Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 dan Kunci Jawaban
Benda-benda di Sekitar Kita: Soal Tematik Kelas 5 SD Subtema 1 tentang Benda Tunggal dan Campuran
Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran
Apakah kamu sedang mencari soal tematik kelas 5 SD tentang benda-benda di sekitar kita? Tepat sekali! Karena pada postingan ini kami akan membahas Soal Tematik Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 Revisi 2018 dan Kunci Jawaban yang bisa membantumu mempersiapkan diri dalam menghadapi penilaian harian atau ujian.
Materi dan Kompetensi Dasar dalam Tema 9 Subtema 1 Kelas 5 SD
Sebelum kita membahas soal tematik kelas 5 tema 9 tersebut tak ada salahnya kita mengetahui KD di masing masing mautan pelajaran di tema 9 subtema 1 ini. Dan berikut ini KD – KD nya.1. PPKn dengan KD 3.4 dengan cakupan materi tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan bersama.
2. Bahasa Indonesia dengan KD 3.4 dengan cakupan materi mengenai menggali informasi dari iklan yang dipaparkan baik media cetak maupun elektronik.
3. IPA dengan KD 3.9 membahas tentang pengelompokan materi dalam kehidupan sehari-hari.
4. IPS dengan KD 3.1 membahas tentang karakteristik geografis Indonesia sebagai negara maritim dan agraris.
5. SBdP dengan KD 3.2 membahas tentang jenis tangga nada.
Materi Pelajaran yang Dipelajari dalam Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran
Pertama-tama, mari kita bahas materi dan kompetensi dasar yang ada dalam subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran pada tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita. Pelajaran ini mencakup unsur-unsur dalam iklan, pesan iklan layanan masyarakat, tanggapan terhadap isi iklan, informasi penting dalam iklan, dan ciri kebahasaan iklan. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang letak dan posisi geografis Indonesia, kenampakan alam di sekitar tempat tinggal, perilaku persatuan dan kesatuan, manfaat hidup rukun, serta wujud perilaku hidup rukun.Tak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang materi dalam kehidupan sehari-hari, seperti zat-zat penyusun suatu benda, jenis campuran, dan sifatnya. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang tangga nada diatonis mayor dan minor, tangga nada pentatonik, dan alat musik melodis.
Nah, setelah kamu mengetahui materi yang akan dipelajari, kamu pasti penasaran dengan contoh soalnya, bukan? Berikut ini kami berikan contoh Soal Penilaian Harian (PH) Tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita Subtema 1 Benda Tunggal dan Campuran Kelas 5 beserta kunci jawabannya:
Contoh Soal Penilaian Harian (PH) Benda Tunggal dan Campuran Kelas 5 SD
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Berikut ini yang bukan contoh kegiatan yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah
a. bersama-sama membersihkan ling-kungan sekolah
b. menghormati bapak dan ibu guru
c. mengadakan belajar bersama
d. bertengkar dengan teman
Jawab:d
Pembahasan:
Bertengkar dapat memecah persatuan dan kesatuan di sekolah.
2. Kerukunan hidup bermasyarakat adalah syarat untuk....
a. mencari keuntungan negara
b. mencapai kebahagiaan
c. mencari dukungan dari negara lain
d. menjaga keutuhan bangsa dan negara
Jawab:d
Pembahasan:
Menjaga keutuhan bangsa dan negara dapat dilakukan dengan cara menjaga kerukunan dalam hidup bermasyarakat.
3. Agar menjadi bangsa yang maju dan terus berkembang dengan baik, seluruh warga Indonesia harus....
a. bergotong royong memberontak
b. beradu pendapat dan selalu ber-debat
c. bersatu dan bergotong royong
d. berlomba dan memicu konflik Jawab:c
Pembahasan:
Kita perlu bersatu dan bergotong royong agar menjadi bangsa yang maju dan terus berkembang dengan baik.
4.Kegiatan-kegiatan di sekolah yang tidak dapat memupuk rasa kerukunan antarsiswa adalah....
a. kerja bakti sekolah
b. kerja kelompok
c. piket kelas bersama
d. menyontck bersama
Jawab:d
Pembahasan:
Menyontek bersama bukan kegiatan di sekolah yang dapat memupuk rasa kerukunan antarsiswa.
5.Sifat yang sudah dimiliki bangsa Indo-nesia sejak dahulu dan mencerminkan rasa persatuan kesatuan adalah....
a. ramah tamah dan murah senyum
b. tekun dan semangat kerja
c. kekeluargaan dan gotong royong
d. suka membantu orang lain Jawab:c
Pembahasan:
Kekeluargaan dan gotong royong sudah dimiliki bangsa Indonesia sejak dahulu dan mencerminkan rasa persatuan kesatuan.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa tujuan membina kerukunan?
Jawab: Agar tercipta kebahagiaan lahir dan batin dan tercipta suasana aman,tenteram, dan damai.
2. Apa tantangan dan hambatan pembinaan kerukunan dalam masyarakat Indonesia?
Jawab: Keragaman kepentingan dan didominasi rasa kesukuan, keterbatasan komunikasi antara peme-
rintah dengan rakyat khususnya di daerah terpencil, berbagai ketimpangan dan kesenjangan
sosial, permasalahan yang muncul akibat perbedaan SARA, kemajuan iptek, dan era globalisasi
yang disalahgunakan sehingga merusak moral bangsa, budaya paternalistik, dan sikap mental
feodal.
3. Apa yang terjadi jika kita tidak dapat menghargai orang lain? Jawab: Kita akan dimusuhi orang lain dan kerukunan tidak dapat dijaga.
4. Apa manfaat hidup rukun?
Jawab: Hidup rukun dapat memberikan manfaat bagi kehidupan kita,antara lain hidup menjadi aman dan
damai, suasana menjadi tenang, dapat saling membantu sesama orang lain, serta terwujudnya
kemakmuran.
5. Apa akibatnya jika kita tidak dapat menerapkan hidup rukun?
Jawab: Akibatnya kehidupan masyarakat menjadi kacau dan tidak tenteram.
Bahasa Indonesia
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Iklan yang sering kita jumpai di majalah disebut dengan iklan....
a. elektronik
b. media cetak
c. niaga
d. layanan masyarakat
Jawab:b
Pembahasan:
Majalah merupakan salah satu contoh media cetak yang di dalamnya terdapat berbagai macam bacaan. Oleh karena itu,iklan dari majalah disebut iklan media cetak.
Perhatikan iklan berikut untuk menjawab soal nomor 2 dan 3!
2. Iklan tersebut menawarkan....
a. sabun mandi merek Clean &Clear
b. sabun wajah merek Clean &Clear
c. sampo merek Clean &Clear
d. sabun cuci merek Clean &Clear
Jawab:b
Pembahasan:
Iklan tersebut menawarkan sabun wajah merek Clean &Clear.
3. Kelebihan produk yang ditawarkan iklan tersebut adalah....
a. murah
b. mudah ditemukan
c. mencerahkan dan menghilangkan jerawat
d. membuat kulit lembut
Jawab:c
Pembahasan:
Produk yang ditawarkan iklan tersebut dapat mencerahkan dan menghilangkan jerawat.
4. Perhatikan iklan berikut!
Unsur iklan yang tidak terdapat pada iklan di atas adalah....
a. nama produk
b. harga produk
C. keunggulan produk
d. kalimat iklan
Jawab:b
Pembahasan:
Unsur-unsur iklan, antara lain nama produk, gambar yang menarik,kalimatiklan,keunggulan produk, harga produk, nomor telepon,dan alamat pengiklan. Adapun pada iklan tersebut tidak memiliki unsur harga produk, nomor telepon, dan alamat pengiklan.
5. Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri iklan yang baik....
a. menggunakan kata konotasi positif
b. menjelaskan kelebihan produk secara terperinci dan lengkap
c. menggunakan bahasa yang me-mikat dan memiliki daya sugesti
d. isinya bersifat objektif,jujur,singkat, jelas,dan menarik
Jawab:b
Pembahasan:
Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Menggunakan bahasa yang singkat,padat, dan jelas.
b. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
c. Menggunakan kata konotasi positif.
d. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat,jelas, dan menarik.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan iklan?
Jawab: Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa.
2. Apa tujuan pembuatan iklan sepatu yang bermerek Pelita?
Jawab: Untuk menawarkan atau mempromosikan sepatu yang bermerek Pelita.
3. Sebutkan jenis iklan dalam surat kabar berdasarkan ruangnya!
Jawab: Berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, dan iklan dikenal dalam dua bentuk,yaitu iklan baris dan iklan kolom.
4. Sebutkan contoh iklan media cetak!
Jawab: Iklan lowongan pekerjaan, iklan barang,dan jasa.
5.Bagaimana agar pemberitahuan dalam iklan dapat dibaca dengan baik oleh masyarakat?
Jawab: Agar pemberitahuan dalam iklan dapat dibaca dengan baik oleh masyarakat maka pembuatan iklan harus dibuat dengan jelas dan semenarik mungkin.
IPA
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Campuran dapat dibedakan menjadi
a. campuran homogen dan heterogen
b. unsur dan senyawa
c. materi dan unsur
d. campuran tunggal dan campuran senyawa
Jawab:a
Pembahasan:
Zat campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal.Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan heterogen.
2. Segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa disebut....
a. unsur
b. senyawa
c. campuran
d. materi
Jawab: d
Pembahasan:
Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi zat tunggal dan campuran.
3. Zat tunggal berupa....
a. campuran homogen dan campuran heterogen
b. unsur dan senyawa
c. materi dan unsur
d. campuran tunggal dan campuran senyawa
Jawab:b
Pembahasan:
Zat tunggal merupakan zat yang terdiri atas materi sejenis. Zat tunggal berupa unsur senyawa.Contoh benda yang termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.
4.Sirop dan perunggu tergolong....
a. unsur
b. senyawa
c. campuran heterogen
d. campuran homogen
Jawab:d
Pembahasan:
Campuran homogen merupakan campuran di-mana zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen,zat penyusunnya tidak dapat dibedakan. Contoh,air garam,sirop, udara,perunggu,dan kuningan.
5. Pada campuran heterogen,zat pe-nyusunnya....
a. masih dapat dibedakan
b. tidak dapat dibedakan
c.tercampur sempurna
d. kehilangan sifatnya
Jawab:a
Pembahasan:
Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna.Pada campuran heterogen,zat penyusunnya masih dapat dibedakan.Contoh, campuran air dengan kopi,air dengan tepung. dan air dengan pasir.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Mengapa oksigen termasuk zat tunggal?
Jawab: Karena oksigen terdiri atas materi sejenis,yaitu O2.
2. Bagaimana sifat zat penyusun pada campuran homogen?
Jawab: Pada campuran homogen,zat penyusunnya tidak dapat dibedakan.
3. Apa yang dimaksud campuran heterogen?
Jawab: Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempuma
4. Mengapa cincin emas tergolong campuran?
Jawab: Kareha emas yang akan dibentuk cincin dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat,20 karat,atau 18 karat.
5. Apa yang terjadi jika campuran heterogen didiamkan?
Jawab: Akan terdapat endapan sehingga zat penyusunnya dapat dibedakan.
IPS
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu....
a. Samudra Hindia dan Samudra Artik
b. Samudra Hindia dan Samudra Pa-sifik
c. Samudra Atlantik dan Samudra Pa-sifik
d. Samudra Atlantik dan Samudra Artik
Jawab:b
Pembahasan:
Letak geografis adalah letak atau posisi suatu wilayah ditinjau dari kenyataannya di muka bumi berkaitan dengan letak relatif suatu wilayah terhadap wilayah lain di sekitarnya.Secara geografis,Indonesia terletak di antara dua benua,yaitu Benua Australia dan Asia serta dua samudra,yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
2. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki letak yang strategis jika dilihat dari letak....
a. geografis
b. astronomis
c. geologis
d. meteorologis
Jawab a
Secara geografis,Indonesia terletak di antara dua benua,yaitu Benua Australia dan Asia serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki letak yang strategis jika dilihat dari letak geografisnya.
3. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar....
a. 15°
c. 30°
b. 1°
d.10°
Jawab:b
Pembahasan:
Garis bujur adalah garis yang membagi bumi menjadi dua, yaitu bagian barat dan timur.Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua,yaitu bujur barat (BB)dan bujur timur (BT).
4. Nelayan merupakan mata pencaharian di daerah....
a. pegunungan
b. dataran tinggi
c. plato
d. pantai
Jawab:d
Pembahasan:
Sebagian besar penduduk yang tinggal di daerah sekitar pantai bermata pencaharian sebagai nelayan ikan.
5. Demi kelangsungan hidupnya, manusia harus beradaptasi dengan....
a. alam dan ketampakan alam tempat ia tinggal
b. pekerjaan dan gaya hidup
c. uang yang dimilikinya
d. perkembangan zaman
Jawab:a
Pembahasan:
Manusia dan lingkungannya merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Demi kelangsungan hidupnya,manusia harus beradaptasi dengan alam dan ketampakan alam tempat ia tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan,peralatan rumah tangga,dan teknologi.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan letak geografis?
Jawab: Letak geografis adalah letak atau posisi suatu wilayah ditinjau dari kenyataannyadi muka bumi berkaitan dengan letak relatif suatu wilayah terhadap wilayah lain di sekitarnya.
2. Jelaskan letak Indonesia secara geografis!
Jawab: Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Australia dan Asia
serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia merupakan negara
kepรบlauan yang memiliki letak yang strategis jika dilihat dari letak geografisnya.
3. Apa yang dimaksud dengan letak astronomis?
Jawab: Letak atronomis adalah letak suatu wilayah dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang.
4. Apa yang dimaksud dengan garis lintang?
Jawab: Garis lintang adalah garis khayal yang digunakan untuk menentukan lokasi di Bumi terhadap garis khatulistiwa (utara dan selatan).
SBdP
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1. Lagu yang memberi kesan gembira dan lincah menggunakan tangga nada....
a. pelog
b. slendro
c. diatonis
d. mayor minor
Jawab:b
Pembahasan:
Tangga nada slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada do -re-mi-sol-la. Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi kesan gembira dan lincah.Salah satu contoh lagu dengan tangga nada slendro ini adalah lagu Cublak-Cublak Suweng dari daerah Jawa Tengah.
2. Lagu “Gundhul-Gundhul Pacul" meng-gunakan tangga nada pentatonis jenis
a. pelog
b. slendro
c. diatonis
d. mayor minor
Jawab:a
Pembahasan:
Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do-mi-fa-sol-si.Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul-Gundhul Pacul dari Jawa Tengah.
3. Nada yang dimainkan dengan tangga nada diatonis mayor pada umumnya bersifat....
a. gembira
b. sedih
c. haru
d.marah
Jawab:a
Pembahasan:
Tangga nada mayor adalah tangga nada yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1-1/2 1-1-1-1/2. Nada yang dimainkan bersifat gembira dan bersemangat. Contoh lagu yang bertangga nada mayor,antara lain Maju Tak Gentar,Halo-Halo Bandung,Dari Sabang sampai Merauke,dan Garuda Pancasila.
4. Berikut alat musik yang dimainkan dengan tangga nada diatonis adalah....
c. bonang
a. gendang
a. gendang
d. piano
b. kenong
Jawab:d
Pembahasan:
Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada, yaitu satu dan setengah. Beberapa alat musik seperti piano dan organ memiliki sistem tangga nada diatonis.
5. Tangga nada yang biasanya meng-gunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do-mi-fa-sol-si adalah....
a. tangga nada mayor
b. tangga nada minor
c. tangga nada pelog
d. tangga nada slendro
Jawab:c
Pembahasan:
Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan nada yang berbunyi seperti nada-nada do-mi-fa-sol-si. Salah satu lagu daerah yang menggunakan tangga nada ini adalah lagu Gundhul-Gundhul Pacul dari Jawa Tengah.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Bagaimana nada yang dimainkan pada tangga nada mayor?
Jawab: Nada yang dimainkan tangga nada mayor bersifat gembira dan bersemangat.
2. Apa yang dimaksud dengan tangga nada minor?
Jawab: Tangga nada minor adalah tangga nada yang susunan nada-nadanya berjarak 1-1/2-1-1-1/2 -1-1. Nada yang dimainkan bersifat sedih dan tidak bersemangat.
3. Bagaimana urutan nada dalam tangga nada?
Jawab: Urutan nada dalam tangga disusun secara berurutan,misalnya do,re,mi,fa,sol, la, si, do.
4. Sebutkan dua jenis tangga nada!
Jawab: Tangga nada diatonis dan pentatonis.
5. Sebutkan lagu yang bertangga nada diatonis minor!
Jawab: Contoh lagu yang bertangga nada minor,antara lain Syukur,Gugur Bunga,dan Tuhan.
๐๐๐Downoad Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 dan Kunci Jawaban๐๐๐
Keyword:
soal tema 9 subtema 1 kelas 5 heyulita soal kelas 5 tema 9 subtema 2 soal tema 9 kelas 5 pdf penilaian harian tema 9 subtema 1 kelas 5 soal ipa tema 9 subtema 1 kelas 5 soal ips kelas 5 tema 9 dan kunci jawaban download soal tema 9 kelas 5 dan kunci jawaban soal dan kunci jawaban tema 9 subtema 1
0 Response to "Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 1 dan Kunci Jawaban"
Post a Comment