Jawaban Soal Reviu Pembelajaran Modul 2 Analisa Perkembangan Otak Anak Melalui DDTK
MODUL 2. ANALISA PERKEMBANGAN OTAK ANAK MELALUI DDTK
2.7 Reviu Pembelajaran
Pendeteksian perbedaan yang mengarah pada temuan kecenderungan autis dilakukan pada anak :
a.kelompok usia 18 bulan hingga 36 bulan
b.kelompok usia 14 bulan hingga 26 bulan
c.kelompok usia 20 bulan hingga 40 bulan
d.kelompok usia 18 bulan hingga 40 bulan
Proses yang ditelusuri pada riwayat anak menggunakan perangkat deteksi dini tumbuh kembang:
a.Telusur riwayat
b.Assessment
c.DDTK analisa POA
d.SDIDTK
Hasil profil yang menunjukkan label terlambat akan membutuhkan proses :
a.peningkatan pengembangan pembelajaran Pengamatan pada pra-skrining perkembangan untuk mengetahui kemampuan perkembangan anak difokuskan pada kemampuan perkembangan geraknya, merupakan pengamatan berdasarkan
b.evaluasi dan telusur riwayat tumbuh kembang
c.mendampingan dan pengasuhan
d.pengulangan bermakna dengan kerja sama latihan rutin di rumah
Pengamatan pada pra-skrining perkembangan untuk mengetahui kemampuan perkembangan anak difokuskan pada kemampuan perkembangan geraknya, merupakan pengamatan berdasarkan :
a.pengelompokkan kuesioner KPSP
b.fisik motorik
c.pertumbuhan dan perkembangan
d.kemampuan fisik
Untuk memiliki sikap percaya diri pada anak usia dini diperlukan kerja otak ………
a.kematangan pada hirarki
b.mulai matang pada kendali refleks
c.telah matang pada hirarki sampai kelola emosi.
d.bukan merupakan hasil kendali otak ke tubuh.
Hasil pengisian kuesioner DDTK yang menunjukkan Riwayat perkembangan anak menunjukkan kondisi kematangan perkembangan otak anak yang perlu diamati dengan aktivitas lebih lanjut untuk mendapatkan data hambatan pada tahapan pematangannya untuk mengembangkan program stimulasi dukungan, dimasukkan dalam kategori penilaian ?
a.BSH dan BSB pada kelompok sesuai
b.BB pada kelompok terhambat,
c.kelompokkan pada label rujukan
d.MB pada kelompok terlambat,
Perkembangan sesuai pertambahan usia, hal ini dikenal dengan istilah:
a.Tumbuh
b.Tumbuh kembang
c.Kembang
d.Tugas mental
Kematangan fungsi otak pada dasar kognitif untuk memilih, memilah, mengurutkan prioritas dapat dilakukan berulang, menunjukkan kewajaran:
a.reaksi emosi diri
b.reaksi spontan
c.kemampuan kognitif
d.aksi reaksi
Untuk mendapatkan narasi dari hasil formula DDTK dilakukan dengan cara:
a.manual dan melalui aplikasi sistem informasi
b.telusur riwayat dan profiling
c.pencatatan dan penelusuran
d.pengisian form ddtk analisa POA
Hasil urutan yang disiplin pada pembiasaan pola hidup yang sudah melampaui dasar sistem sirkadian, menghasilkan cerminan perilaku:
a.Kebiasaan
b.Peradaban
c.Pembiasaan
d.Kemandirian
Anak yang memiliki kematangan fungsi kerja otak sanggup melakukan filter sensori yang sesuai dengan identifikasi emosi dan pengendalian peralihan emosi , maka dia berkemampuan…..
a.Perilaku sikap kerja sama
b.Egois
c.Reaksi emosi wajar.
d.Perilaku mandiri
Pada anak yang dapat mengikuti aktivitas yang bertujuan untuk peningkatan kesiapan belajar, maka potensi belajarnya menunjukkan :
a.Potensi hambatan perolehan pendampingan yang signifikan
b.Potensi telusur pengasuhan tumbuh kembangnya
c.Potensi mengembangkan potensi belajar
d.Potensi menggunakan program sehari-hari sesuai rencana pembelajaran
Keterangan penegasan dari pihak ahli di bidang tumbuh kembang anak atau ahli saraf anak, dibutuhkan pada level:
a.Sesuai
b.Terhambat
c.Terlambat
d.Rujukan
Cerminan perilaku kemandirian adalah hasil dari fungsi otak yang telah memiliki kemampuan mengukur besar tenaga pada gerak yang terarah, dibarengi dengan hasil urutan yang disiplin pada pembiasaan pola hidup yang …….
a.tepat mencapai dasar sistem sirkadian
b.melampaui dasar sistem sirkadian
c.sebelum mencapai dasar sistem sirkadian.
d.jauh sebelum mencapai dasar sistem sirkadian.
Hasil pengisian kuesioner DDTK yang menunjukkan riwayat perkembangan anak menampilkan kondisi pengendalian yang perlu diperhatikan akan berpotensi mengganggu terbentuknya atensi dalam kesiapan belajar, dimasukkan dalam kategori penilaian ?
a.kelompokkan pada label rujukan
b.BSH dan BSB pada kelompok sesuai.
c.MB pada kelompok terlambat,
d.BB pada kelompok terhambat,
Proses identifikasi simbol dengan multi kerja pada pengenalan nama/label, bunyi, kinestetik memori otot untuk membentuk simbol, merupakan….
a.Keaksaraan awal
b.Kendali emosi
c.Kendali gerak
d.Perilaku mandiri
Hasil pengisian kuesioner DDTK yang menunjukkan Riwayat perkembangan anak mencapai kematangan yang berpotensi cukup untuk kesiapan belajar, dimasukkan dalam kategori penilaian ?
a.BB pada kelompok terhambat,
b.kelompokkan pada label rujukan
c.BSH dan BSB pada kelompok sesuai
d.MB pada kelompok terlambat,
Menunjukkan reaksi emosi diri yang wajar dapat ditampilkan setelah kematangan fungsi otak pada dasar kognitif , yaitu
a.memilah, memilih,menganalisa prioritas dapat dilakukan berulang
b.memilih, memilah, mengurutkan tanpa prioritas dapat dilakukan berulang
c.memilih, memilah, mengurutkan prioritas dapat dilakukan berulang
d.memilih, memilah, mengurutkan prioritas tidak dapat dilakukan berulang
Proses yang ditelusuri pada riwayat anak menggunakan perangkat deteksi dini tumbuh kembang:
a.Assessment
b.DDTK analisa POA
c.Telusur riwayat
d.SDIDTK
Kumpulan Link Diklat Teknis Perkembangan Otak Anak Di SIMPKB
MODUL 1
Tes Awal Bimtek Ayo Guru Belajar Seri Perkembangan Otak Anak Seri PAUD (whynoto.blogspot.com)Soal Bahan Belajar Mandiri 1 Konsep Otak (whynoto.blogspot.com)Jawaban Soal Refleksi Pembelajaran Modul 1 Pengetahuan Perkembangan Otak Anak (whynoto.blogspot.com)
MODUL 2
MODUL 3
TES AKHIR
0 Response to "Jawaban Soal Reviu Pembelajaran Modul 2 Analisa Perkembangan Otak Anak Melalui DDTK"
Post a Comment