Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

 Soal dan Jawaban Ulangan Harian Tema 3

Tema 3 : Makanan Sehat

Subtema 1 : Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan

Subtema 2 : Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh

Subtema 3 : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat


Kali ini, kami kembali akan membagikan soal untuk siswa kelas 5 SD. Bagi siswa kelas 5 yang akan mengikuti Penilaian Harian untuk Tema 3 Makanan Sehat, soal-soal berikut dapat kalian jadikan latihan.

Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat


PPKn

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b,c, atau d untuk jawaban yang paling tepat!

1. Berikut ini salah satu bentuk keragaman  budaya masyarakat Indonesia yaitu ... . 

a. kesenian daerah 

b. daerah tempat tinggal . 

c. warna kulit 

d. kegemaran 


2. Adat istiadat, tarian daerah, upacara adat, dan pakaian tradisional merupakan keragaman dalam hal ... . 

a. ekonomi 

b. budaya 

c. politik 

d. kebiasaan hidup


3. Keragaman suku bangsa dan kebudayaan di Indonesia merupakan ... .

a. hal yang membahayakan 

b. penyebab pertikaian warga 

C. faktor perpecahan bangsa 

d. kekayaan bangsa


4. Salah satu cara untuk membina persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat adalah .... 

a. merapikan tempat tidur setelah bangun tidur 

b. menolak diadakan kegiatan siskamling 

C. bergotong royong memperbaiki jalan kampung yang rusak 

d. melaksanakan piket membersihkan kelas 


5. Berikut ini sikap yang mencerminkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari yaitu ... . 

a. mengucilkan teman yang berbeda suku bangsa 

b. tidak mau satu kelompok dengan teman yang berbeda suku 

c. berteman dengan siapa saja 

d. hanya berteman dengan orang sesama suku saja


Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat! 


1. Sebutkan bentuk-bentuk keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia! 

2. Mengapa masyarakat kita senantiasa bekerja sama meskipun terdapat perbedaan-perbedaan? 

3. Apa yang akan terjadi jika masyarakat kita terpecah belah? 

4. Sebutkan sikap-sikap yang perlu dikembangkan untuk mewujudkan persatuan! 

5. Apa pentingnya sikap toleransi?


Bahasa Indonesia

Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

1. Tujuan dari iklan di atas adalah agar masyarakat....

a. menanam ketela 

b. membeli ketela 

C. mengonsumsi ketela 

d. mengurangi makan ketela 


2. Kalimat pada iklan dibuat menarik agar .... 

a. mudah dibaca orang banyak 

b. biaya pembuatannya murah 

C. menarik minat orang banyak untuk melihat atau membaca 

d. barang/jasa yang diiklankan laku


Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

Perhatikan iklan berikut untuk soal nomor 3 dan 4 

 3. Kalimat yang sesuai dengan iklan tersebut adalah .... 

a. Susu “Sehat” lezat dan segar rasanya, juga bermanfaat bagi tubuh. 

b. Susu “Sehat" enak rasanya, tetapi berpengaruh buruk bagi kesehatan tubuh.

C. Susu “Sehat” enak dan murah harganya. 

d. Susu “Sehat” kurang segar rasanya, tetapi kaya akan nutrisi.


4. Iklan tersebut bertujuan untuk .... 

a. mengajak hidup sehat 

b. menawarkan produk

C. menginformasikan suatu kegiatan 

d. mengumumkan suatu hal 


5. Supaya iklan layanan masyarakat efektif, maka pesan yang diinformasikan melalui iklan layanan masyarakat harus memperhatikan .... 

a. gaya penulisan dan bahasa yang digunakan 

b. alat dan bahan yang dipakai 

c. lokasi pembuatan iklan 

d. suasana di tempat pembuatan iklan


Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat! 


1. Kalimat dalam iklan haruslah bersifat persuasif. 

Jelaskan maksud pernyataan di atas! 

2. Apa perbedaan iklan media cetak dengan iklan media elektronik? 

3. Sebutkan karakteristik iklan media elektronik! 

4. Perhatikan iklan berikut! 

(1) Kini makan buah-buahan tidak perlu takut.

(2) Kami menyediakan buah-buahan organik. 

(3) Buah-buahan terjamin kualitasnya. 

(4) Aman dikonsumsi. 

(5) Ditanam dan dipetik oleh petani lokal. 

Buatlah kalimat yang sesuai dengan iklan di atas! 

5. Bagaimana cara membuat iklan yang efektif dan tepat sasaran?


Ilmu Pengetahuan Alam

1. Makanan yang dimakan sapi mengalami dua kali pencernaan pada .... 

a. mulut 

b. kerongkongan 

C. usus halus 

d. usus besar 


2. Proses pencernaan makanan secara kimiawi di dalam mulut dibantu oleh enzim ..... - a. pepsin 

b. lipase 

c. ptialin 

d. erepsin 


3. Contoh penyakit pada organ pencernaan manusia adalah ..... 

a. tuberkulosis 

b. diare 

c. influenza 

d. sinusitis


4. Salah satu cara mencegah penyakit mag adalah ..... 

a. mencuci tangan sebelum makan 

b. menjaga kebersihan diri dan lingkungan 

C. meminum air yang sudah matang 

d. menjaga pola makan 


5. Makanan yang sehat memiliki ciri ... . 

a. berbahan pengawet 

b. tidak mudah dicerna 

C. mengandung gizi seimbang 

d. kurang higienis


Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat! 

1. Jelaskan fungsi usus halus pada proses pencernaan manusia! 

2 Sebutkan tiga gangguan/penyakit pada alat pencernaan manusia!

3. Sebutkan penyebab umum penyakit diare!  

4. Mengapa kita harus makan makanan yang bergizi? 

5. Apa manfaat menjaga pola makan yang sehat?


Ilmu Pengetahuan Sosial

1. Berikut ini bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya yang tidak tepat yaitu ... . 

a. masyarakat pesisir pantai bekerja membuat garam 

b. masyarakat dataran rendah berkebun stroberi 

C. masyarakat dekat padang rumput menggembalakan sapi 

d. masyarakat pedesaan bertani cabai 


2. Berikut ini salah satu bentuk interaksi sosial yaitu .... 

a. membeli roti di warung 

b. menanam apotek hidup di pekarangan 

C. merapikan tempat tidur 

d. memanen kentang 

Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

3. Dalam aktivitas pada gambar di samping, yang berperan sebagai konsumen adalah 

a. penjual 

b. pembeli

c. pemasok barang 

d. petani sayuran 


4. Salah satu kegiatan dalam masyarakat yang menunjukkan upaya pembangunan sosial-budaya adalah ... . 

a. mengadakan pertunjukan kesenian 

b. membersihkan lingkungan sekitar : 

C. bekerja dengan tekun 

d. menanam pepohonan 


5. Suatu pembangunan tidak akan tercipta jika tidak ada..... 

a. perkembangan teknologi yang statis 

b. kekompakan semua warga masyarakat 

c. kepedulian terhadap negara lain 

d. rasa cinta terhadap budaya dari luar negeri


Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat! 

1. Sebutkan lima contoh bentuk interaksi manusia dengan lingkungannya! 

2. Bagaimana barang-barang hasil produksi bisa sampai ke tangan konsumen? 

3. Sebutkan tiga contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial-budaya!

 4. Apa pengaruh keragaman budaya terhadap pembangunan negara Indonesia? 

5. Bagaimana cara mengelola keragaman sosial-budaya masyarakat Indonesia?


SBDP

1. Lagu yang memiliki tangga nada mayor terdengar…

a. penuh semangat

b. sedih

c. kurang bersemangat

d. tidak ceria


2. Berikut ini contoh alat musik ritmis adalah…

a. rekorder

c. gitar

b. tifa

d. pianika


3. Gerakan yang terdapat dalam tari Kancet Papatai adalah ... . 

a. kedua kaki berjingkat, melompat kecil, seraya kedua tangan secara bergantian berputar 

b. meletakkan piring di atas kedua telapak tangan, kemudian mengayunkannya 

C. mengentak-entakkan tongkat panjang ke tanah 

d. tangan kanan memegang kipas, kemudian diayun


4. Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ci khas masing-masing Hal ini dipengaruhi oleh ….

a. ketersediaan sumbar daya alam 

b. budaya daerah satamput 

c. peminat karya seni rupa tersebut 

d. adanya peraturan daerah 


Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

5. Orang di samping sedang melakukan kegiatan .... 

a. melukis 

b. membatik 

c. merias 

d. memahat


I. Ayo, mengerjakan soal-soal di bawah Ini dengan tepat! 

1. Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? 

Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

2. Sebutkan properti yang digunakan dalam tarian di atas! 

3. Jelaskan fungsi pola lantai dalam tarian! 

4. Mengapa karya seni rupa di setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing? 

5. Sebutkan contoh motif batik yang ada di Nusantara!


KUNCI JAWBAN

PKn (KD 3.3) 

II Pilihan Ganda 


1. a. Bentuk keragaman budaya masyarakat Indonesia contohnya keragaman kesenian 

daerah (tari daerah, alat musik daerah, lagu daerah, seni pertunjukan), bahasa daerah, 

rumah adat, dan upacara adat.


2. b Keragaman adat istiadat, tarian daerah, upacara adat, dan pakaian tradisional merupakan bentuk keragaman daerah. 


3. d . Keragaman suku bangsa dan kebudayaan di Indonesia merupakan kekayaan bangsa, bukan pemecah bangsa. 


4. c . Cara membina persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat contohnya sebagai berikut. 

1) Bergotongroyong membersihkan lingkungan kampung. 

2) Bergotong royong memperbaiki jalan yang rusak. 

3) Menjenguk tetangga yang sakit


5. c Bhinneka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Sikap yang mencerminkan semboyan tersebut adalah sikap yang menunjukkan persatuan atau kerukunan, contohnya berteman dengan siapa saja tanpa  membeda-bedakan. 

II Uraian 

1 Bentuk-bentuk keberagaman sosial-budaya masyarakat sebagai berikut. 

a. Keragaman suku bangsa

b. Keragaman bahasa.

C. Keragaman rumah adat. 

d. Keragaman upacara adat. 

e. Keragaman kesenian daerah. 

f. Keragaman agama. 


2. Masyarakat kita senantiasa bekerja sama meski terdapat perbedaan, karena pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dengan adanya kerjasama, manusia menjadi mudah dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. 

3. Hal yang akan terjadi jika masyarakat terpecah belah yaitu sebagai berikut. 

a. Tidak adanya kepedulian  terhadap penderitaan dan kesedihan yang dialami dan 

dirasakan orang lain. 

b. Kepentingan golongan maupun suku masing-masing  adalah yang paling dipentingkan oleh masyarakat. 

c. Muncul pertikaian dan permusuhan antarwarga masyarakat ketika misalnya visi dan misi tidak sejalan. 

d. Tidak adanya kerja sama yang terjalin antarwarga masyarakat. 

e. Hilangnya tenggang rasa dan toleransi dalam bermasyarakat. 


4. Sikap yang  perlu dikembangkan untuk mewujudkan persatuan sebagai berikut. 

a. Menerima keragaman suku bangsa dan budaya sebagai kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya. 

b. Tidak memandang rendah suku atau budaya lain. : 

c. Tidak menganggap suku -dan budayanya paling tinggi dan paling baik. 

d. Menyelesaikan masalah secara musyawarah. 

e. Lebih mengutamakankepentingan negara daripada kepentingan daerah atau suku. 


5. Toleransi sangat penting agar kerukunan dan persatuan tetap terjaga, tidak terjadi pertikaian yang bisa mengarah pada perpecahan.


Bahasa Indonesia (KD 3.4) 

I. Pilihan Ganda 

1. a. Iklan berisi ajakan untuk mengonsumsi ketela.


2. c Kalimat iklan dibuat. menarik agar orang tertarik untuk melihat atau membaca. 


3. a Dalam iklan disebutkan bahwa susu “Sehat" . lezat, segar, dan bernutrisi. Kalimat yang sesuai dengan isi iklan terdapat pada jawaban a. 


4. b .Iklan bertujuan untuk menawarkan produk, yaitu  susu bermerek “Sehat”. 


5.a Gaya penulisan dan penggunaan bahasa menentukan keefektifan sebuah iklan. Jika gaya penulisan dan bahasa yang digunakan tepat, iklan layanan masyarakat dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat.


II. Uraian 

1. Bahasa dalam Iklan barsifat persuasif  artinya membujuk secara halus. Dengan kalimat yang persuasif diharamkan masyarakat tertarik terhadap produk atau Informasi yang diiklankan. 


2. Perbedaan Iklan media cetak dengan iklan media alakironik, yaitu Iklan media cetak dipubikasikan melalui media cetak separti surat kabar, majalah, tabloid, baliho, posiar dan stiker, sedangkan iklan madia elektronik dipublikasikan menggunakan madia berbasis perangkat elektronik, seperti radio, Internet, dan televisi Karakteristik 


3. Iklan media elektronik sebagai berikut. 

a. Berupa iklan tidak tertulis 

b. Iklan hanya sekilas dan berlangsung pada saat itu saja 

c. Kalimat yang digunakan lebih singkat, padat, dan jelas. 


4. Kalimat iklan: Tidak perlu takut makan buahbuahan karena kami menyediakan buah-buahan organik yang ditanam dan dipetik oleh petani lokal yang terjamin kualitasnya dan aman untuk dikonsumsi. (Kalimat bisa beragam sesuai kreativitas siswa) 


5. Cara membuat iklan yang efektif dan tepat sasaran adalah sebagai berikut. 

a. Kalimat yang singkat dan jelas. 

b. Bahasa yang mudah dipahami dan menarik. 

c. Tulisan dan gambar yang menarik. 

d. Harus disesuaikan dengan banyak hal. Misalnya, kesesuaian antara produk dan iklan yang dibuat, kesesuaian produk yang diiklankan dengan segmen pasarnya, kesesuaian iklan dengan target konsumennya, kesesuaian media yang digunakan, dan kesesuaian dengan situasi dan kondisi. 


e. Mempertimbangkan berbagai isi materi yang ada dalam iklan tersebut, mulai dari penggunaan gambar, teks, suara, maupun video. Menyampaikan pesan dalam iklan juga harus secara jelas. Setelah iklan dibuat, maka diperlukan juga perlengkapan bendukung iklan.


PA (KD 3.3) 

I Pilihan Ganda 

1. a Sapi mengalami dua kali pencernaan pada mulut. Sapi mengunyah makanan di dalam mulutnya dalam waktu yang singkat.Setelah itu, rumput masuk ke dalam rumen lambung. Sapi akanmemasukkan rumput sampai rumen lambung terisi penuh. Setelah rumen lambung terisi penuh, sapi akan mengeluarkan rumput yang berada dirumen lambung menuju mulut untuk dikunyah kembali hingga halus. 

2. c Proses pencernaan secara kimiawi di dalam mulut dibantu enzim ptialin.

3. b Penyakit yang menyerang organ pencernaan salah satunya adalah diare. Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau berair dengan frekuensi lebih sering daribiasanya (normalnya). Tuberkulosis, influenza, dan sinusitis merupakan penyakit-penyakit pada organ pernapasan. 

4. d Penyakit mag adalah nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkonganakibat sejumlah kondisi. Cara menghindari penyakit mag adalah menjaga pola makan kita dan menghindaristres. 

5. c Makanan sehat memiliki ciri tidak mengandung bahan pengawet, bersih/higienis, dan mengandung gizi seimbang. 


II. Uraian 


1. Usus halus berfungsi mencema makanan secara kimiawi dan menyerap sari-sari makanan. 


2. Penyakit pada alat pencemaan, misalnya seriawan, mag, sembelit (konstipasi). 


3. Diare dapat disebabkan infeksi virus, infeksi bakteri dan parasit, intoleransi makanan, alergi, penyakit usus. 


4. Kita harus mengonsumsi makanan bergizi karena makanan merupakan bahan baku utama bagi manusia untuk mendapatkan energi dan memenuhi semua nutrisi yang diperlukan bagi  perkembangan tubuh. Makanan memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup kita. Maka dari itu, kita harus makan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. 


5. Manfaat menjaga pola makan yang sehat bagi tubuh kita, yaitu sebagai berikut. 

a. Membantu pertumbuhan badan agar maksimal. 

b. Mengganti sel-sel yang rusak. 

c. Memperoleh energi dan kalori. 

d. Meningkatkan daya tahan tubuh dari suatu penyakit


IPS (KD 3.2) 

I. Pilihan Ganda 

1. b. Jawaban b tidak tepat. Masyarakat di rendah biasanya bercocok tanam padi dan jagung. Stroberi cocok ditanam di daerah dataran tinggi. 


2. a Interaksisosial  berarti hubungan-hubungan , sosial yang menyangkut hubungan antarindividu, individu dengankelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Salah satu contoh bentuk interaksi sosial adalah membeli roti di warung. Interaksi sosial yang terjadi adalah antara pembeli dan penjual (individu dengan individu). 


3. b Gambar menunjukkan kegiatan jual beli di  pasar. Dalam kegiatan jual beli di pasar, pembeli berperan sebagai konsumen karena menggunakan/memanfaatkan barang dari produsen. Sedangkan penjual berperan sebagai distributor. 


4.a Upaya pembangunan sosial-budaya dapat  dilakukan mengadakan pertunjukan kesenian. 


5. b Pembangunan memerlukan kekompakan dan kesatuan tujuan dari seluruh warga masyarakat. Pembangunan tidak akan tercipta jika hal tersebut tidak ada. 


II. Uraian 


1. Bentuk Interaksi manusia dengan fingkungan Sebagai berikut. 

a. Melakukan penghijauan. 

b. Mengolah lahan-lahan pertanian. 

C. Membersihkan lingkungan. : 

d. Memupuk tanaman supaya tumbuh subur. 

e. Menanam tanaman apotek hidup. 


2. Barang yang telah dihasilkan oleh produsen bisa sampai ke tangan konsumen karena adanya kegiatan. penyaluran yang disebut dengan distribusi.Barang yang dibuat produsen disalurkan melalui pedagang besar, lalu pedagang besar menjualnya ke pedagang kecil atau eceran, dan pedagang kecil menjualnya ke konsumen. 


3. Aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial-budaya contohnya sebagai : berikut. 

a. Membuat sanggar tari. 

b. Mengadakan pertunjukan seni. 

c. Memperkenalkan kesenian tradisional kepada generasi sekarang/mendatang. 


4. Pengaruh keragaman budaya terhadap pembangunan negara Indonesia sebagai berikut. 

a. Keanekaragaman kebudayaan sangat menarik dan dapat dijadikan sebagai objek pariwisata. 

b. Keanekaragaman budaya daerah dapat membantu meningkatkan pengembangan budaya yang ada pada tingkat nasional. 

c. Meningkatnya ilmu , etnografi secara signifikan di Indonesia. 

d. Tertanamnya sikap untuk — .saling menghormati dan menghargai antarsuku yang berbeda. 

e. Munculnya kesadaran untuk melakukan kerjasama antardaerah dan antarbudaya yang menumbuhkan kesadaran nasional. 


5. Cara mengelola keragaman sosial-budaya, yaitu dengan memberikan pengenalan kepada seluruh warga masyarakat mengenaikeanekaragaman yang dimiliki, menampilkan keragaman di kancah nasional maupun Internasional, dan menyelanggarakan festival budaya. 


SDP (KD 3.2, 3.3, dan 3.4) 

I.  Pilihan Ganda 


1. a Lagu bertangga nada mayor terdengar ceria dan penuh semangat, 


2 b Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak Memiliki nada, misalnya drum, gendang, tamborin, dan tifa. 


3. a Gerakan dalam tari Kancet Papatai. sebagai berikut. 

1) Melompat-lompat kecil sambil berputar, gerakan tangan yang satu seolah memegang pedang, tangan satunya seolah memegang tameng. 

2) Berjalan ke depan dan ke belakang dengan satu tangan seolah menghunuskan pedang, kemudian kedua tangan bertemu. 

3) Kedua kaki dibuka lebar, kedua tangan membuka dan menutup. 

4) Kedua kaki berjingkat, melompat kecil, kedua jangan sambil diputar secara bergantian. 


4. b Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing karena dipengaruhi oleh budaya di setiap dearah yang berbeda-beda. 


5. b Gambar menunjukkan kegiatan membatik. 


Il. Uraian , 

1. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki nada. Contoh alat-alat musik ritmis yaitu gendang, triangle, drum, tamborin, dan tifa. . 


2. Gambar menunjukkan tari Kancet Papatai. Tari Kancet Papatai menggunakan properti berupa peralatan perang, yaitu mandau, perisai, dan  baju perang. 


3. Pola lantai tarian berfungsi untuk membuat  posisi dalam sebuah ruang gerak, yang memudahkan penari dalam membawakan  tarian. 


4. Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, karena dipengaruhi oleh reativitas. seniman yang membuatnya, budaya daerah setempat, ketersediaan alat dan bahan  baku, teknik yang dipakai, fungsi benda yang  dibuat, dan unsur keindahan. 


5, Macam-macam motif batik Nusantara, di antaranya 

a. motif batik Cirebon,  

b. motif batik Pekalongan 

c. motif batik Solo, dan

 d. motif batik Yogyakarta.


Keyword: soal kelas 5 tema 3 subtema 3 bimbel brilian contoh soal ulangan bahasa indonesia kelas 5 soal tema 4 kelas 5 soal ulangan harian kelas 3 tema 3 subtema 3 dan kunci jawaban soal ulangan harian tema 3 kelas 6 dan kunci jawaban soal ulangan harian tema 3 kelas 5 dan kunci jawaban soal ulangan harian kelas 4 tema 3 dan kunci jawaban soal ulangan harian kelas 3 tema 2 dan kunci jawaban soal ulangan harian kelas 3 tema 3 dan kunci jawaban soal ulangan harian tema 1 kelas 3 dan kunci jawaban soal dan jawaban tema 3 kelas 6 soal dan jawaban tema 3 kelas 4 soal dan jawaban tema 3 kelas 3 halaman 221 soal dan jawaban tema 3 kelas 3 soal dan jawaban tema 3 kelas 3 halaman 186 soal dan jawaban tema 3 kelas 4 halaman 102 soal dan jawaban tema 3 kelas 3 hal 204 soal dan jawaban tema 3 kelas 3 halaman 210 soal dan jawaban tema 3 kelas 5 soal dan jawaban tema 3 subtema 3 kelas 6 contoh soal dan jawaban tema 3 kelas 4

 Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat

0 Response to " Soal dan Jawaban Penilaian Tema 3 Makanan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close