Perubahan iklim: Ancaman pembangkit energi hijau ke daerah hutan belantara



Instalasi pembangkit angin matahari, dan tenaga air menimbulkan ancaman yang semakin besar terhadap kawasan konservasi utama, kata para peneliti. Para peneliti menemukan bahwa lebih dari 2.200 pembangkit energi hijau telah dibangun di dalam batas-batas hutan belantara Bumi yang tersisa. Mereka mengatakan bahwa sekitar 17% dari fasilitas terbarukan secara global berlokasi di kawasan lindung. 900 tanaman lebih lanjut sekarang sedang dikembangkan di bidang utama keanekaragaman hayati.

Jumlah fasilitas energi terbarukan yang digunakan di seluruh dunia pada dasarnya meningkat tiga kali lipat selama 20 tahun terakhir. Fasilitas energi hijau seringkali jauh lebih besar daripada pembangkit listrik berbahan bakar fosil, dengan angin dan matahari membutuhkan area lahan hingga 10 kali lebih besar dari batubara atau gas untuk menghasilkan jumlah energi yang sama.

Sekarang para peneliti mengatakan bahwa seringkali skema surya, angin, dan air ini dibangun di daerah-daerah yang memiliki signifikansi lingkungan dan menimbulkan ancaman terhadap habitat alami utama. Tim memetakan lokasi sekitar 12.500 instalasi ini. Mereka menemukan bahwa lebih dari 2.200 dibangun di hutan belantara, kawasan lindung, dan kawasan keanekaragaman hayati utama. Sekitar 169 ditemukan di kawasan lindung yang dikelola secara ketat di mana tidak ada kegiatan pembangunan sama sekali yang harus dilakukan.

"Perkembangan ini tidak sesuai dengan upaya konservasi keanekaragaman hayati." Para peneliti mengatakan bahwa proyek energi seperti pertanian tenaga surya seringkali membutuhkan jalan baru, dan orang-orang yang datang untuk melayani instalasi ini terkadang membangun pemukiman di dekat mereka. Negara-negara Eropa Barat adalah pelaku terburuk saat ini, dengan Jerman memiliki 258 fasilitas di kawasan konservasi utama. Spanyol memiliki jumlah instalasi yang sama, sedangkan China memiliki 142. Satu keprihatinan besar dari para peneliti adalah kemungkinan ekspansi permintaan energi terbarukan khususnya di Afrika dan Asia.

Para peneliti mengatakan jumlah fasilitas energi terbarukan aktif dalam lahan konservasi penting dapat meningkat sebesar 42% selama delapan tahun ke depan. Di negara-negara seperti India dan Nepal, misalnya, tenaga air sedang mengalami booming nyata. Nepal memiliki lebih dari 100 fasilitas di dalam kawasan lindung, sementara India memiliki 74 fasilitas yang sedang dikembangkan di zona konservasi penting.

"Jadi di situs warisan dunia Selous di Tanzania, pemerintah baru saja memberi jalan untuk bendungan besar, proyek tenaga air besar yang benar-benar akan menghancurkan area besar taman nasional itu."

Selama 18 bulan terakhir, ada kekhawatiran yang berkembang tentang krisis kepunahan yang terlihat di seluruh dunia dan banyak penelitian telah dipublikasikan yang mengaitkannya dengan perubahan iklim. Tetapi sementara banyak negara berkembang melakukan yang terbaik untuk mengatasi peningkatan emisi karbon melalui peralihan ke energi terbarukan, ironisnya adalah mereka meningkatkan ancaman terhadap spesies ketika fasilitas ini dipasang di kawasan lindung.

 Para penulis laporan mengatakan bahwa perhatian yang lebih besar harus diambil ketika merencanakan dan mengizinkan fasilitas yang terbarukan.

0 Response to "Perubahan iklim: Ancaman pembangkit energi hijau ke daerah hutan belantara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close