20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 11 Strategi Reciprocal Questioning

Strategi Reciprocal Questioning
Permintaan (Timbal Balik Bertanya)

     Permintaan, atau timbal balik mempertanyakan, memberikan kesempatan guru dan siswa untuk mengajukan pertanyaan mereka satu sama lain sendiri setelah membaca pilihan. Strategi Permintaan dapat digunakan dengan novel kebanyakan atau bahan ekspositoris. Adalah penting bahwa strategi dimodelkan oleh guru menggunakan genre masing-masing.


 Langkah-langkah :

1.  Guru menyuruh siswa untuk membaca teks
2. Guru menyuruh siswa untuk meninggalkan buku mereka dengan terbuka, tapi guru menuntup teksnya
3. Guru mendorong siswa untuk meminta guru dan siswa lain bertanya tentang apa yang telah dibaca
4. Peran kemudian terbalik, siswa kemudian menutup buku dan guru meminta informasi tentang materi
5.  Kegiatan ini berlanjut sampai siswa mempunyai materi
6.  Siswa ditugaskan untuk menyelesaikan membaca

 Prosedur  Pelaksanaan:

1.      Sebagian teks (sejarah kerajaan mojopahit) dibaca diam-diam oleh guru dan siswa.
2.      Para siswa diminta untuk  meninggalkan buku mereka dengan terbuka, tetapi teks yang dimiliki guru ditutup.
3.      Siswa kemudian didorong oleh guru untuk meminta kepada guru dan siswa lain untuk memberikan pertanyaan tentang seputar kerajaan mojopahit yang telah dibaca. Kemudian guru membuat setiap usaha untuk membantu siswa mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka sendiri.
4.      Peran kemudian menjadi terbalik. Para siswa menutup buku mereka, dan guru meminta informasi kepada siswa tentang materi sejarah kerajaan mojopahit yang telah mereka baca.
5.      Prosedur ini berlanjut sampai para siswa memiliki informasi tentang kerajaan mojopahit yang cukup untuk memprediksi secara logis apa yang terkandung dalam sisa dari seleksi.
6.      Para siswa kemudian ditugaskan untuk menyelesaikan membaca sejarah mojopahit sampai selesai

Catatan: Pada awalnya, siswa akan mengalami kesulitan mengajukan pertanyaan lain selain yang literal. Disarankan bahwa sebelum kegiatan ini, atau dalam hubungannya dengan itu, guru menghabiskan banyak waktu mengajar siswa dalam strategi Pertanyaan Jawab / Hubungan .

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 11 Strategi Reciprocal Questioning"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close