20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 9 STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY

STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY
(STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA LANGSUNG)


Langkah-langkah :

  1. Persiapan
a.    mengaktifkan schemata pembelajar yang berhubungan dengan background knowledge, dan pengalaman;
b.    mengaktifkan schemata pembelajar dengan menghubungkan content dan pembelajaran terdahulu. Aktifitas ini dilakukan dengan mereview informasi yang telah dipelajari dan hubungannya dengan materi sedang dipelajari.
c.    memperkenalkan kosa kata baru. Pengajar memilih 5 – 10 kata yang content spesifik; dan komponen terakhir pada fase preparation adalah menetapkan tujuan-tujuan membaca.
d.   Menyusun tujuan membaca. Tujuan-tujuan ini harus dipresentasikan secara tertulis bisa dalam bentuk serangkaian pertanyaan yang harus dijawab atau untuk membimbing pembelajar menemukan ide-ide utama bacaan.


2. Membaca Dalam hati Membaca dalam hati dapat meningkatkan pemahaman dalam kegiatan membaca sehari-hari dan mendorong siswa mempraktikan strategi belajar secara mandiri. Guru berkeliling untu memonitor membaca siswa.

3. Fase Tindak lanjut
- Dilakukan setelah
membaca
- Memandu siswa dalam satu tujuan dan refleksi isi pelajaran
- Pengayaan

Prosedur pelaksanaan :

Contoh :
Misalkan siswa membaca teks yang berbicara tentang sejarah mobil.

a.    Memilih kosakata sebelum memperoleh pengetahuan pada topik teks:

Guru memperkenalkan kata-kata "industri" dan "ekonomi" untuk siswa. Untuk setiap kata, guru menulis kalimat dari teks yang meliputi kata. Guru cukup mencakup sekitar kalimat sehingga siswa memiliki konteks yang cukup untuk mencari tahu apa kata mungkin berarti dan yang terkait dengan kata-kata yang dimaksudkan guru.
"Pada tahun 1893, Duryea membuat mobil dari wagon dan menyebutnya sebagai Wagon Motor. Tiga tahun kemudian, mereka membuat tiga belas Motor Wagons. Itu adalah awal dari mobil industri"
Untuk membantu siswa mendefinisikan kata "industri," guru mendorong siswa untuk menemukan kata-kata lain menurut mereka sesuai dengan kata-kata dalam kalimat di atas. Siswa mungkin akan muncul dengan "bisnis" atau "perusahaan."
Dan untuk membantu siswa mendefinisikan kata "ekonomi," guru mendorong mereka untuk menemukan petunjuk dalam kalimat sekitarnya yang memberikan contoh-contoh dari apa ekonomi. Sebagai contoh, siswa mungkin pernah mendengar kata "ekonomi”. Guru mendorong siswa untuk menceritakan apa yang mereka ketahui tentang kata hal apa yang terkait dengan kata “ekonomi” (misalnya, "uang" atau "keuangan"). Kemudian guru menggali pengetahuan yang dimiliki siswa terkait dengan “uang” atau “keuangan”. Misalnya guru menanyakan,”Apa yang dapat Kalian peroleh jika kalian memiliki uang?”, “Apakah jika uang kita banyak kita dapat membeli segala sesuatu yang kita inginkan misalnya membeli mobil?”.

b.   Sebelum memperoleh pengetahuan.

Guru bertanya:
·       "Tentang berapa lama yang lalu adalah mobil pertama yang dibuat?"
·       "Bagaimana menurut Kalian kehidupan berubah ketika semua orang memiliki mobil?"
·       "Apa yang sudah Kalian ketahui tentang peristiwa besar dalam sejarah mobil?

c.    Mengajar siswa keterampilan.

Teks ini mencakup berbagai kegiatan yang akan membantu siswa membuat prediksi tentang apa yang mereka akan membaca pada bagian berikutnya.
Oleh karena itu, keterampilan yang berfokus pada guru adalah, "Bagaimana melakukan kegiatan untuk membantu Kalian memahami apa yang Kalian baca."
·       Guru menjelaskan bahwa kegiatan yang dimasukkan untuk membantu pembaca mengenali bagaimana teks ini disusun.
·       Guru membahas dengan siswa bagaimana mengenali judul dalam teks (misalnya, mereka sering di cetak tebal dan font yang berbeda).
·       Guru membaca kegiatan pertama dan meminta siswa mengemukakan apa yang mereka pikirkan dari bagian yang berbicara tentang informasi yang sesuai dengan kegiatan yang dimaksudkan.

d.   Memberikan siswa tujuan untuk membaca.

Guru berkata, "Bacalah untuk mengetahui dalam hal apa mobil pertama berbeda dari mobil-mobil yang kita miliki sekarang."

e.    Apakah siswa membaca diam-diam.

Saat siswa membaca, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa guna mengetahui pemahaman individu. Misalnya, guru meminta seorang siswa, "Apa yang menjadikan alasan di mana industri otomotif dapat berubah dan mengikuti perkembangan selama Perang Dunia II?"

f.     Setelah siswa selesai membaca, meminta penetapan-pernyataan tujuan sebagai pertanyaan.

Guru bertanya, "Apa yang membedakan mobil yang dibuat pertama kali dengan mobil yang ada pada saat ini?"

g.    Melibatkan para siswa dalam aktivitas-aktivitas berikut.

Salah satu kegiatan yang guru minta lakukan setelah rangkaian kegiatan diatas adalah sebagai berikut:
“Siswa membuat tabel yang berisi kolom waktu dari peristiwa yang dijelaskan dalam teks. Mereka membuat daftar tahun pada kolom waktu, yang mereka terkait dengan isi teks tentang sejarah perkembangan mobil. Kemudian, di samping kolom waktu ditambahkan kolom keterangan yang berisi tentang keterangan. Kolom keterangan ini dituliskan mengenai hal apa yang terjadi pada tahun penting tersebut terkait dalam sejarah mobil tersebut”.

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 9 STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close