20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 18 STRATEGI LIST GROUP LABEL
STRATEGI LIST GROUP LABEL
(DAFTAR KELOMPOK LABEL)
Langkah-langkah:
1.
Guru memilih topik
utama atau konsep dalam pilihan membaca.
2.
Guru meminta siswa
untuk mendaftar semua kata yang mereka pikirkan berhubungan dengan konsep ini.
3.
Siswa menuliskan
kata-kata yang dipilih di papan tulis.
4.
Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok
terdiri dari tiga sampai empat siswa.
5.
Siswa memberi judul label
untuk kumpulan istilah terkait.
6.
Siswa membaca pemilihan
teks dengan hati-hati kemudian meninjau kumpulan istilah terkait yang mereka
peroleh sesuai dengan konsep yang telah dipilih.
7.
Siswa menghilangkan
istilah atau kelompok kata yang tidak sesuai dengan makna konsep (siswa
melakukan seleksi).
8.
Siswa merevisi daftar
mereka setelah dilakukan seleksi.
9.
Label dari
masing-masing kelompok ditampilkan di depan kelas.
Prosedur
pelaksanaan:
1.
Guru memilih konsep
satu atau dua kata dan menampilkannya di papan tulis, misalnya: gempa bumi,
komunitas perang saudara, dll.
2.
Guru meminta siswa untuk
mendaftar kata atau frasa yang mereka pikirkan terkait dengan topik yang
diberikan.
3.
Siswa menulis kata yang
mereka pilih antara 25 sampai 40 pilihan kata siswa di papan tulis. Guru
dimungkinkan untuk bertanya kepada siswa untuk memastikan bahwa setiap siswa
memberikan respon setidaknya satu kata atau frasa dan menghubungkannya dengn
latar belakang pengetahuan siswa. Setelah daftar dihasilkan guru membaca
keras-keras di depan kelas. Siswa akan melihat ejaan yang benar dari kata
tersebut dan mendengar pengucapan yang benar.
4.
Siswa membentuk
kelompok yang terdiri dari tiga sampai empat siswa. Pengelompokan siswa ini
dimaksudkan agar siswa dapat mencari bagian yang lebih umum dari kata-kata yang
telah mereka pilih sehingga membentuk label atau kategori.
5.
Siswa memberi judul
label untuk kumpulan istilah terkait. Guru membantu siswa jika mengalami
kesulitan, misalnya: guru mengatur jumlah kata dalam kelompok. Hal ini membantu
siswa untuk melihat lebih dalam kata tersebut masuk dalam kategori.
6.
Siswa membaca pemilihan
teks dengan hati-hati kemudian meninjau kumpulan istilah terkait yang mereka
peroleh sesuai dengan konsep yang telah dipilih.
7.
Siswa menghilangkan
istilah atau kelompok kata yang tidak sesuai dengan makna konsep (siswa
melakukan seleksi). Seleksi ini dapat dilakukan dengan cara siswa menceritakan
atau memberikan alasan mengapa kata-kata tersebut dihilangkan.
8.
Siswa merevisi daftar
mereka setelah dilakukan seleksi, kemudian menambahkan label tambahan yang
sesuai dengan konsep didasarkan pada pemahaman baru.
9.
Label dari
masing-masing kelompok ditampilkan di depan kelas. Setiap kelompok diminta
untuk memberikan alasan tentang pelabelan kata-kata yang telah mereka pilih. Pada
saat salah satu kelompok maju, maka kelompok lain memperhatikan dan menanggapi
hasil kerja kelompok tersebut.
0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 18 STRATEGI LIST GROUP LABEL"
Post a Comment