Soal dan Jawaban Kelas 5 Tema 4 subtema 2

 PPKn

1. Apa yang kamu ketahui mengenai tanggung jawab? 

2 Tuliskan tiga contoh tanggung jawab warga masyarakat terhadap lingkungannya! 

3. Sebutkan contoh peran serta masyarakat terhadap pengambilan keputusan! 

4. Berilah tiga contoh tanggung jawab siswa di lingkungan sekolah! 

5. Tuliskan tiga contoh tanggung jawab pelajar di lingkungan masyarakat! 


Jawaban:

1.Tanggung jawab adalah kesadaran. manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja : maupun yang tidak disengaja.

2.Setiap warga masyarakat memiliki tanggung jawab di lingkungannya. Beberapa contoh tanggung jawab warga masyarakat, antara lain berperan: aktif dalam pengambilan keputusan, menolong tetangga yang kesulitan, saling menghormati dengan tetangga, menjaga kebersihan, dan keamanan lingkungan. 

3. Contoh peran serta masyarakat terhadap pengambilan keputusan, antara lain: 

a. Mengikuti pemilihan ketua RT atau RW. b. Mengamati jalannya pemilihan ketua RT atau 

c. Melaporkan pelanggaran yang terjadi pada saat pemilihan. 

4.Berikut ini beberapa contoh tanggung jawab siswa di sekolah. 

a. Belajar dengan tekun. 

b. Mengerjakan PR. 

c. Melaksanakan jadwal piket. 

d. Berbuat baik kepada guru dan | teman di sekolah. 

e. Berperan serta dalam pemilihan ketua kelas. 

f. Mengikuti acara di sekolah, misalnya lomba antarkelas atau upacara bendera.

5. Sebagai seorang siswa, kamu belum memiliki . hak dalam pengambilan keputusan di lingkungan masyarakat. Akan tetapi, kamu dapat turut berperan aktif. Peran serta. kamu dalam musyawarah, antara lain: 

a. Membantu mempersiapkan makanan dan minuman dalam kegiatan musyawarah. 

b. Bergotong royong menyiapkan tempat musyawarah. 

c. Mengamati jalannya pengambilan keputusan. 


Bahasa Indonesia

1. Apa yang kamu ketahui tentang pantun?

 2. Sebutkan ciri-ciri sebuah pantun!

Pantun untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4.

Sore hari berawan jingga
Jelas terlihat di atas bukit
Jika kesehatan tidak dijaga
Tubuh akan mudah sakit

3. Jelaskan makna pantun di samping!
4. Apa amanat dari pantun di samping? |
5. Tuliskan langkah-langkah dalam menulis pantun!


Jawaban:

1. Pantun merupakan jenis puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empat baris serta memiliki sampiran dan isi. 

2. Berikut ini adalah beberapa ciri teks pantun. 

a. Tiap bait terdiri dari empat baris atau larik. 

b. Tiap baris terdiri atas 8 sampat 12 suku kata. 

c. Terdiri atas sampiran dan isi. 

d. Menggunakan bunyi akhir (sajak) dengan pola a-b-a-b. 

3. Jika kesehatan tidak dijaga, maka tubuh akan mudah sakit. 

4. Sebaiknya kita menjaga kesehatan dengan olahraga secara teratur agar tidak mudah sakit. 

5. Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membuat pantun. 

a. Tentukan tema yang akan dibuat pantun. 

b. Tentukan jenis pantun yang akan dibuat. 

c. Bautlah bagian isi pantun terlebih dahulu. 

d. Buatlah bagian sampiran pantun. 


IPA

1. Apa saja fungsi darah? 

2. Apa penyebab dan gejala jantung koroner dan varises? 

3, Tuliskan dua contoh gangguan pada organ peredaran darah manusia nonketurunan dan faktor keturunan! : 

4. Bagaimana cara mencegah gangguan kesehatan pada darah yang bukan disebabkan oleh faktor keturunan? : 

5. Jelaskan faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan pada sistem peredaran darah! 


Jawaban:

1. Fungsi darah adalah sebagai berikut. 

a. Sebagai alat pengangkut sari-sari makanan dan Oksigen, ke seluruh tubuh serta sisa-sisa metabolisme ke organ ekskresi. 

b. Menjaga agar temperatur tubuh tetap. Mengedarkan air yang berfungsi untuk reaksi enzimatis atau untuk menjaga tekanan osmosis tubuh. ) 

c.Mengedarkan getah bening. 

d.Menghindarkan tubuh dari infeksi (membentuk antibodi berupa sel darah putih dan sel darah pembeku). 

d.Menjaga kestabilan suhu tubuh. 

e.Mengatur keseimbangan asam basa (hb). 

2. Penyakit jantung koroner terjadi karena adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh arteri koroner sehingga menyumbatnya. Penyakit ini disebabkan makanan yang banyak mengandung kolesterol. Penyumbatan ini menyebabkan. aliran darah ke jantung menjadi terhambat sehingga jantung tidak dapat bekerja dengan baik. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit Ini, antara lain sesak napas, nyeri pada bagian tertentu, dan cepat lelah. 


Varises merupakan pelebaran pembuluh balik. Varises terutama terjadi di kaki, Varises ditandai dengan munculnya benjolan pada kulit berwarna keunguan. Hal Ini disebabkan oleh adanya gangguan atau hambatan pada pembuluh darah vena dalam mengalirkan darah. Selain adanya benjolan, varises ditandal dengan gejala pegal-pegal, rasa panas dan perih, serta lelah di bagian tungkal. Penyebab varises, antara lain faktor keturunan dan terlalu lama berdiri atau duduk bersila terus menerus. Varises dapat diatasi dengan operasi. 

3. Nonketurunan: anemia dan kanker darah (leukimia). Keturunan: hemofilia dan thalassemia. 

4. Gangguan peredaran darah yang bukan disebabkan oleh faktor keturunan dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat, antara lain olahraga secara teratur, makan makanan yang bergizi, cukup istirahat, dan tidur. Berbagai gangguan kesehatan sistem peredaran darah tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor sebagai berikut. 

a. Faktor keturunan 

Gangguan peredaran darah dapat disebabkan oleh sifat yang diwariskan dari orang tua. Misalnya, jika orang tua (ayah dan ibu) menderita hemofilia, 5096 anaknya memiliki kemungkinan terkena hemofilia. 

b. Jenis makanan yang dimakan , 

Jenis makanan yang kurang bergizi dan terlalu banyak mengandung lemak dapat menyebabkan seseorang terkena obesitas (tubuh kelebihan cadangan lemak). Hal ini dapat meningkatkan risiko penumpukan lemak di dalam pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya jantung koroner dan hipertensi. 

c. Gaya hidup 

Seseorang yang memiliki gaya hidup yang kurang baik, seperti mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, jarang berolahraga, dan tidur larut matam akan berpotensi terkena gangguan sistem peredaran darah. 


IPS

1. Apa yang kamu ketahui mengenai pembangunan sosial budaya? 

2. Tuliskan tiga contoh pembangunan dalam bidang bahasa! 

3. Apa yang kamu ketahui tentang pendidikan formal? Tuliskan contohnya! : 4. Sebutkan empat macam interaksi dalam bidang pendidikan! 

5. Apa perbedaan antara pendidikan formal dan pendidikan nonformal? 


Jawaban:

1. Pembangunan sosial budaya merupakan suatu proses perubahan sosial budaya yang bertujuan Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

2. Berikut ini beberapa contoh pembangunan dalam bidang bahasa. 

a. Bahasa Indonesia digunakan di sekolah, lembaga pemerintahan, dan tempat umum sebagai alat komunikasi utama. 

b. Bahasa Indonesia dikembangkan oleh pemerintah, misalnya menyerap kosakata baik dari kosakata asing maupun kosakata bahasa daerah untuk memperkaya kosakata bahasa Indonesia. 

c. Bahasa Indonesia diajarkan di sekolah. Bertujuanagarsemuawarganegara Indonesia dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. 

d. Bahasa daerah sebagai kekayaan bangsa Indonesia harus dilestarikan, misalnya dengan menggunakan bahasa daerah untuk upacara adat atau percakapan sehari-hari dalam keluarga. 

3. Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah. Jalur pendidikan yang terstruktur dan berjenjang. Dimulai dari TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi. 

4. Empat macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu: 

a. Interaksi siswa dengan siswa 

b. Interaksi siswa dengan guru 

c. Interaksi siswa dengan sumber belajar 

d. Interaksi siswa dengan lingkungan 

5. Pendidikan formal merupakan pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah. Sedangkan pendidikan nonformal, yaitu jalur pendidikan yang bertujuan untuk melengkapi pendidikan formal. 


SBdP

1.Apa yang kamu ketahui mengenai properti tari? 

2.Jelaskan fungsi dari properti dan tata rias dalam tari kreasi daerah!

3. Tuliskan properti tari yang digunakan pada tari Reog! 

4.Sebutkan macam-macam pola lantai pada tarian!

5. Tuliskan tiga contoh tari kreasi daerah beserta pola lantai yang digunakan! 


Jawaban:

 1. Properti tari adalah segala kelengkapan dan peralatan yang digunakan untuk melakukan gerak tari dalam penampilan atau peragaan karya tari. 

2. Properti tari berfungsi membantu menegaskan makna dalam tari dan membuat tarian lebih menarik, sedangkan tata rias berfungsi memperindah penampilan dan memperjelas tema tarian. 

3. Properti topeng dan bulu merak pada tari Reog, beserta tata rias dan busananya. 

4. Berikut ini beberapa macam pola lantai pada tarian. 

a. Pola lantai vertikal (lurus): Pada pola lantai Ini, penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik. Pola lantai ini menampilkan kesan sederhana tapi kuat. 

b. Pola lantai horizontal : Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. 

c. Pola lantai diagonal : Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. 

d. Pola lantai garis melengkung. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari rakyat dan tari tradisi, memberi kesan lemah dan lembut. Beberapa pola lantai melengkung antara lain melingkar: pada pola lantai ini, penari membentuk garis lingkaran. Pola lantai lengkung ular dan pola lantai angka delapan. 

5. Beberapa contoh pola lantai, antara lain: 

a. Pola lantai yang dipergunakan dalam tari Piring adalah garis lengkung dan membentuk lingkaran. 

b. Tari Saman dengan menggunakan pola lantai garis lurus. 

c. Pada tari Pendet menggunakan pola lantai garis lengkung. 0 

d. Tari Kecak dari Bali rnerupakan salah satu jenis tari ritual dengan menggunakan pola lantai garis melengkung membentuk lingkaran. 

e. Tari seudati dari Aceh menggunakan pola gabungan antara pola lantai lurus, pola lantai lengkung, dan zig-zag. 



0 Response to "Soal dan Jawaban Kelas 5 Tema 4 subtema 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close