20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 8 STRATEGI ANTICIPATION GUIDE
STRATEGI ANTICIPATION GUIDE
(Strategi Panduan Antisipasi)
Langkah-langkah:
1. Pilih topik atau subjek.
2. Mengidentifikasi konsep-konsep utama tentang topik
yang sudah ditentukan.
3. Merenungkan bagaimana konsep-konsep ini akan
mendukung atau menantang keyakinan siswa atau pengalaman siswa.
4. Siswa membuat beberapa laporan (3-6 kalimat) untuk
menantang pengetahuan awal atau keyakinan siswa. Pastikan untuk menyertakan
laporan yang mengandung kesalahpahaman, ide-ide kontroversial, dll
5. Berikan setiap siswa sebuah salinan Panduan
Antisipasi dan mintalah mereka untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan atau
pernyataan-pernyataan yang ada di dalamnya.
6. Siswa kemudian membaca atau mendengarkan informasi
yang disampaikan mengenai topik tersebut.
7. Siswa
kembali merespon dan membuat revisi yang diperlukan.
8. Diskusi kelas terjadi sebagai akibat dari
pengalaman baru siswa dalam belajar.
Prosedur
Pelaksanaan:
1. Pilih sebuah teks. (Strategi ini bekerja baik dengan
teks ekspositoris. Strategi ini bekerja dengan baik terutama dengan teks-teks
berupa ide-ide yang agak kontroversial untuk para pembacanya)
2. Menulis beberapa pernyataan yang fokus pada topik
dari teks. Melanjutkan ke laporan masing-masing, yang menyediakan tempat bagi
siswa untuk menunjukkan apakah mereka setuju atau tidak setuju dengan laporan.
Tips untuk
laporan menulis:
Menulis laporan
yang berfokus pada informasi dalam teks yang diinginkan siswa untuk berpikir
tentang.
Menulis laporan
bahwa siswa dapat bereaksi tanpa harus membaca teks.
Menulis laporan
yang informasinya dapat diidentifikasi dalam teks yang mendukung dan/atau
menentang setiap pernyataan.
Menulis laporan
bahwa siswa keyakinan tantangan (Duffelmeyer, 1994).
Menulis
pernyataan yang bersifat umum daripada spesifik (Duffelmeyer, 1994).
3. Mintalah siswa menyelesaikan panduan antisipasi
sebelum membaca teks. Pedoman ini dapat diselesaikan oleh siswa secara
individu, atau dalam kelompok kecil. Ingatkan siswa bahwa mereka harus siap
untuk membahas reaksi mereka terhadap laporan pada panduan antisipasi setelah
mereka telah menyelesaikannya.
4. Guru membentuk diskusi kelas sebelum membaca.
Sehingga mendorong siswa untuk memiliki sudut pandang yang berbeda untuk debat
dan mempertahankan pendapat mereka.
5. Mintalah siswa untuk membaca teks yang telah
disiapkan. Doronglah siswa untuk menuliskan ide-ide dari teks tersebut, untung
mengetahui pendapat siswa baik yang mendukung sebagai reaksi awal mereka ke
laporan masing-masing, atau menyebabkan mereka untuk memikirkan kembali
reaksi-reaksi tersebut.
6. Guru membuat diskusi kelas setelah membaca.
Tanyakan kepada siswa jika salah satu dari mereka berubah pikiran tentang
posisi mereka pada laporan masing-masing. Minta mereka untuk menjelaskan
mengapa. Sehingga mendorong mereka untuk menggunakan informasi dari teks untuk
mendukung posisi mereka.
Catatan:
Dalam membangun panduan antisipasi, konstruksi
panduan antisipasi harus sesederhana mungkin bagi siswa yang lebih muda. Tulis
empat sampai enam pernyataan tentang ide-ide kunci dalam teks; beberapa benar
dan sebagian salah. Sertakan kolom pada setiap pernyataan, yang dapat dibiarkan
kosong atau dapat diberi label Ya atau Tidak.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 8 STRATEGI ANTICIPATION GUIDE"
Post a Comment