Kumpulan Soal ANBK Literasi Level 3 kelas 5
Kumpulan Soal Simulasi AKM - ANBK Literasi kelas 5
Berikut merupakan soal- soal latihan AKM Literasi Level 3, untuk kelas 5 serta 6 Sekolah Dasar. Mudah- mudahan soal- soal ini bisa digunakan selaku bahan belajar dalam menghadapi Asesmen Nasional untuk kelas 5 Sekolah Dasar.Asesmen Nasional merupakan program evaluasi terhadap kualitas tiap sekolah, madrasah, serta program kesetaraan pada jenjang dasar serta menengah. Kualitas satuan pendidikan dinilai bersumber pada hasil belajar murid yang mendasar( literasi, numerasi, serta karakter) dan mutu proses belajar- mengajar serta iklim satuan pendidikan yang menunjang pembelajaran. Informasi- informasi tersebut diperoleh dari 3 instrumen utama, ialah Asesmen Kompetensi Minimum( AKM), Survei Karakter, serta Survei Lingkungan Belajar
Asesmen Nasional bertujuan buat menampilkan apa yang seha rusnya jadi tujuan utama sekolah, ialah pengembangan kompetensi serta karakter murid. Asesmen Nasional pula berikan cerminan tentang ciri esensial suatu sekolah yang efisien buat menggapai tujuan utama tersebut.
Dalam rangka mempersiapkan partisipan didik yang mempunyai kecakapan abad ke- 21, pemerintah akan melaksanakan Asesmen Kemampuan Minimum( AKM) pada tahun 2021. AKM meliputi asesmen pada literasi membaca serta numerasi, ialah asesmen pada kemampuan bernalar memakai bahasa( literasi membaca) serta asesmen kemampuan bernalar memakai matematika( numerasi).
Asesmen Nasional tidak mengambil alih kedudukan UN dalam mengevaluasi prestasi ataupun hasil belajar murid secara individual. Tetapi Asesmen Nasional mengambil alih kedudukan UN selaku sumber data buat memetakan serta mengevaluasi kualitas sistem pendidikan. Selaku perlengkapan buat mengevaluasi kualitas sistem, Asesmen Nasional akan menciptakan potret yang lebih utuh tentang mutu hasil belajar dan proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional hendak dirancang buat jadi" cermin" ataupun umpan balik yang bermanfaat untuk sekolah serta Dinas Pendidikan dalam proses penilaian diri serta perencanaan program.
Asesmen Nasional bertujuan tidak cuma memotret hasil belajar kognitif murid tetapi pula memotret hasil belajar sosial emosional. Asesmen nasional diharapkan bisa memotret perilaku, nilai, kepercayaan, dan sikap yang bisa memprediksi aksi serta kinerja murid di bermacam konteks yang relevan. Perihal ini berarti buat mengantarkan pesan kalau proses belajar- mengajar wajib meningkatkan kemampuan murid secara utuh baik kognitif ataupun non kognitif.
Soal Simulasi AKM - ANBK Literasi kelas 5
Putri raja yang manja
Suka berteriak keras sekali
Membuat punggawa dan dayang sakit hati
Hingga pada suatu ketika
Seekor burung Garuda hinggap di jendela kamarnya.
Suara Garuda keras sekali
Putri Cantika terbakar hati
Garuda mengajak Putri Cantika berlomba
Mengadu teriak di hutan rimba
Lomba pun dimulai
Saat itulah Putri Cantika terbangun dari mimpi
Untunglah ajakan Garuda hanya dalam mimpi
Sejak saat itu Putri Cantika tidak pernah berteriak lagi.
No 2
Tito membantu ibu membuat donat. Ibu mengambil sedikit adonan dan membentuknya menjadi bulat. Lalu memasukkannya ke dalam minyak panas. Ternyata adonan putih berubah menjadi kuning muda Inlu kuning keemasan! Ibu mengangkat donat yang sudah matang dan menabur bubuk gula di atasnya
"Wow, gulanya mencair saat menentuh donat yang panas!" kata Tito takjub
Kata ibu, es batu yang diletakkan di udara panas juga akan mencair
Tito memakan donat buatan ibu dengan lahap. Ia sangat senang
Rangkaian kegiatan memasak donat yang dilakukan oleh ibu dan Tito sangat menyenangkan. Tito terkesan dengan perubahan bentuk dari adonan berwarna putih menjadi kuning keemasan. Perubahan itu terjadi melalui proses memasak menggunakan alat memasak. Bantulah Tito untuk memasangkan alat memasak yang tepat sesuai proses kegiatan memasak donat!
No 3
"Permisi, boleh kami masuk ke dalam ya, Pak?"
"Boleh kami lihat kamar mandinya, Bu?"
Pagi itu sekelompok ibu berseragam biru menyapa warga di setiap rumah di Jalan Mustika
"Ibuuu ... ada pasukan birul' seru Nuha.
"Oh iya, hari ini minggu pekan kedua ya?" sahut ibu.
Eh, Nuhal" sapa Mbak Nurul, salah satu petugas berseragam biru itu. "Halamannya rapihl Wah, ada pohon serai untuk menghalau nyamuk jugal" Mbak Nurul memuji.
Ibu mempersilakan mbak Nurul masuk. Mereka pun langsung menuju kamar mandi. Keluar dari sana, Mbak Nurul mengacungkan ibu jarinya. Nuha tersenyum. Tak ada kartu kuning hari ini.
'Jangan lupa ikut Gerebek Jentik minggu depan ya, Bu?' pesan mbak Nurul sebelum meninggalkan rumah. Ibu menganggukkan kepala
"Apa Gerebek Jentik itu, Bu?" tanya Nuha.
"Oh, itu kerja bakti membersihkan selokan, taman dan lapangan agar tidak ada sarang nyamuk," jawab ibu, "Kita kan mau mencegah demam berdarah atau penyakit dari nyamuk lainnya," lanjutnya.
Rasanya Nuha tak sabar menunggu minggu depan.
Apa yang terjadi jika terdapat jentik di dalam bak mandi rumah Nuho? Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.
Pernyataan Rumah Nuha akan mendapat kartu kuning. (Benar/Salah)
Banyak nyamuk yang bersarang di rumah Nuha. (Benar/Salah)
Nuha dan keluarga akan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk (Benar/Salah)
No 4
Bagaimana perasaan Nuha saat mbak Nurul mengacungkan jari jempolnya setelah memeriksa kamar mandi?
Sedih, karena terdapat jentik di rumah Nuha.
Senang, karena kamar mandi rumah Nuha bebas jentik.
Terkejut, karena akan ada gerebek jentik.
No 5
Didin sering diledek teman-teman sekolahnya.
"Hei, pendekar bebek!
Tapi Didin tidak pernah marah.
Minggu pagi, aku mendatangi kampung Didin. Saat itu Didin sedang mencari keong mas di sawah. Keong-keong itu untuk makanan bebek.
"Aku dan kakakku memelihara 50 ekor bebek. Dari situlah biaya sekolah kami," ucap Didin.
Tepat pukul delapan aku ikut Didin ke rumah. Lalu membantunya mengeluarkan keong dari cangkangnya."Bebek kalau diberi makan keong akan bertelur 90%. Kalau tidak hanya bertelur 60%," kata Kakaknya Didin.
Setelah memberi makan bebek, kami pergi ke pasar mengantarkan telur bebek ke para pedagang. "Hebat, kamu meniang anak mandiri!" ujarku!
Didin tersenyum bahagia mendengar ucapanku.
Pasangkanlah perilaku tokoh dalam cerita dengan sifatnya yang sesuai!
No 6
Sari adalah siswa baru pindahan dari sekolah di Desa Cipeuteuy Rambutnya lurus dan diekor kuda kulitnya sawo matang dan seragamnya pun tidak baru.
Sari masuk kelas diantar Kepala Sekolah Setelah menyapa teman-temannya, Ia duduk di bangku belakang, satu-satunya bangku yang masih kosong.
Anak-anak mencuri pandang jika ada kesempatan. Sari serius mendengarkan pelajaran
Waktu istirahat tiba. Sari berdiri di pintu dan menyalami anakanak yang akan keluar kelas. Kenalkan, aku Sani Aku dijuluki Sang detektif oleh teman-teman Iamaku, katanya
Ketika mendengar itu. Merta berseru. Wah detektif Kumu pusti trisa membantuku. Baring-barangku sering hilang
Berikut ini adalah kejadian yang dialami Sari saat pindah di sekolah baru. Jodohkanlah pertanyaan di sisi kiri dengan jawaban di sisi kanan
No 7
Siang itu Ade merasa kegerahan. Ia ingin salad buah. Di dapur, Ade mengumpulkan peralatan yang akan digunakan.
Gambar 1
Dari lemari pendingin, ia mengeluarkan satu buah kiwi dan lima buah stroberi. Tak lupa pula sebotol yogurt bluberi dan sebotol madu. Di atas meja makan ada apel dan jeruk manis. Ade mengambil masing-masing satu buah.
Gambar 2
Ade mengupas buah apel dan kiwi, lalu memotongnya dengan hati-hati. Kemudian Ade membelah dua buah stroberi. Tentunya setelah stroberi dicuci bersih. Lalu ia mengupas jeruk. Semua potongan buah dimasukkan ke dalam wadah. Lalu Ade menambahkan tiga sendok makan yogurt bluberi dan satu sendok makan madu. Perlahan Ade mencampur semua bahan. Salad buah siap! Ade memandang saladnya dengan puas. Salad penuh nutrisi dan cantik seperti pelangi siap dinikmati.
Gambar 3
Ketik jawabanmul Seandainya Ade hanya mempunyai buah apel dan kiwi saja. Menurutmu, apakah gambar 3 pada teks di atas sesuai?
Tidak sesuai karena gambar 3 memiliki gambar strowbery dan Jeruk
Klik pada satu pilihan untuk setiap pernyataan! Pilihlah cara yang dilakukan Ade untuk menyiapkan buah-buahan berikut ini menjadi salad pelangi!
Apel : Membelah / Mengupas
Stroberi : Membelah / Mengupas
Jeruk : Membelah / Mengupas
No 8
Teks 1
Indonesia adalah negara penghasil sampah makanan terbesar kedua di dunia. Kira-kira per tahun 300 kg makanan dibuang oleh setiap orang di Indonesia. Bayangkan tumpukan 4000 kulit pisang. Seperti itu timbunan sampah makanan kita. Jumlah makanan yang terbuang itu bisa untuk memberi makan jutaan orang di negara ini. Padahal, masih ada berjuta anak! Indonesia yang menderita kelaparan dan gizi buruk. Salah satu sebab adanya limbah makanan adalah perilaku kurang bijak. Masih banyak orang Indonesia yang tidak menghabiskan makanannya atau membiarkan makanan hingga kadaluarsa. Kita harus mengubah sikap
Apa dampak perilaku tertib dalam mengonsumsi makanan bagi masyarakat?
Sedikit anak Indonesia yang kekurangan makanan.
Penyakit busung lapar tidak akan pernah ada di Indonesia.
Orang Indonesia sering membiarkan makanan kadaluarsa
Menghilangkan 300 kg sampah makanan
Keyword:
0 Response to "Kumpulan Soal ANBK Literasi Level 3 kelas 5"
Post a Comment