20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 9 STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY
STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY
(STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA
LANGSUNG)
Langkah-langkah :
- Persiapan
a.
mengaktifkan schemata pembelajar yang
berhubungan dengan background knowledge, dan pengalaman;
b.
mengaktifkan schemata pembelajar dengan
menghubungkan content dan pembelajaran terdahulu. Aktifitas ini dilakukan
dengan mereview informasi yang telah dipelajari dan hubungannya dengan materi
sedang dipelajari.
c.
memperkenalkan kosa kata baru. Pengajar
memilih 5 – 10 kata yang content spesifik; dan komponen terakhir pada fase
preparation adalah menetapkan tujuan-tujuan membaca.
d.
Menyusun
tujuan membaca. Tujuan-tujuan
ini harus dipresentasikan secara tertulis bisa dalam bentuk serangkaian
pertanyaan yang harus dijawab atau untuk membimbing pembelajar menemukan
ide-ide utama bacaan.
2.
Membaca Dalam hati Membaca
dalam hati dapat meningkatkan pemahaman dalam kegiatan membaca sehari-hari dan
mendorong siswa mempraktikan strategi belajar secara mandiri. Guru berkeliling
untu memonitor membaca siswa.
3. Fase Tindak lanjut
- Dilakukan setelah membaca
- Memandu siswa dalam satu tujuan dan refleksi isi pelajaran
- Pengayaan
- Dilakukan setelah membaca
- Memandu siswa dalam satu tujuan dan refleksi isi pelajaran
- Pengayaan
Prosedur pelaksanaan :
Contoh
:
Misalkan
siswa membaca teks yang berbicara tentang sejarah mobil.
a.
Memilih
kosakata sebelum memperoleh pengetahuan pada topik teks:
Guru
memperkenalkan kata-kata "industri" dan "ekonomi" untuk
siswa. Untuk setiap kata, guru menulis kalimat dari teks yang meliputi kata.
Guru cukup mencakup sekitar kalimat sehingga siswa memiliki konteks yang cukup
untuk mencari tahu apa kata mungkin berarti dan yang terkait dengan kata-kata
yang dimaksudkan guru.
"Pada tahun 1893, Duryea
membuat mobil dari wagon dan menyebutnya sebagai Wagon Motor. Tiga tahun
kemudian, mereka membuat tiga belas Motor Wagons. Itu adalah awal dari
mobil industri"
Untuk
membantu siswa mendefinisikan kata "industri," guru mendorong siswa
untuk menemukan kata-kata lain menurut mereka sesuai dengan kata-kata dalam
kalimat di atas. Siswa mungkin akan muncul dengan "bisnis" atau
"perusahaan."
Dan
untuk membantu siswa mendefinisikan kata "ekonomi," guru mendorong
mereka untuk menemukan petunjuk dalam kalimat sekitarnya yang memberikan contoh-contoh
dari apa ekonomi. Sebagai contoh, siswa mungkin pernah mendengar kata
"ekonomi”. Guru mendorong siswa untuk menceritakan apa yang mereka ketahui
tentang kata hal apa yang terkait dengan kata “ekonomi” (misalnya,
"uang" atau "keuangan"). Kemudian guru menggali pengetahuan
yang dimiliki siswa terkait dengan “uang” atau “keuangan”. Misalnya guru
menanyakan,”Apa yang dapat Kalian peroleh jika kalian memiliki uang?”, “Apakah
jika uang kita banyak kita dapat membeli segala sesuatu yang kita inginkan
misalnya membeli mobil?”.
b.
Sebelum
memperoleh pengetahuan.
Guru
bertanya:
·
"Tentang
berapa lama yang lalu adalah mobil pertama yang dibuat?"
·
"Bagaimana
menurut Kalian kehidupan berubah ketika semua orang memiliki mobil?"
·
"Apa
yang sudah Kalian ketahui tentang peristiwa besar dalam sejarah mobil?
c.
Mengajar
siswa keterampilan.
Teks
ini mencakup berbagai kegiatan yang akan membantu siswa membuat prediksi
tentang apa yang mereka akan membaca pada bagian berikutnya.
Oleh karena itu, keterampilan yang
berfokus pada guru adalah, "Bagaimana melakukan kegiatan untuk membantu
Kalian memahami apa yang Kalian baca."
·
Guru
menjelaskan bahwa kegiatan yang dimasukkan untuk membantu pembaca mengenali
bagaimana teks ini disusun.
·
Guru
membahas dengan siswa bagaimana mengenali judul dalam teks (misalnya, mereka
sering di cetak tebal dan font yang berbeda).
·
Guru
membaca kegiatan pertama dan meminta siswa mengemukakan apa yang mereka
pikirkan dari bagian yang berbicara tentang informasi yang sesuai dengan
kegiatan yang dimaksudkan.
d.
Memberikan
siswa tujuan untuk membaca.
Guru
berkata, "Bacalah untuk mengetahui dalam hal apa mobil pertama berbeda
dari mobil-mobil yang kita miliki sekarang."
e.
Apakah
siswa membaca diam-diam.
Saat
siswa membaca, guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa guna
mengetahui pemahaman individu. Misalnya, guru meminta seorang siswa, "Apa
yang menjadikan alasan di mana industri otomotif dapat berubah dan mengikuti
perkembangan selama Perang Dunia II?"
f.
Setelah
siswa selesai membaca, meminta penetapan-pernyataan tujuan sebagai pertanyaan.
Guru
bertanya, "Apa yang membedakan mobil yang dibuat pertama kali dengan mobil
yang ada pada saat ini?"
g.
Melibatkan
para siswa dalam aktivitas-aktivitas berikut.
Salah
satu kegiatan yang guru minta lakukan setelah rangkaian kegiatan diatas adalah
sebagai berikut:
“Siswa membuat tabel yang berisi
kolom waktu dari peristiwa yang dijelaskan dalam teks. Mereka membuat daftar
tahun pada kolom waktu, yang mereka terkait dengan isi teks tentang sejarah
perkembangan mobil. Kemudian, di samping kolom waktu ditambahkan kolom
keterangan yang berisi tentang keterangan. Kolom keterangan ini dituliskan
mengenai hal apa yang terjadi pada tahun penting tersebut terkait dalam sejarah
mobil tersebut”.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 9 STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY"
Post a Comment