Mengatasi Masalah Akun Belajar ID Akun Anda Tidak Ditemukan
Mengatasi Masalah Akun Belajar ID Couldn't Find Your Google Account
Untuk mengetahui cara akun tersebut double apa tidak yaitu:
1. Download akun admin sekolah melalui pd.data.kemdikbud.go.id
2. Setalah di download dan buka file tersebut, kalian akan mendapatkan akun admin sekolah belajar.id, untuk mengelola semua akun belajar id di sekolah anda
3. Kemudian buka https://admin.google.com dan login menggunakan akun admin tadi
4. Setelah terbuka pilih Users
7. Setelah tekan enter, maka muncul hasil pencarian dan ternyata, yang muncul akun yang bermasalah tersebut adalah sebagai admin sekolah, padahal di hasil download pd.data.kemdikbud.go.id , akun tersebut adalah sebagai akun PTK
8. Dan pada hasil download Admin di pd.data.kemdikbud.go.id , akun tersebut bukan/tidak terdaftar sebagai admin sekolah
9. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengirim email ke helpdesk kemdikbud melalui email: pengaduan@kemdikbud.go.id
Dengan contoh format pengaduan sebagai berikut:
Subject: Pengaduan Akun Belajar
Selamat Pagi, kami Operator sekolah dari:
Sekolah : ....................
Desa : ....................
Kecamatan : ....................
Kabupaten :....................
NPSN :....................
Memiliki masalah tentang akun belajar id yaitu:
1. ....................@guru.sd.belajar.id , tidak ditemukan saat akan login ke Gmail
2. ....................@admin.sd.belajar.id, Password sudah pernah diganti dan Lupa yang terbaru
Mohon bantuannnya???
10. Atau kalian bisa melakukan pengaduan melalui link ini : http://ult.kemdikbud.go.id/
Kemudian keesokan harinya kami mendapatkan balasan dari Helpdesk Kemdikbud, dan intinya adalah membuat pengajuan surat permohonan aktivasi akun yang tidak ditemukan tadi. Dalam email tersebut juga dilampirkan format surat permohonan aktivasi akun
Kemudian kami buatkan surat permohonan aktivasi akun yang di tanda tangai oleh kepalas sekolah dan discan dalam bentuk pdf. Lalu kami kirimkan balasan email beserta lampiran surat permohonan aktivasi akun
Dan beberapa jam kemudian kami mendapat balasan dari helpdesk kemdikbud yang menyatakan akun tersebut sudah aktif kembali dan dikirimkan juga passwordnya
Saya dari guru SMP Negeri 2 Menjalin, akun pembelajaranku tidak bisa di temukan, gimana ini pak?
ReplyDeletecoba pengajuan lewat tombol bantuan belajar.i/kirim pengaduan email. kemudian doenload ulang akun ptk nya
Delete