20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 8 STRATEGI ANTICIPATION GUIDE


STRATEGI ANTICIPATION GUIDE
(Strategi Panduan Antisipasi)

Langkah-langkah:

1.      Pilih topik atau subjek.

2.      Mengidentifikasi konsep-konsep utama tentang topik yang sudah ditentukan.

3.      Merenungkan bagaimana konsep-konsep ini akan mendukung atau menantang keyakinan siswa atau pengalaman  siswa.


4.      Siswa membuat beberapa laporan (3-6 kalimat) untuk menantang pengetahuan awal atau keyakinan siswa. Pastikan untuk menyertakan laporan yang mengandung kesalahpahaman, ide-ide kontroversial, dll

5.      Berikan setiap siswa sebuah salinan Panduan Antisipasi dan mintalah mereka untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan-pernyataan yang ada di dalamnya.

6.      Siswa kemudian membaca atau mendengarkan informasi yang disampaikan mengenai topik tersebut.

7.      Siswa  kembali merespon dan membuat revisi yang diperlukan.

8.      Diskusi kelas terjadi sebagai akibat dari pengalaman baru siswa dalam belajar.

Prosedur Pelaksanaan:
1.      Pilih sebuah teks. (Strategi ini bekerja baik dengan teks ekspositoris. Strategi ini bekerja dengan baik terutama dengan teks-teks berupa ide-ide yang agak kontroversial untuk para pembacanya)

2.      Menulis beberapa pernyataan yang fokus pada topik dari teks. Melanjutkan ke laporan masing-masing, yang menyediakan tempat bagi siswa untuk menunjukkan apakah mereka setuju atau tidak setuju dengan laporan.

Tips untuk laporan menulis:
Menulis laporan yang berfokus pada informasi dalam teks yang diinginkan siswa untuk berpikir tentang.
Menulis laporan bahwa siswa dapat bereaksi tanpa harus membaca teks.
Menulis laporan yang informasinya dapat diidentifikasi dalam teks yang mendukung dan/atau menentang setiap pernyataan.
Menulis laporan bahwa siswa keyakinan tantangan (Duffelmeyer, 1994).
Menulis pernyataan yang bersifat umum daripada spesifik (Duffelmeyer, 1994). 
3.      Mintalah siswa menyelesaikan panduan antisipasi sebelum membaca teks. Pedoman ini dapat diselesaikan oleh siswa secara individu, atau dalam kelompok kecil. Ingatkan siswa bahwa mereka harus siap untuk membahas reaksi mereka terhadap laporan pada panduan antisipasi setelah mereka telah menyelesaikannya.

4.      Guru membentuk diskusi kelas sebelum membaca. Sehingga mendorong siswa untuk memiliki sudut pandang yang berbeda untuk debat dan mempertahankan pendapat mereka.

5.      Mintalah siswa untuk membaca teks yang telah disiapkan. Doronglah siswa untuk menuliskan ide-ide dari teks tersebut, untung mengetahui pendapat siswa baik yang mendukung sebagai reaksi awal mereka ke laporan masing-masing, atau menyebabkan mereka untuk memikirkan kembali reaksi-reaksi tersebut.

6.      Guru membuat diskusi kelas setelah membaca. Tanyakan kepada siswa jika salah satu dari mereka berubah pikiran tentang posisi mereka pada laporan masing-masing. Minta mereka untuk menjelaskan mengapa. Sehingga mendorong mereka untuk menggunakan informasi dari teks untuk mendukung posisi mereka.

Catatan:
Dalam membangun panduan antisipasi, konstruksi panduan antisipasi harus sesederhana mungkin bagi siswa yang lebih muda. Tulis empat sampai enam pernyataan tentang ide-ide kunci dalam teks; beberapa benar dan sebagian salah. Sertakan kolom pada setiap pernyataan, yang dapat dibiarkan kosong atau dapat diberi label Ya atau Tidak.

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 8 STRATEGI ANTICIPATION GUIDE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close