20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 13 Strategy Guided Reading Procedure
Strategy
Guided Reading Procedure
(Terjemahan : Prosedur Membaca Terbimbing)
Langkah-langkah :
1. Guru menyiapkan buku/ cerita
yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.
2. Guru mengelompokkan siswa sesuai
dengan tingkat kemampuan membaca yang sama.
3. Kelompok-kelompok membaca tersebut
bertemu kira-kira 4x dalam seminggu. Setiap anak harus mempunyai salinan dari
buku tersebut.
4. Guided Reading Procedure ini
biasanya berlangsung 10-15 menit.
5. Guru memberikan teks/ bacaan
kepada masing-masing kelompok.
6. Setiap anak membaca dengan
suara berbisik.
7. Guru menawarkan bantuan jika
diperlukan
8.Anak dapat membaca beberapa
kali selama pembelajaran, agar anak dapat terlatih dan nantinya dapat membaca
secara mandiri.
9. Ketika anak membaca, guru
menggunakan kesempatan itu untuk melakukan pengamatan dan penilaian. Penilaian
ini penting karena “GRP” dilakukan dalam kelompok-kelompok yang fleksibel
sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.
10. Pada akhir kegiatan, guru
melakukan refleksi.
Prosedur
pelaksanaan :
1. Guru mencari dan menyiapkan
buku-buku bacaan atau teks cerita sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak
pada saat itu. Misalnya anak usia kelas I SD diberi bacaan dongeng atau fabel
yang bahasanya harus sederhana dan mudah dicerna.
2. Siswa dibentuk
kelompok-kelompok kecil. Masing-masing kelompok terdiri dari 3-5 orang.
3. Setiap
anggota kelompok harus mempunyai salinan dari buku bacaan atau teks cerita yang
diberikan oleh guru tadi. Sehingga memudahkan siswa untuk membacanya. Anak
dapat membaca beberapa kali selama pembelajaran berlangsung agar anak semakin
terlatih dan nantinya dapat membaca secara mandiri.
4. Siswa secara berkelompok diberi
kesempatan untuk membaca selama 10-15 menit.
5. Siswa yang berada dalam
kelompok dibiarkan membaca dengan suara berbisik.
6. Ketika siswa sedang melakukan
kegiatan membaca guru mempunyai kesempatan untuk melakukan pengamatan dan
penilaian. Penilaian dilakukan dengan cara mengamati siswa yang aktif membaca.
7. Setelah kegiatan membaca
selesai, guru melakukan refleksi. Refleksi yang dilakukan meliputi :
-
Refleksi terhadap
kelayakan buku.
-
Memberikan
kesempatan kepada setiap siswa untuk mengutarakan pendapatnya apakah
pengelompokkan yang dilakukan oleh guru sesuai untuk mereka.
-
Mengingat kebutuhan
kelompok :
a.
Apakah kelompo k
tersebut harus pindah ke tingkat yang lebih tinggi atau rendah?
b.
Apakah anak perlu
untuk pindah ke tingkat yang lebih tinggi atau yang lebih rendah?
c.
Strategi apa yang
diperlukan?
d. Bagaimana bisa mengajarkan strategi-strategi tersebut?
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 13 Strategy Guided Reading Procedure"
Post a Comment