20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 5 READ-ALOUD (MEMBACA NYARING)

READ-ALOUD (MEMBACA NYARING) 


A.    Hal-Hal yang Dapat Dilakukan untuk Memulai Membaca Nyaring
1.         Membuat suatu komitmen untuk membaca dengan suara keras sedikitnya sekali sehari. Hal itu penting untuk rutinitas.
2.         Memilih waktu untuk membaca dengan suara keras. Bisa kapanpun, pagi, setelah sekolah, dan pada jam tidur tapi buatlah pada waktu yang sama.
3.         Pilihlah tempat favorit untuk membaca dengan suara keras. Bisa di tempat tidur, ruang tamu atau tempat manapun yang nyaman.
4.         Berilah kegembiraan sehingga mereka akan mencintai buku dan ingin membaca kembali.


B.     Langkah-Langkah Membaca dengan Suara Nyaring Model Literasi Awal
1.         Guru membacakan 2-4 buku setiap hari untuk para siswa dengan ekspresi dan intonasi yang berbeda sesuai dengan cerita yang dibaca.
2.         Guru memberi pengenalan tentang buku yang akan dibaca.
3.         Siswa dan guru mendiskusikan konsep cetakan  seperti pengarang, illustrator, bagian-bagian dari buku (sampul, halaman sebutan/judul, halaman).
4.         Guru menunjukkan kata-kata dengan jari saat anak membaca.
5.         Guru meminta anak untuk menguraikan gambar yang terdapat dalam teks dan menebak apa yang terjadi berikutnya.
6.         Guru membantu anak untuk membuka halaman selanjutnya.
7.         Guru memberikan waktu untuk anak menjawab pertanyaan.
8.         Guru membacakan  anak berbagai buku termasuk fiksi dan nonfiksi.
9.         Para siswa diperkenalkan untuk mengoreksi perilaku.
10.     Guru bertanya selama dan setelah pembacaan.
11.     Guru membacakan berbagai  variasi buku ke para siswa  termasuk fiksi, cerita nyata, dan multi-cultural.



A.      Langkah-Langkah Membaca Nyaring untuk Guru
1.         Buatlah perencanaan sebelum membaca
2.         Susunlah tempat duduk
3.         Perkenalkan cerita.
4.         Perhatikan petunjuk untuk membaca nyaring.
5.         Jelaskan kata-kata yang tidak familier
6.         Antisipasi dan cegah gangguan
7.         Nantikan tanggapan anak-anak

B.       Hal-Hal yang Harus Dilakukan dalam Membaca Nyaring
1.      Bacalah setiap kali kamu dan anak mempunyai waktu.
2.      Lihat kembali isi buku sebelum membaca untuk anak.
3.      Tetapkan perilaku yang diharapkan.
4.      Sebelum kamu mulai, selalu katakan pada anak nama buku, pengarang, dan illustrator
5.      Gunakan gambar bergerak.
6.      Perkenalkan karakter dan tema sebelum membaca cerita.
7.      Bacalah  pelan-pelan agar anak  dapat membangun gambaran mental dari apa yang telah dibaca.

C.      Hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Membaca Nyaring
1.         Jangan membaca cerita yang kamu tidak suka karena akan terlihat saat membaca.
2.         Jangan membacakan cerita lebih dari kemampuan intelektual dan emosional anak.
3.         Jangan membaca dengan volume yang kurang jelas.
4.         Jangan terlalu cepat dan terlalu lambat dalam membacakan untuk anak. Kecepatan yang ideal kurang lebih 150 kata per-menit.
5.         Jangan terlalu banyak dialog.
6.         Jangan memilih buku yang biasa.
7.         Jangan menggunakan suara datar.
8.         Jangan mengasumsikan anak-anak mengetahui semua kosa kata.
9.         Jangan membaca sebelum anak dapat fokus.
10.      Jangan lupa memperhatikan  fiksi dan fakta buku.


D.      Hal-Hal yang Harus Dilakukan dalam Membaca Nyaring
1.      Bacalah setiap kali kamu dan anak mempunyai waktu.
2.      Lihat kembali isi buku sebelum membaca untuk anak.
3.      Tetapkan perilaku yang diharapkan.
4.      Sebelum kamu mulai, selalu katakan pada anak nama buku, pengarang, dan illustrator
5.      Gunakan gambar bergerak.
6.      Perkenalkan karakter dan tema sebelum membaca cerita.
7.      Bacalah  pelan-pelan agar anak  dapat membangun gambaran mental dari apa yang telah dibaca.

E.       Kriteria Buku untuk Membaca Nyaring
1.      Pilih material berhubungan dengan topik kurikulum.
2.      Pilih material yang sesuai ke umur dan tingkat perkembangan siswa.
3.      Pilih teks sesuai untuk pembacaan lisan
4.      Pilih materi sesuai dengan budaya setempat.
5.      Pilih tingkatan buku ayang sesuai dengan perkembangan anak.
6.      Pilih buku yang bermakna dan menarik


F.      Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membaca Keras

1. Lihat kembali isi buku yang dibaca dan latihlah anak untuk membaca nyaring.
2. Perhatikan suasana hati anak.
3. Pastikan anak pada kondisi yang sudah siap untuk membaca.
4. Gunakan banyak ekspresi sesuai dengan cerita pada buku.
5. Ubah nada suaramu untuk menyesuaikan dialog.
6. Lakukan penyesuaian langkahmu agar cocok dengan cerita.
7. Berikan pertanyaan.
8. Tunjukkan antusiasmu pada cerita.
9. Bacalah dengan jelas.
10. Bacalah dengan nyaring sehingga semua dapat mendengar.
11. Gunakan guratan ekspresi dan isyarat untuk tingkatkan pembacaan mu.
12. Gunakan kontak mata dengan anak atau pendengar.

G.       Kriteria Buku untuk Membaca Nyaring
1.      Pilih material berhubungan dengan topik kurikulum.
2.      Pilih material yang sesuai ke umur dan tingkat perkembangan siswa.
3.      Pilih teks sesuai untuk pembacaan lisan
4.      Pilih materi sesuai dengan budaya setempat.
5.      Pilih tingkatan buku ayang sesuai dengan perkembangan anak.
6.      Pilih buku yang bermakna dan menarik

H.      Metode Pengajaran yang Digunakan Guru Selama di Sekolah
Ø  Memberikan tugas membaca nyaring kepada siswa setiap hari setidaknya selama 20 menit.
Ø  Memilih buku yang menarik dan cocok untuk perkembangan siswa.
Ø  Memberikan buku atau bacaan setiap hari agar siswa terbiasa membaca berbagai struktur teks, dan berbagai jenis cerita.
Ø  Menetapkan acuan dan waktu untuk membaca nyaring. Hal ini untuk membantu siswa memahami apa yang telah mereka baca.
Ø  Mendatangkan tutor atau guru ahli untuk membantu siswa berlatih membaca nyaring.
Ø  Menggunakan teknologi yang memungkinkan seorang anak untuk mendengarkan teks dibaca.
Ø  Setelah membaca, memberikan kesempatan untuk siswa  membahas dan mengajukan pertanyaan.





0 Response to "20 Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia - Bagian 5 READ-ALOUD (MEMBACA NYARING) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close