Materi dan Soal Kelas 5 Tema 2 ST 1 Pembelajaran 1

Materi dan Soal Kelas 5 Tema 2 ST 1 Pembelajaran 1

Mengklasifikasi Informasi dari Teks

Niko dan Ikan Hiasnya


Niko memiara ikan hias di akuarium rumahnya. Sejak kecil, ia suka ikan, terutama ikan mas koki. la menyukai ikan mas koki karena ukurannya yang tidak terlalu besar dan bentuk tubuhnya berbeda danpada ikan-ikan kebanyakan. Niko memberi makan ikan-ikan piaraannya setiap pagi dan sore. Ia juga rutin membersihkan akuarium dengan mengelap kaca dan mengganti air di dalamnya. Membersihkan akuarium ia lakukan dua minggu sekali.

Begitu senangnya Niko pada ikan-ikannya, ia sering duduk di depan akuarium dan memperhatikan ikan-ikannya berenang ke sana kemari. Ia memperhatikan ikan-ikannya berenang kesana kemari. Ikan-ikannya berenang sambil membuka dan menutup mulut seperti manusia jika berbicara.

Apakah kamu menyimak teks berjudul "Niko dan Ikan Hiasnya" dengan baik? Informasi apa saja yang kamu temukan dalam teks tersebut? Jika kamu menyimak teks tersebut dengan baik, kamu akan dapat menemukan beberapa informasi penting.

⛳Tugas 1 !!
Ayo, Lengkapilah peta pikiran berikut dengan jawaban yang tepat!
Mengklasifikasi Informasi dari Teks


Pernapasan pada hewan

1. Cacing Tanah

Pernapasan Cacing Tanah


Cacing tanah bernapas menggunakan permukaan kulit.
Permukaan kulit cacing tanah selalu lembap dan mengandung banyak kapiler darah. Oksigen berdifusi ke dalam kapiler darah yang terdapat pada permukaan kulit yang lembap. Oksigen lalu diikat oleh hemoglobin yang terkandung dalam darah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Zat sisa pembakaran, yaitu karbon dioksida, juga dikeluarkan dari tubuh melalui permukaan kulit. Pertukaran oksigen lebih mudah terjadi pada permukaan kulit yang lembap. Oleh sebab itu, cacing tanah hidup di tempat yang lembap.

2. Serangga

Pernapasan serangga

Serangga bernapas menggunakan
trakea, berupa saluran-saluran halus yang bercabang dan tersebar di seluruh tubuh serangga. 

Pernapasan serangga


Proses bernapasnya diawali dengan udara masuk melalui spirakel, yaitu lubang-lubang yang terdapat pada dinding tubuh serangga. Jika otot berkontraksi, spirakel terbuka dan trakea mengembang sehingga udara dari luar masuk ke dalam trakea. Dari trakea, udara masuk ke trakeola kemudian ke seluruh tubuh untuk pembakaran sari makanan. Zat sisa pembakaran berupa karbon dioksida dikeluarkan melalui spirakel pada saat otot berelaksasi dan trakea mengempis. Spirakel dilindungi oleh bulu-bulu halus yang berfungsi menahan debu dan benda asing dari udara.


3. Ikan
Pernapasan Ikan

Ikan bernapas menggunakan insang. Insang berjumlah empat pasang, terletak di kanan dan kiri kepala. Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan selalu lembap. Setiap lembaran insang terdiri dari sepasang filamen dan setiap filamen mengandung banyak lapisan tipis (lamela). Pada filamen terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler darah. Di dalam filamen inilah terjadi pertukaran udara. Ketika air melewati filamen, kapiler darah menyerap oksigen yang larut dalam air dan melepaskan karbon dioksida secara difusi.

Pernapasan Ikan

Ikan yang hidup di lumpur memiliki labirin, yaitu lipatan-lipatan pada insang. Labirin berfungsi untuk menyimpan cadangan oksigen. Jenis ikan yang memiliki labirin contohnya ikan lele dan ikan gabus.

Pernapasan ikan


4.Katak
Pernapasan katak

Katak adalah hewan amfibi. Pada fase berudu, katak bernapas menggunakan insang. Insang katak berupa insang luar yang berjumlah tiga pasang. Insang ini terletak di sisi kanan, sisi kiri, dan belakang kepala. Setelah dewasa, katak bernapas dengan paru-paru dan kulit. Ketika berada di air, katak bernapas melalui kulit. Oksigen yang masuk melalui kulit akan melewati vena kulit. Kemudian, dibawa ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Karbon dioksida sisa pembakaran dibawa ke jantung Kemudian, dipompa ke kulit dan paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.


5. Reptil
Pernapasan kadal


Pernapasan ular

Reptil bernapas menggunakan
paru-paru. Paru-paru reptil hanya terdiri dari beberapa lipatan yang berfungsi memperbesar permukaan pertukaran udara. Reptil yang hidup di air, seperti buaya dan kura-kura, dapat menutup lubang hidungnya agar air tidak masuk ke paru-paru.

Pernapasan kura-kura

6. Burung

Burung bernapas menggunakan
paru-paru. Udara masuk melalui lubang hidung, lalu menuju tenggorokan dan paru-paru. Kemudian, diedarkan ke seluruh tubuh untuk pembakaran.
Pernapasan burung

sisa pembakaran dikeluarkan melalui lubang hidung. Burung memiliki
pundi-pundi udara untuk menyimpan cadangan udara yang digunakan saat terbang. Saat terbang, burung tidak melakukan pernapasan dengan cara menghirup udara, melainkan menggunakan udara yang tersimpan di dalam pundi-pundi udara. Kepakan sayap burung membantu mengalirkan udara dari pundi-pundi ke paru-paru. Saat tidak terbang, pundi-pundi akan terisi kembali oleh udara.

Pernapasan burung


7.Mamalia


Mamalia adalah
hewan yang menyusui. Mamalia bernapas menggunakan paru-paru. Ada beberapa mamalia yang hidup di laut. Contohnya lumba-lumba dan paus. Lumba-lumba dan paus akan menuju permukaan laut untuk mengambil udara sebanyak-banyaknya hingga paru-parunya penuh dengan udara. Hewan-hewan ini memiliki lubang hidung di atas kepalanya. Lubang hidung ini memiliki penutup yang terbuka saat bernapas dan menutup saat menyelam.

Pernapasan lumba-lumba

Pernapasan paus

⛳Tugas 2 !!
Ayo, Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat!
🐊1. Apa kegunaan oksigen bagi makhluk hidup?
Jawab:
🐊2. Apa alat pernapasan bagi cacing tanah?
Jawab:
🐊3. Apa fungsi Insang pada ikan?
jawab:
🐊4. Bagaimana burung bernapas saat terbang ?
jawab:
🐊5. Sebutkan hewan mamalia laut yang bernapas dengan paru-paru?
Jawab: 

0 Response to "Materi dan Soal Kelas 5 Tema 2 ST 1 Pembelajaran 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close