Alur Tujuan Pembelajaran/ATP PAI Fase A kelas 1
Alur Tujuan Pembelajaran/ATP PAI kelas 1. Pengertian Alur Tujuan Pembelajaran serta Bagaimana menyusun Alur Tujuan Pembelajaran( ATP). Alur Pembelajaran( AP) merupakan rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis serta logis di dalam fase secara utuh serta menurut urutan pembelajaran semenjak dini sampai akhir sesuatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari buat mengukur CP (Capaian Pembelajaran). Sebagaimana sudah dipaparkan pada posting lebih dahulu Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi yang diharapkan bisa dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A- F) ataupun tahapan yang meliputi segala jenjang pendidikan dasar serta menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut merupakan: Fase A (kelas 1–2), Fase B (kelas 3–4), Fase C (kelas 5- 6), Fase D (kelas 7- 9), Fase E (kelas 10), serta Fase F (kelas 11–12).Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran semenjak awal sampai akhir tiap fase dari sesuatu Capaian Pembelajaran. Alur ini jadi panduan guru serta siswa buat mencapai CP (Capaian Pembelajaran) di akhir fase tersebut. Dalam penyusunan tujuan pembelajaran wajib disusun secara kronologis bersumber pada urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Harus dipastikan TP dan ATP kurikulum merdeka yang dipetakan penuhi kriteria berikut ini:
Tujuan Pembelajaran yang sempurna terdiri dari dari 2 komponen berikut:
1. Kompetensi ialah kemampuan yang mencakup perilaku, pengetahuan, serta keahlian yang bisa didemonstrasikan oleh peserta didik yang menampilkan peserta didik sudah sukses menggapai tujuan pendidikan.
2. Konten ialah ilmu pengetahuan inti ataupun konsep utama yang butuh dimengerti di akhir satu unit pembelajaran.
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang wajib dipahami peserta didik
2. ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang linear dari awal sampai akhir fase.
3. ATP pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase serta jenjang
Panduan pembelajaran serta asesmen memberikan saran, yaitu:
1. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik merujuk pada kompetensi yang tercantum pada CP.
2. Merumuskan kalimat tujuan pembelajaran bisa mengambil rujukan dari bermacam sumber ataupun memadukan tujuan pembelajaran dari bermacam kurikulum.
3. Identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang bisa jadi terkait dengan kompetensi yang mau dicapai.
Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran selaku berikut:
1. Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang hendak dipetakan.
2. Identifikasi kompetensi- kompetensi yang wajib dipahami peserta didik pada fase tersebut.
3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan memikirkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari serta variasi keterampilan berpikir apa yang butuh dikuasai peserta didik buat menggapai tujuan pembelajaran.
4. Identifikasi elemen dan ataupun sub- elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diformulasikan.
5. Sesudah tujuan pendidikan dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan aktivitas pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
Harus dipastikan TP dan ATP kurikulum merdeka yang dipetakan penuhi kriteria berikut ini:
Tujuan Pembelajaran yang sempurna terdiri dari dari 2 komponen berikut:
1. Kompetensi ialah kemampuan yang mencakup perilaku, pengetahuan, serta keahlian yang bisa didemonstrasikan oleh peserta didik yang menampilkan peserta didik sudah sukses menggapai tujuan pendidikan.
2. Konten ialah ilmu pengetahuan inti ataupun konsep utama yang butuh dimengerti di akhir satu unit pembelajaran.
Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:
1. Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang wajib dipahami peserta didik
2. ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang linear dari awal sampai akhir fase.
3. ATP pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan serta tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase serta jenjang
Panduan pembelajaran serta asesmen memberikan saran, yaitu:
1. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran pendidik merujuk pada kompetensi yang tercantum pada CP.
2. Merumuskan kalimat tujuan pembelajaran bisa mengambil rujukan dari bermacam sumber ataupun memadukan tujuan pembelajaran dari bermacam kurikulum.
3. Identifikasi dimensi Profil Pelajar Pancasila yang bisa jadi terkait dengan kompetensi yang mau dicapai.
Prosedur Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran selaku berikut:
1. Melakukan analisis CP mata pelajaran pada fase yang hendak dipetakan.
2. Identifikasi kompetensi- kompetensi yang wajib dipahami peserta didik pada fase tersebut.
3. Rumuskan tujuan pembelajaran dengan memikirkan kompetensi yang akan dicapai, konten yang akan dipelajari serta variasi keterampilan berpikir apa yang butuh dikuasai peserta didik buat menggapai tujuan pembelajaran.
4. Identifikasi elemen dan ataupun sub- elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diformulasikan.
5. Sesudah tujuan pendidikan dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan aktivitas pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
📘📘Alur Tujuan Pembelajaran/ATP PAI kelas 1📙📙
Tag:
Alur Tujuan Pembelajaran/ATP PAI Fase A kelas 1. pelajaran agama islam kelas 1 sd modul pai kelas 1 pdf download modul pai sd kelas 1 modul pai sd kelas 1 6 pembelajaran daring pai sd kelas 1 bahan ajar pai kelas 1 sd kurikulum 2013 download modul pai sd semester 1 modul pai kelas 1 semester 2 atp agama islam kelas 1 sd semester 2 atp agama islam kelas 1 sd pdf atp agama islam kelas 1 sd semester 1 atp agama islam kelas 1 sd
0 Response to "Alur Tujuan Pembelajaran/ATP PAI Fase A kelas 1"
Post a Comment