Soal dan Kunci Jawaban Tema 9 Subtema 3 Kelas 5

Selamat datang adik-adik yang sedang mencari latihan soal untuk menghadapi ulangan di sekolah! Kali ini, Kakak akan membagikan soal latihan yang sangat bermanfaat untukmu. Soal ini dibuat dari mata pelajaran Tematik tentang pembahasan tema 9 subtema 3 yang berjudul Benda-benda di Sekitar Kita. Soal ini cocok digunakan sebagai latihan di rumah.

Soal ini terdiri dari 2 bagian, yaitu pilihan ganda dan uraian. Namun sebelum kita membahas soal tersebut, mari kita lihat terlebih dahulu subtema-subtema dari Tema 9 Kelas 5 SD. Ada 4 subtema yang harus kamu pelajari, yaitu Subtema 1: Benda Tunggal dan Campuran, Subtema 2: Benda dalam Kegiatan Ekonomi, Subtema 3: Manusia dan Benda di Lingkungannya, dan Subtema 4: Kegiatan Berbasis Literasi.
Soal dan Kunci Jawaban Tema 9 Subtema 3 Kelas 5

Namun pada kali ini, kita akan fokus pada subtema 3 dari Tema 9 Kelas 5 SD, yaitu Manusia dan Benda di Lingkungannya. Materi yang akan kamu pelajari adalah jenis-jenis iklan, karakteristik jenis-jenis iklan, iklan elektronik, bahasa iklan, keragaman jenis pekerjaan dan usaha di Indonesia, manfaat kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan, peran pemerintah dalam persatuan dan kesatuan bangsa, perilaku persatuan dan kesatuan, pentingnya kerukunan, manfaat zat tunggal dan campuran, serta campuran homogen serta heterogen di kehidupan sehari-hari dan langkah-langkah pembuatan batik.

Baiklah, sekarang saatnya kita membahas soal latihan Tema 9 Kelas 5 SD berjudul Benda-benda di Sekitar Kita Subtema 3 tentang Manusia dan Benda di Lingkungannya. Soal ini terdiri dari pilihan ganda dan uraian. Berikut ini adalah soal dan kunci jawaban yang harus kamu pelajari:

Contoh Soal dan Jawaban Kelas 5 Tema 9 Subtema 3

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Berikut ini kegiatan yang dapat mem-pererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah adalah....
a. mengolok teman yang berbeda suku
b. menjelek-jelekkan agama teman yang berbeda
c. mengadakan belajar bersama
d. bertengkar dengan teman
Jawab:c
Pembahasan:
Mengadakan belajar bersama dapat mempererat persatuan dan kesatuan antarwarga sekolah.
2. Menjaga kerukunan hidup bermasya-rakat dapat dilakukan dengan cara....
a. mencari dukungan dari negara lain
b. menjaga keutuhan bangsa dan negara
c. mencari keuntungan negara
d. mencapai memperkaya diri
Jawab:b
Pembahasan:
Menjaga keutuhan bangsa.dan negara dapat dilakukan dengan cara menjaga kerukunan dalam hidup bermasyarakat.
3. Banu kalah dalam pemilihan ketua kelas. Banu menerima keputusan ter-sebut. Sikap Banu yang menunjukkan persatuan dan kesatuan adalah....
a. marah
b. memberi selamat kepada teman yang terpilih
c. meminta pemilihan ulang
d. tidak terima
Jawab:b
Pembahasan:
Sikap Banu yang menunjukkan persatuan dan kesatuan adalah memberi selamat kepada teman yang terpilih. Sikap tersebut dapat menjaga kerukunan.
4. Kegiatan-kegiatan berikut yang dapat memupuk rasa kerukunan antarmasya-rakat adalah....
a. mencorat coret tembok tetangga
b. bekerja dengan giat
c. mengikuti kegiatan di RT
d. menggunjing tetangga
Jawab:c
Pembahasan:
Mengikuti kegiatan di RT dapat memupuk rasa kerukunan antarmasyarakat.
5. Banu terjatuh dari sepeda. Budi yang melihatnya segera menolongnya. Budi menerapkan sikap....
a. persatuan dan kesatuan
b. tekun dan semangat kerja
c. kerja keras
d. individualis
Jawab:a
Pembahasan:
Menolong teman merupakan wujud penerapan persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, Budi telah menerapkan persatuan dan kesatuan karena telah menolong temannya yang jatuh.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Mengapa kita harus menjaga persatuan dan kesatuan?
Jawab: Kita menjaga persatuan dan kesatuan agar hidup damai, tenang, dan harmonis.
2. Bagaimana sikapmu jika temanmu yang berbeda agama melakukan ibadah? Jawab: Jawaban siswa:
Misal: Saya menghormatinya.
3. Mengapa kita harus menjaga kerukunan dengan tetangga?
Jawab: Dengan tetangga kita harus berperilaku hidup rukun karena mereka adalah keluarga di sekitar rumah. Selain itu, kita juga dapat hidup nyaman tinggal di lingkungan masyarakat.
4. Apa saja penyebab persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga tidak dapat terwujud? Jawab: Penyebab persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga tidak dapat terwujud dikarenakan hal-hal berikut.
a. Tidak rukun dengan adik atau kakak.
b. Tidak menghormati anggota keluarga lain.
C. Kurangnya keakraban di dalam keluarga.
5. Apa saja penyebab persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat tidak dapat ter-wujud?
Jawab: Penyebab persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat tidak dapat terwujud dikarenakan hal-hal berikut.
a. Kurangnya rasa empati dengan orang di sekitar yang mengalami penderitaan.
b. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing lebih diutamakan dalam masyarakat.
C. Selau berpikiran buruk dengan tetangga.


Bahasa Indonesia
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Pelembut pakaian So Soft memberikan kenyamanan dan kelembutan bagi pakaian. Kalimat iklan di atas menunjukkan iklan tersebut memiliki tujuan....
a. mengimbau masyarakat untuk selektif memilih pakaian
b. memberitahukan bahwa produk memiliki kekurangan
c. memengaruhi masyarakat supaya ingin membeli produk yang ditawarkan
d. melarang masyarakat menggunakan produk dalam iklan
Jawab:c
Pembahasan:
Iklan dibuat karena memiliki tujuan sebagai berikut.
a. Memberitahukan kepada masyarakat tentang barang atau jasa yang ditawarkan.
b. Untuk mengajak masyarakat supaya membeli produk yang ditawarkan.
c. Untuk memengaruhi masyarakat supaya ingin membeli produk yang ditawarkan.
2. Berikut ini contoh kalimat iklan yang baik adalah....
a. Sporti sepatu anak sekolah dengan harga mahal
b. Inovasi terbaru susu Matahari dengan harga murah, tetapi kualitas kurang baik
C.Gigident membuat gigi Anda semakin cemerlang
d. Wafer Kres dengan sedikit pilihan rasa
Jawab: c
Pembahasan:
Ciri-ciri iklan yang baik dan benar,yaitu isi iklan objektif dan jujur, isi iklan singkat dan jelas,tidak menyinggung perasaan golongan masyarakat atau produsen lainnya, menarik perhatian, bahasa mudah dipahami, komunikatif, dan diingat, serta bahasa bermakna positif yang bisa memengaruhi dan meyakinkan khalayak ramai. Oleh karena itu, kalimat iklan yang baik ditunjukkan pilihan c.
3. Berikut ini yang bukan merupakan salah satu unsur iklan adalah....
a. kelemahan produk
b. kalimat iklan
c. harga produk
d. kontak yang bisa dihubungi
Jawab:a
Pembahasan:
Adapun unsur-unsur iklan pada umumnya sebagai berikut.
a. Kepala iklan,yang berupa rangkaian kalimat pendek dan sering kali berupa slogan.
b. Subjudul, untuk menjabarkan lebih jauh pesan yang terdapat dalam judul.
c. Teks iklan, isi iklan atau naskah iklan.
d. Ada beberapa iklan yang mencantumkan harga produk atau jasa yang ditawarkan.
e. Ada beberapa iklan yang mencantumkan nama,alamat, atau kontak yang bisa dihubungi.
f. Gambar atau ilustrasi jika diperlukan.
4. Perhatikan iklan di bawah ini!
Iklan di atas tergolong....
a. iklan penawaran
b. iklan penjualan
c. iklan layanan sosial
d. iklan pemberitahuan
Jawab:d
Pembahasan:
Contoh iklan pengumuman atau pemberitahu-an,antara lain iklan duka cita dan berita kehilangan.
5. Berdasarkan isinya, iklan elektronik dibedakan menjadi...jenis.
a. dua
b. tiga
c. empat
d. lima
Jawab:b
Pembahasan:
Ada 3 jenis iklan elektronik berdasarkan isinya, yaitu iklan komersial, iklan perusahaan, iklan layanan masyarakat.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Berapa lama durasi iklan yang disiarkan melalui media radio?
Jawab: Iklan yang disiarkan melalui media radio, memiliki durasi yang hampir sama dengan iklan televisi namun hanya berisi suara/audio saja.
2. Jelaskan yang kamu ketahui tentang iklan televisi!
Jawab: Iklan televisi merupakan iklan yang ditayangkan melalui media televisi, iklan ini berisi gambar dan suara dalam bentuk audio-video yang biasanya memiliki durasi sekitar 15-30 detik.
3. Jelaskan secara singkat perbedaan iklan baris dan iklan kolom!
Jawab: Iklan baris adalah iklansingkat yang hanya terdiri atas beberapa baris di dalam sebuah kolom.
Iklan kolom merupakaniklan pada media cetak yang berupa gabungan ilustrasi atau foto dan
kata-kata.
4. Apa yang dimaksud dengan iklan komersial?
Jawab: lklan komersial adalah iklan yang menginformasikan produk barang atau jasa yang ditawarkan oleh pemasar.
5. Apa tujuan iklan perusahaan?
Jawab: Meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat.


IPA
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Biasanya zat cair ditetapkan sebagai
a. zat terlarut
b. zat pelarut
c. zat tunggal
d. zat campuran
Jawab:b
Pembahasan:
Zat pelarut adalah zat yang jumlahnya lebih banyak daripada zat terlarut. Wujud zat yang bercampur dapat digunakan untuk menentukan pelarut dan terlarut. Biasanya zat cair ditetapkan sebagai pelarut, sedangkan zat padat sebagai zat terlarut.
2. Zat tunggal yang dapat diuraikan secara kimia menjadi unsur-unsur penyusunnya adalah....
a. unsur
b. senyawa
c. heterogen
d. homogen
Jawab:b
Pembahasan:
Senyawa adalah zat tunggal yang dapat diuraikan secara kimia menjadi unsur-unsur penyusunnya.Senyawa terdiri atas dua atau lebih unsur penyusun. Sifat-sifat senyawa jauh berbeda dari sifat-sifat unsur penyusunnya.
3. Gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali adalah....
a. zat tunggal
b. campuran
c. unsur
d. senyawa
Jawab:b
Pembahasan:
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang sifat asalnya tidak hilang sama sekali. Udara diklasifikasikan dalam campuran, yaitu campuran berbagai macam gas. Beberapa contoh lain campuran adalah air laut, air sungai yang kotor, air kopi, air teh, sirop buah, baja, kuningan,dan tanah.
4. Unsur dan senyawa merupakan....
a. zat tunggal
b. campuran
c. heterogen
d. homogen
Jawab:a
Pembahasan:
Zat tunggal adalah zat yang seluruh bagiannya mempunyai sifat dan susunan sama.Zat tunggal dapat berbentuk unsur dan senyawa. Contoh zat tunggal,antara lain besi, air,dan gas karbon dioksida.
5. Berikut yang merupakan unsur non-logam adalah....
a. emasa.
b. besi
c.hidrogen
d.seng
Jawab:c
Pembahasan:
Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa. Pada dasarnya,unsur dibagi menjadi dua kelompok, yaitu unsur logam dan nonlogam. Contoh unsur logam,antara lain emas,besi,dan seng.Contoh unsur nonlogam,antara lain karbon,oksigen, hidrogen,belerang, dan kalsium.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan unsur?
Jawab: Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat-zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia biasa.
2. Sebutkan contoh zat tunggal!
Jawab: Contoh zat tunggal, antara lain besi, air, dan gas karbon dioksida.
3. Mengapa air tergolong senyawa?
Jawab: Senyawa air tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen. Air berwujud cair, sedangkan hidrogen
dan oksigen berbentuk gas. Air tidak dapat terbakar, sedangkan hidrogen dan oksigen mudah
terbakar.
4. Sebutkan ciri-ciri campuran homogen!
Jawab: Berikut ciri-ciri campuran homogen.
a. Ukuran partikel zat yang bercampur berukuran molekul.
b. Partikel-partikel zat yang bercampur akan tercampur merata.
c. Campuran tidak akan mengendap jika didiamkan (tidak diaduk).
d. Bening dan tembus cahaya.
5. Apa yang digunakan untuk menentukan pelarut dan terlarut pada campuran?
Jawab:Wujud zat yang bercampur dapat digunakan untuk menentukan pelarut dan terlarut. Biasanya
zat cair ditetapkan sebagai pelarut, sedangkan zat padat sebagai zat terlarut. Pada campuran
minuman sirop,air putih sebagai pelarut sedangkan sirop sebagai zat terlarut.


IPS
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Berikut yang merupakan tujuan konsumsi adalah....
a. memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen
b. untuk memenuhi kebutuhan hidup secara maksimal
c. mencari keuntungan
d. meningkatkan modal usaha
Jawab:b
Pembahasan:
Tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara maksimal dan dapat memperoleh kepuasan setinggi-tingginya atas penggunaan barang atau jasa.
2. Berikut yang merupakan kegiatan konsumsi adalah....
a. membuat sepeda lipat
b. menjual ikan asin di pasar
c. mengangkut sayur dari perkebunan
d. membeli mi ayam di warung dekat sekolah
Jawab:d
Pembahasan:
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan dari proses produksi untuk memenuhi kebutuhan sehingga barang atau jasa tersebut secara berangsur-angsur atau langsung habis.
3. Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk....
a. mendapat teman yang banyak
b. mencegah perselisihan
c. tercipta persatuan dan kesatuan
d. mencapai kemakmuran dan kese-jahteraan
Jawab:d
Pembahasan:
Dalam kegiatan ekonomi, interaksi yang baik dengan orang lain sangat diperlukan agar pemenuhan kebutuhan berjalan dengan baik. Oleh karena itu, persatuan dan kesatuan antar-masyarakat perlu dijaga. Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan.
4. Petani menanam sawah untuk....
a. menyalurkan hobinya
b. memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen
c. untuk mencapai kehidupan yang harmonis
d. mendapatkan kebutuhannya dari produsen
Jawab:b
Pembahasan:
Kegiatan petani merupakan kegiatan produksi. Kegiatan produksi memiliki beberapa tujuan, antara lain memenuhi kebutuhan masyarakat atau konsumen,mencari keuntungan,meningkatkan modal usaha,dan mempertahankan kelanjutan usaha.
5. Penyaluran barang kepada pemakai disebut....
a. produksi
b. konsumsi
c. distribusi
d. kolusi
Jawab:c
Pembahasan:
Distribusi artinya penyaluran barang kepada pemakai atau konsumen. Pihak yang men-distribusikan hasil produksi disebut distributor.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud dengan produksi dan produsen?
Jawab: Produksi ialah kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan usaha manusia dalam meningkatkan
nilai guna suatu barang atau jasa jasa. Pihak yang melakukan kegiatan produksi disebut
produsen.
2. Apa saja tujuan produksi?
Jawab: Kegiatan produksi memiliki beberapa tujuan, antara lain memenuhi kebutuhan masyarakat atau
konsumen,mencari keuntungan, meningkatkan modal usaha, dan mempertahankan kelanjutan
usaha.
3. Sebutkan tujuan kegiatan distribusi!
Jawab: Tujuan kegiatan distribusi, antara lain menyampaikan barang/jasa dari produsen ke konsumen,
mempercepat sampainya hasil produksi kepada konsumen, tercapainya pemerataan produksi,
menjaga keseimbangan produksi, memperbesar dan meningkatkan kualitas dan kuantitas
produksi, serta mencari nilai guna/jasa.
4. Apa yang dimaksud dengan kegiatan konsumsi?
Jawab: Konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau memakai barang atau jasa yang dihasilkan
dari proses produksi untuk memenuhi kebutuhan sehingga barang atau jasa tersebut secara
berangsur-angsur atau langsung habis.
5. Bagaimana pengaruh kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang dilakukan masyarakat terhadap kesejahteraan masyarakat?
Jawab: Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang dilakukan masyarakat sangat berpengaruh
terhadap kesejahteraan masyarakat. Semakin maju kegiatan ekonomi dalam suatu negara,
tingkat kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan arus peredaran
uang, barang, dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin lancar.


SbdP
A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!

1. Berikut ini yang merupakan seni rupa terapan adalah....
a. gambar
b. tekstil
c. patung
d. lukisan
Jawab:b
Pembahasan:
Karya seni rupa memiliki berbagai fungsi sesuai keinginan penciptanya maupun penikmatnya. Berdasarkan fungsi dan maknanya, karya seni rupa terbagi menjadi berikut.
a. Seni rupa murni, yaitu karya seni yang hanya untuk dinikmati nilai keindahannya saja. Contohnya, patung dan lukisan.
b. Seni rupa terapan, yaitu seni rupa yang memiliki nilai kegunaan (fungsional) sekaligus memiliki nilai seni. Misalnya, furnitur, tekstil, dan keramik.
2. Berikut ini yang merupakan karya seni rupa daerah tiga dimensi adalah....
a. kain batik
b. kain tenun
c. wayang kulit
d. gerabah
Jawab:d
Pembahasan:
Berdasarkan wujud fisiknya, karya seni rupa daerah dapat digolongkan menjadi dua,sebagai berikut.
a. Karya seni rupa dua dimensi, yaitu karya seni rupa yang mempunyai ukuran panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat dari satu arah. Misalnya,wayang kulit dan kain tenun.
b. Karya seni rupa tiga dimensi, yaitu karya seni rupa yang dapat dilihat dari segala arah dan memiliki volume (ruang). Misalnya, gerabah, ukiran kayu, serta patung.
3. Corak dan motif seni daerah masyarakat pesisir pantai,biasanya akan lebih didominasi dengan bentuk seni rupa motif berikut....
a. buah
b. ikan
c. pepohonan
d. bunga
Jawab: b
Pembahasan:
Corak dan motif seni daerah masyarakat pesisir pantai,biasanya akan lebih didominasi dengan bentuk seni rupa bermotif ikan, gelombang laut, karang, dan kapal. Sementara daerah masyarakat pegunungan,akan lebih didominasi dengan bentuk karya seni rupa bermotif buah, pepohonan,bunga,dan hewan-hewan.
4. Daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara adalah....
a. Nusa Tenggara Timur
b. Lampung
c. Kalimantan Barat
d. Jawa Tengah
Jawab:d
Pembahasan:
Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara.Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas dan sarat dengan filosofi.Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang.
5. Corak ragam hias batik Pekalongan banyak mendapat pengaruh dari....
a. Jepang
b. India
c. Arab
d. Tiongkok
Jawab:d
Pembahasan:
Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak ragam hias alami. Corak ragam hiasnya banyak mendapat pengaruh dari Tiongkok yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau,kuning,merah,dan merah muda,serta didominasi motif bunga (buketan).
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apa yang dimaksud seni rupa murni?
Jawab: Hasil karya seni untuk dinikmati keindahannya.
2. Ada berapa jenis seni rupa daerah berdasarkan bentuk dan wujudnya? Sebutkan! Jawab: Ada dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.
3. Apa yang kamu ketahui tentang teknik jumputan dalam membuat motif batik?
Jawab: Jumputan adalah salah satu teknik yang digunakan untuk memberi motif batik dengan cara mengikat kencang beberapa bagian kain yang kemudian dicelupkan pada pewarna pakaian.
4. Sebutkan motif batik Yogyakarta!
Jawab: Motif kawung, motif parang, dan motif nitik.
5. Sebutkan daerah penghasil batik di Jawa Tengah!
Jawab: Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang.


Demikianlah beberapa contoh soal latihan tema 9 kelas 5 SD berjudul Benda-benda di Sekitar Kita Subtema 3 tentang Manusia dan Benda di Lingkungannya. Semoga soal latihan ini dapat membantu kalian dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan di sekolah

💖💖👉Downoad Soal Kelas 5 Tema 9 Subtema 3 dan Kunci Jawaban👈💖💖

Keyword:
soal tema 9 kelas 5 subtema 4 soal bahasa indonesia kelas 5 tema 9 subtema 2 soal bahasa indonesia kd 3.4 tema 9 kelas 5 materi ips kelas 5 tema 9 subtema 3 soal ips kelas 5 tema 9 dan kunci jawaban soal tema 9 subtema 3 kelas 6 soal tema 9 kelas 5 dan kunci jawaban soal bahasa indonesia kelas 5 tema 9 subtema 1 soal tema 9 kelas 5 subtema 4 materi ips kelas 5 tema 9 subtema 3 soal tema 9 subtema 3 kelas 6 soal tema 9 kelas 5 dan kunci jawaban soal bahasa indonesia kelas 5 tema 9 subtema 2 soal bahasa indonesia kd 3.4 tema 9 kelas 5

0 Response to "Soal dan Kunci Jawaban Tema 9 Subtema 3 Kelas 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close