10 Benda langit yang wajib kamu ketahui




1. Planet

Diurutan pertama adalah planet. Bumi tempat kita tinggal dan hidup adalah sebuah planet. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan masih banyak lagi planet-planet di luar tata surya kita. Ciri sebuah planet adalah mengorbit bintang, memiliki gravitasi, dan memiliki diameter lebih dari 800 km. Untuk informasi saja, diameter planet Bumi adalah 12.472 km. Sedangkan Pluto memiliki diameter hanya 2.377 km dan oleh karena ukurannya ini maka Pluto tak lagi dikategorikan sebagai Planet ya

2. Satelit

Satelit yang dimaksud adalah satelit alami, merupakan benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Contohnya adalah Bulan yang merupakan satelit alami Bumi. Sebenarnya terminologi ini berlaku juga bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang, atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi pusat galaksi, tetapi jarang digunakan. Dengan kata lain Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami dari Matahari. Sekadar informasi saja ini Sobat UC News. Diameter bulan kita sebesar 3.474 km atau lebih besar daripada ukuran Pluto


3. Bintang
Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya. Beberapa ilmuwan membagi bintang menjadi dua yakni bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Bintang nyata adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri. Namun secara umum sebutan bintang adalah objek luar angkasa yang menghasilkan cahaya sendiri (bintang nyata).
4. Nebula
Selanjutnya adalah Nebula. Penamaannya sendiri diambil dari bahasa latin yang artinya kabut, adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti. Nebula sering disebut tempat lahirnya galaksi dan bintang-bintang.

5. Galaksi
Yang kelima adalah Galaksi. Penamaan ini diambil dari bahasa Yunani yaitu galaxias, yang memiliki arti seperti susu, yang merujuk pada penamaan galaksi Bima Sakti atau Milky Way. Galaksi sendiri adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang, planet, satelit dan berbagai benda langit lainnya. Coba tebak, ada berapa galaksi di alam semesta? Untuk kamu ketahui, di alam semesta ini tak kurang dari 2 trilyun galaksi teramati oleh NASA per 2017 kemarin. Bisa dibayangkan jika setiap galaksi terdiri dari jutaan bintang dan milyaran planet, kira-kira ada berapa planet dalam alam semesta ini? Benarkah hanya bumi satu-satunya planet yang memungkinkan kehidupan bagi makhluk hidup? 

6. Asteroid
Selanjutnya yang keenam adalah asteroid. Merupakan benda langit dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran sebuah planet. Oleh karena itu, seringkali asteroid disebut juga dengan planet minor atau planetoid. Di sistem tata surya kita, dikenal sebuah wilayah yang bernama sabuk asteroid. Letaknya diantara Mars dan Jupiter. Sobat  pasti pernah nonton film Armageddon dimana diceritakan bumi dalam ancaman asteroid. Jika seperti, kira-kira apakah mungkin dimasa depan film Armageddon itu bisa menjadi kenyataan? Bagaimana NASA merencanakan proteksi Bumi dari "serangan" asteroid?
7. Meteroid
Benda langit satu ini ukurannya jauh lebih kecil daripada Asteroid. Karena ukurannya yang lebih kecil daripada Asteroid, kadangkala ia tertarik oleg gravitasi planet disekitarnya dan keluar dari orbitnya. Ketika meteorid ini memasuki atmosfer bumi (belum sampai menyentuh permukaan bumi) disebut dengan meteor. Oleh karenanya dikenal dengan istilah hujan meteor. Sedangkan meteorid yang sudah sampai ke permukaan bumi disebut dengan meteorit.

8. Lubang Hitam
Lubang hitam atau Black Hole atau juga disebut dengan Supermassive Black Hole merupakan sebuah lubang di luar angkasa yang dapat menghisap benda-benda langit lain disekitarnya. Apapun yang ada disekitar lubang hitam tidak akan lolos dan akan terserap kedalamnya. Termasuk juga cahaya

9. Supernova
Dan yang terakhir adalah Supernova, merupakan sebuah struktur yang dihasilkan dari ledakan besar sebuah bintang. Dengan kata lain, Supernova merupakan akhir riwayat/ kematian sebuah bintang. Energi yang dipancarkan sangat besar, bahkan lebih besar dari pada seluruh energi yang dipancarkan oleh Matahari selama hidupnya nanti di sistem tata surya kita. Oleh karena itu, Matahari kita tidak memiliki kesempatan untuk menjadi sebuah Supernova. Seperti apa Supernova itu? Berikut ini adalah Crab Nebula yang merupakan hasil dari adanya Supernova, berhasil diobservasi oleh NASA dan dipublikasikan pada 2017 kemarin.

0 Response to "10 Benda langit yang wajib kamu ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close