Penyebab dan Solusi Merahnya Residu Data Siswa di VervalPD

Verval PD: Penyebab dan Solusi Merahnya Data Siswa di Dapodik

Penyebab dan Solusi Merahnya Data Siswa di VervalPD

Verval PD (Pendataan Dapodik) adalah sistem yang digunakan untuk mengupdate dan memvalidasi data siswa di Indonesia. Sistem ini sering diperbarui bersamaan dengan rilis baru Dapodik, yang dapat menyebabkan beberapa data menjadi "residual", yang artinya tidak sesuai dengan data dalam registri penduduk nasional. Ini dapat menyebabkan masalah dalam mengajukan data untuk dana dan tujuan lainnya.

Apa yang Menyebabkan Data Siswa Menjadi Merah?

Salah satu penyebab utama data siswa menjadi merah adalah ketidakvalidan data desa dan kelurahan. Dalam Dapodik 2023, data desa dan kelurahan peserta didik harus diisi dengan benar agar tidak masuk dalam kategori residu.

Bagaimana Cara Login ke Verval PD

Untuk memperbaiki masalah ini, operator dapat log in ke Verval PD menggunakan akun SDM , memilih sekolah mereka, dan memvalidasi data desa dan kecamatan siswa.

Penyebab Merahnya Data di Verval PD

Penyebab utama data siswa menjadi merah di Verval PD http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ adalah karena tidak sesuainya data dengan data kependudukan nasional. Hal ini bisa terjadi ketika alamat desa dan kecamatan siswa belum diisi dengan benar atau tidak valid.

Solusi Merahnya Data di Verval PD

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk mengisi alamat desa dan kecamatan siswa dengan benar dan valid.

1. Masuk menu Peserta Didik

2. Pilih nama anak lalu klik menu Ubah
3. Pada bagian menu Desa/Kelurahan itu terisi alamat kecamatan dan kabupaten, maka kalian sekarang ketik nama desa/kelurahan dari siswa tersebut sesuai KK dan akan tersedia pilihan desa yang sesuai lalu pilih desa/kelurahan tersebut

4.Klik Simpan
5.Lakukan pada seluruh siswa di sekolah anda

Resiko dari Data Residu

Jika data siswa masuk residu  di verval pd, maka pengajuan NNISN atau PIP (Program Indonesia Pintar) akan sulit turun. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memperbaiki data yang merah di Verval PD.

0 Response to "Penyebab dan Solusi Merahnya Residu Data Siswa di VervalPD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close