20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 13 Strategy Guided Reading Procedure

Strategy Guided Reading Procedure
(Terjemahan : Prosedur Membaca Terbimbing)

Langkah-langkah  :

1. Guru menyiapkan buku/ cerita yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.

2. Guru mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan membaca yang sama. 

3. Kelompok-kelompok membaca tersebut bertemu kira-kira 4x dalam seminggu. Setiap anak harus mempunyai salinan dari buku tersebut.


4. Guided Reading Procedure ini biasanya berlangsung 10-15 menit.

5. Guru memberikan teks/ bacaan kepada masing-masing kelompok.

6. Setiap anak membaca dengan suara berbisik.

7. Guru menawarkan bantuan jika diperlukan


8.Anak dapat membaca beberapa kali selama pembelajaran, agar anak dapat terlatih dan nantinya dapat membaca secara mandiri.

9. Ketika anak membaca, guru menggunakan kesempatan itu untuk melakukan pengamatan dan penilaian. Penilaian ini penting karena “GRP” dilakukan dalam kelompok-kelompok yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.

10. Pada akhir kegiatan, guru melakukan refleksi.

Prosedur pelaksanaan  :

1. Guru mencari dan menyiapkan buku-buku bacaan atau teks cerita sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak pada saat itu. Misalnya anak usia kelas I SD diberi bacaan dongeng atau fabel yang bahasanya harus sederhana dan mudah dicerna.

2. Siswa dibentuk kelompok-kelompok kecil. Masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang. 

3. Setiap anggota kelompok harus mempunyai salinan dari buku bacaan atau teks cerita yang diberikan oleh guru tadi. Sehingga memudahkan siswa untuk membacanya. Anak dapat membaca beberapa kali selama pembelajaran berlangsung agar anak semakin terlatih dan nantinya dapat membaca secara mandiri.

4. Siswa secara berkelompok diberi kesempatan untuk membaca selama 10-15 menit.

5. Siswa yang berada dalam kelompok dibiarkan membaca dengan suara berbisik.

6. Ketika siswa sedang melakukan kegiatan membaca guru mempunyai kesempatan untuk melakukan pengamatan dan penilaian. Penilaian dilakukan dengan cara mengamati siswa yang aktif membaca.

7. Setelah kegiatan membaca selesai, guru melakukan refleksi. Refleksi yang dilakukan meliputi :
-          Refleksi terhadap kelayakan buku.
-          Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk mengutarakan pendapatnya apakah pengelompokkan yang dilakukan oleh guru sesuai untuk mereka.
-          Mengingat kebutuhan kelompok :
a.       Apakah kelompo k tersebut harus pindah ke tingkat yang lebih tinggi atau rendah?
b.      Apakah anak perlu untuk pindah ke tingkat yang lebih tinggi atau yang lebih rendah?
c.       Strategi apa yang diperlukan?
d.    Bagaimana bisa mengajarkan strategi-strategi tersebut?

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 13 Strategy Guided Reading Procedure"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close