latihan Melaksanakan & Menyusun Hasil Asesmen

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-melaksanakan-menyusun-hasil-asesmen.html

7.      Soal dan Jawaban Tahap 2 Aktivitas 4 Tes Formatif Asesmen

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/soal-dan-jawaban-tahap-2-aktivitas-4-tes-formatif-asesmen.html

8.      Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi Asesmen

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-guru-belajar-seri-inklusif-aktivitas-5-refleksi-asesmen.html

9.      Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan Planning Matrix

https://whynoto.blogspot.com/2021/05/aktivitas-3-penugasan-planning-matrix-tahap-2-pelatihan-pendidikan-inklusif.html

10.  Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Tes Formatif Planning Matrix

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-pendidikan-inklusif-aktivitas-4-tes-formatif-planning-matrix.html

11.  Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Menyusun Rekomendasi Planning Matrix

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-pendidikan-inklusif-menyusun-rekomendasi-planning-matrix.html

11.a Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan Planning Matrix

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-pendidikan-inklusif-aktivitas-3-penugasan-planning-matrix.html

12.  Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi Planning Matrix

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/05/tahap-2-pelatihan-program-guru-belajar.html

13.  Jawaban Tahap 2 Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 3 Penugasan PPI

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/06/tahap-2-pelatihan-pendidikan-inklusif-aktivitas-3-penugasan-ppi.html

14.  Jawaban Tahap 2 Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 4 Tes Formatif PPI

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/06/jawaban-tahap-2-pelatihan-pendidikan-inklusif-aktivitas-4-tes-formatif-ppi.html

15.  Jawaban Tahap 2 Pelatihan Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Refleksi PPI

https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/06/jawaban-tahap-2-pelatihan-pendidikan-aktivitas-5-refleksi-ppi.html

16.    Soal dan Jawaban Tahap Microlearning Seri Pendidikan Inklusif

https://whynoto.blogspot.com/2021/06/jawaban-tahap-microlearning-seri-pendidikan-inklusif.html

 

0 Response to "Tahap 2 Pelatihan Program Guru Belajar Seri Pendidikan Inklusif Aktivitas 5 Tes formatif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close