20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 18 STRATEGI LIST GROUP LABEL

STRATEGI LIST GROUP LABEL

(DAFTAR KELOMPOK LABEL)

Langkah-langkah:

1.        Guru memilih topik utama atau konsep dalam pilihan membaca.
2.        Guru meminta siswa untuk mendaftar semua kata yang mereka pikirkan berhubungan dengan konsep ini.
3.        Siswa menuliskan kata-kata yang dipilih di papan tulis.
4.        Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok terdiri dari tiga sampai empat siswa.
5.        Siswa memberi judul label untuk kumpulan istilah terkait.
6.        Siswa membaca pemilihan teks dengan hati-hati kemudian meninjau kumpulan istilah terkait yang mereka peroleh sesuai dengan konsep yang telah dipilih.
7.        Siswa menghilangkan istilah atau kelompok kata yang tidak sesuai dengan makna konsep (siswa melakukan seleksi).
8.        Siswa merevisi daftar mereka setelah dilakukan seleksi.
9.        Label dari masing-masing kelompok ditampilkan di depan kelas.



Prosedur pelaksanaan:
1.        Guru memilih konsep satu atau dua kata dan menampilkannya di papan tulis, misalnya: gempa bumi, komunitas perang saudara, dll.
2.        Guru meminta siswa untuk mendaftar kata atau frasa yang mereka pikirkan terkait dengan topik yang diberikan.
3.        Siswa menulis kata yang mereka pilih antara 25 sampai 40 pilihan kata siswa di papan tulis. Guru dimungkinkan untuk bertanya kepada siswa untuk memastikan bahwa setiap siswa memberikan respon setidaknya satu kata atau frasa dan menghubungkannya dengn latar belakang pengetahuan siswa. Setelah daftar dihasilkan guru membaca keras-keras di depan kelas. Siswa akan melihat ejaan yang benar dari kata tersebut dan mendengar pengucapan yang benar.
4.        Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari tiga sampai empat siswa. Pengelompokan siswa ini dimaksudkan agar siswa dapat mencari bagian yang lebih umum dari kata-kata yang telah mereka pilih sehingga membentuk label atau kategori.
5.        Siswa memberi judul label untuk kumpulan istilah terkait. Guru membantu siswa jika mengalami kesulitan, misalnya: guru mengatur jumlah kata dalam kelompok. Hal ini membantu siswa untuk melihat lebih dalam kata tersebut masuk dalam kategori.
6.        Siswa membaca pemilihan teks dengan hati-hati kemudian meninjau kumpulan istilah terkait yang mereka peroleh sesuai dengan konsep yang telah dipilih.
7.        Siswa menghilangkan istilah atau kelompok kata yang tidak sesuai dengan makna konsep (siswa melakukan seleksi). Seleksi ini dapat dilakukan dengan cara siswa menceritakan atau memberikan alasan mengapa kata-kata tersebut dihilangkan.
8.        Siswa merevisi daftar mereka setelah dilakukan seleksi, kemudian menambahkan label tambahan yang sesuai dengan konsep didasarkan pada pemahaman baru.
9.        Label dari masing-masing kelompok ditampilkan di depan kelas. Setiap kelompok diminta untuk memberikan alasan tentang pelabelan kata-kata yang telah mereka pilih. Pada saat salah satu kelompok maju, maka kelompok lain memperhatikan dan menanggapi hasil kerja kelompok tersebut.  

0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 18 STRATEGI LIST GROUP LABEL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close