20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 19 QAR
QAR
(QUESTIONS-ANSWER RELATIONSHIP)
PENJELASAN STRATEGI QAR
Strategi ini
digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memperoleh berbagai
informasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan berbagai bidang.
Pertanyaan dapat disusun oleh guru atau dapat memanfaatkan daftar pertanyaan
yang ada dalam bacaan. Adapun jawabannya dapat diperoleh siswa melalui cara
berikut.
Menemukan kata atau kalimat dalam teks sebagai
jawaban dari pertanyaan. Contoh “Siapa yang bertanggung jawab untuk menciptakan
suasana nyaman di kelas?”
Jawaban ada dalam teks tetapi
harus menghubung-hubungkan kata atau kalimat pada bagian –bagian yang berbeda.
Contoh pertanyaannya “ Apa yang menyebabkan kelas kita menjadi juara Lingkungan
Nyaman?”
Pemahaman isi teks merupakan bahan penemuan
jawaban, tetapi pemahaman tersebut berkaitan dengan pemahaman yang
tersirat.Dengan demikian untuk menjawab pertanyaan itu diperlukan adanya
hubungan dialogis antara pemahaman isi teks dengan pengalaman dan pengetahuan
pembaca. Contoh: “Bagaimana hubungan timbal-balik antara lingkungan alam
denganlingkungan kehidupan keluarga?”.
Jawaban tidak dapat ditemukan
dalam teks. Untuk menemukan jawaban pertanyaan harus menghubung –hubungkan
sesuatu yang dinyatakan penulis, merefleksikan kembali berbagai pengalaman dan
pengetahuan dengan memanfaatkan berbagai sumber informasi. Contoh pertanyaan
“Mengapa sebagai ekosistem lingkungan menentukan kehidupan organisme manusia,
binatang, dan tumbuhan?”
LANGKAH-LANGKAH:
a)
Guru mengemukakan tujuan pengajarannya,
problem yang mesti dipecahkan siswa, dan cara yang perlu dilakukan siswa untuk
memecahkan masalah. Masalah yang dipecahkan siswa adalah memahami dan menjawab
pertanyaan dalam berbagai jenis dan tingkatannya.
b)
Siswa melakukan kegiatan
membaca dalam hati. Setelah kegiatan membaca selesai, dilakukan kegiatan tanya
jawab dan pembahasan.
c)
Pertanyaan yang penemuan
jawabannya memerlukan berbagai sumber dan berbagai kegiatan lain, misalnya
pengamatan dan wawancara diberikan dalam bentuk tugas untuk dilaporkan pada
pertemuan berikutnya. Pengerjaan tugas seyogyanya dikerjakan secara kelompok.
PROSEDUR PELAKSANAAN
PROSEDUR PELAKSANAAN
Dalam
pelaksanaan strategi ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu:
a.
Sebelum
Membaca (Pra Membaca) :
1.
Memberi salam dan mengecek kehadiran siswa,
2.
Menunjukan gambar yang
berkaitan dengan topic dan memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan
topic tersebut,
3.
Memperkenalkan topic
teks, dan tujuan instruksional yang harus dicapai,
4.
Menugaskan siswa
memprediksi kata-kata yang akan digunakan dalam teks,
5.
Memperkenalkan konsep QAR,
6.
Memberi contoh
tipe-tipe dari QAR,
7.
Menyuruh siswa untuk
duduk di groupnya masing-masing,
8.
Membagikan lembar kerja
siswa yang telah mereka kerjakan secara individu,
9.
Memeriksa jawaban
kelompok, dan
10.
Meminta siswa menyimpulkan
pelajaran.
b. Saat Membaca :
1.
Menugaskan siswa untuk
membaca dalam hati,
2.
Mendiskusikan kata-kata
yang telah diprediksi,
3.
Menyuruh siswa untuk
memahami isi bacaan,
4.
Menugaskan siswa untuk
mengidentifikasi jenis-jenis pertanyaan,
5.
Menyuruh siswa untuk
menjawab pertanyaan kelompok, dan
6.
Berkeliling untuk
member semangat siswa dan member bantuan bila diperlukan.
c.
Sesudah
Membaca (Pasca Membaca) :
1.
Menyuruh masing-masing
group untuk menunjukkan jawabannya,
2.
Menentukan jawaban yang
benar,
3.
Mengumpulkan jawaban
masing-masing group, dan
4.
Menutup pertemuan.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 19 QAR"
Post a Comment