RPP Daring Kelas 5 Tema 1 ST 1 PB 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                        :  SD Negeri  Puncel 01
Kelas /Semester           :  5  / 1
Tema                           :  1 Organ Gerak hewan dan Manusia
Alokasi Waktu            :  Daring


A.    TUJUAN
  1. Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
  3. Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
  4. Dengan berdiskusi, siswa dapat menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Kelas daring dibuka dengan salam, menyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa secara daring dan menyampaikan kegiatan hari ini.
2.      Kelas daring dilanjutkan dengan berdoa dipimpin oleh seorang siswa ( Menghargai kedisiplinan siswa / PPK)
3.      Memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme dengan memberi saran untuk tetap belajar di rumah.
4.      Mengingatkan untuk terbiasa membaca / menulis/ mendengarkan /berbicara / praktek materi non pelajaran. Sebelum memberikan tugas, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi.

15 menit
Kegiatan inti
1.      Guru memberikan meteri melalui WA grup
2.      Siswa membaca materi tentang pengertian ide pokok dan kalimat pengenmbang
3.      Siswa membedakan ide poko ( deduktif dan induktif)
4.      Guru memberikan contoh cara mencari ide pokok dan kalimat  pengembang
5.      Siswa dipandu untuk membedakan ide pokok dan kalimat pengembang
6.      Guru mengirimkan tugas melalui WA, mencari ide pokok dalam paragraf.


Penutup
1.      Siswa mampu mengemukakan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Memberikan pesan tentang bagaimana mencegah penularan Covid-19
15 menit

B.  METODE
Pembelajaran Daring dan Luring

C.  MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR
Media/Alat          : 1. Internet.
2. Smartphone (WA)
3. Lingkungan sekitar.
Bahan                  : -
Sumber Belajar    : 1. Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 2, Tema 6: Panas dan Perpindahannya. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2017). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D.   PENILAIAN
Penilaian Sikap                      : Observasi selama kegiatan daring
Penilaian Pengetahuan         : Tes Tulis (Hasil tugas siswa)
Penilaian Keterampilan        : Keaktifan dalam melaporkan proses kegiatan

Mengetahui
Kepala SD Negeri  Puncel 01



H. SUPRIYADI, S.Pd
NIP.

Puncel,30 April 2020
Guru Kelas  2



DEDIK SETIYO WINOTO.S.Pd
 NIP. 19890126 201503 1 001



LAMPIRAN












0 Response to "RPP Daring Kelas 5 Tema 1 ST 1 PB 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close