Asesmen Pra Program Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 untuk Guru
Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru
Pengantar Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 Untuk Guru
Guru Belajar Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 terdiri dari 2 tahap, yaitu: Bimtek dan Pengimbasan. Saat ini, Anda berada pada tahap pertama, Bimtek. Pada tahap ini, peserta akan mendapatkan pemahaman terkait konsep, kerangka dasar, penerapan praktik, dan penjaminan mutu pembelajaran di Tahun Ajaran 2021/2022. Program ini bertujuan untuk menjawab berbagai persoalan guru, diantaranya:
1. Dengan disusun dan
diterbitkannya Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa
Pandemi COVID-19 ini untuk membantu guru dan satuan pendidikan dalam
menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Diharapkan…
Satuan pendidikan
membentuk satuan tugas COVID-19 untuk persiapan pembelajaran
Guru dan tenaga kependidikan mempunyai acuan
dalam merancang, melaksanakan, memandu dan mengembangkan pembelajaran yang
efektif
Guru mampu menyesuaikan dalam Pembelajaran Tata Muka Terbatas (PTM Terbatas)
Semua Benar
2. Dalam Panduan
penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi terdapat Dasar Hukum tentang
Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam rangka Percepatan Penanganan Corona
Virus Disease 2019 (COVID-19) yang tertuang dalam ..
Undang-Undang Nomor
20 Tahun 2003
Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun 2017
Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019
Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020
3.Berikut adalah tujuan
penyusunan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi
COVID-19, kecuali ..
Memandu satuan pendidikan untuk mempersiapkan
pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Memandu guru dan
tenaga kependidikan dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan dan
merefleksikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
Memandu warga satuan
pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap efektivitas
pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
Memandu guru dan
tenaga kependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika ada
perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi
COVID-19.
4. Dalam manfaat Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran
PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 terdapat arahan untuk penyesuaian konsep dan rencana
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi ..
Kepala satuan
pendidikan
Peserta didik dan
warga satuan pendidikan
Guru dan tenaga pendidikan
Guru dan peserta
didik
5. Dalam Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di
Masa Pandemi COVID-19 terdapat panduan yang dibuat sebagai acuan bagi guru
yaitu ..
Panduan pengaturan
jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19
Panduan pengelolaan
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
Panduan pengaturan jadwal pembelajaran di
masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
Panduan penyusunan RPP kelas atau mata
pelajaran di masa pandemi COVID-19
6. Tingkat pelibatan guru dalam merencanakan, melaksanakan,
memberi umpan balik dan mengembangkan rencana tindak lanjut pengembangan
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 adalah salah satu ukuran keberhasilan
bagi ..
Kepala satuan pendidikan
Guru
Tenaga kependidikan
Peserta didik
7. Berdasarkan SKB 4 Menteri yang ditetapkan pada 30 Maret
2021, terdapat ketentuan pokok yang harus diketahui dan dipatuhi oleh satuan
pendidikan, yang berjumlah…
7
8
9
10
8. Sebuah sekolah dasar di daerah Gowa telah melakukan PTM
terbatas. Guru Rama mengajar mata pelajaran kesenian. Selain mengajar Guru Rama
juga bertugas untuk memantau kesehatan setiap warga sekolah dengan berfokus
kepada gejala umum seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, sesak nafas,
sakit kepala, mual/muntah, diare, anosmia (hilangnya kemampuan indra
penciuman), atau ageusia (hilangnya kemampuan indra perasa). Berdasarkan
pernyataan tersebut Guru Rama juga merupakan bagian dari . . .
Tim Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan
Tim Pembelajaran,
Psikososial, dan Tata Ruang
Tim Pelatihan dan
Humas
Satuan Pendidikan
9. Pada sekolah tempat Guru Sinta mengajar akan melakukan PTM
terbatas. Sebelumnya Guru Sinta telah membagi rombongan belajar kelasnya yang
terdiri dari 30 siswa menjadi 2 kelompok. Guru Sinta juga telah mengatur posisi
duduk siswa agar tetap berjarak 1.5m. Saat pelaksanaan PTM Terbatas untuk
kelompok pertama, Guru Sinta selalu mengingatkan siswanya untuk selalu
menggunakan masker, mencuci tangan, dan tidak saling meminjam peralatan tulis.
Selama pembelajaran berlangsung Guru Sinta juga selalu mengawasi siswa yang
terlihat kurang sehat untuk segera mendapat tindakan kesehatan. Hal yang
dilakukan oleh Guru Sinta merupakan . .
Protokol kesehatan di
dalam ruangan
Protokol kesehatan di ruang kelas
Protokol kesehatan di
sekolah
Protokol kesehatan di
tempat umum
10. Dengan adanya risiko penularan maka praktik penyelenggaraan
pembelajaran membutuhkan penyesuaian untuk memastikan keselamatan warga
sekolah. Pada penyelenggaraannya sekolah dapat memilih satu dari tiga pilihan
kurikulum yaitu: Kurikulum 2013, Kurikulum Kondisi Khusus dan Kurikulum
Mandiri, sesuai kondisi dan kemampuan sekolah. Dengan memprioritaskan seluruh
satuan pendidikan bukan untuk menuntaskan kurikulum tapi memastikan setiap
siswa mengalami pembelajaran. Penjelasan tersebut menjelaskan konsep
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 terkait . . .
Kebutuhan peserta
didik
Kurikulum kondisi khusus
Prinsip pembelajaran
Protokol kesehatan
11. Siklus Pembelajaran menggambarkan hubungan tiga komponen
penting yaitu . . .
Kurikulum, asesmen dan pembelajaran.
Kurikulum, asesmen
dan rencana pembelajaran.
Kurikulum, konten
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Kurikulum, rencana
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
12.Guru Nanda akan melakukan PTM Terbatas, Guru Nanda merasa
kebingungan untuk memberikan metode pembelajaran selama PTM Terbatas. Jika Anda
adalah Guru Nanda, metode pembelajaran PTM Terbatas yang akan Anda berikan pada
murid . . .
Praktik, teknologi
pembelajaran, refleksi, dan umpan balik
Praktik, guru kunjung, refleksi, dan teknologi
interaktif
Praktik, teknologi
interaktif, refleksi, dan diskusi
Praktik, diskusi, refleksi, dan umpan balik
13. Pada sekolah dasar tempat Guru Meta mengajar mulai melakukan
PTM Terbatas. Pada praktiknya Guru Meta menggunakan strategi pembelajaran
campuran, serta menggunakan pola sinkron dan asinkron. Pada hari Rabu
terdapat jadwal PTM di kelas Guru Meta
mengajar dan Guru Meta akan melakukan sesi sinkron. Aktivitas apa yang dapat
Guru Meta lakukan . . .
Melakukan sesi refleksi melalui konferensi
video bersama murid
Murid melakukan
praktik secara mandiri di rumah
Memberikan materi
melalui video untuk murid yang dapat diakses kapanpun
Memberikan tugas untuk
murid kerjakan secara mandiri
14. Guru Karen akan melaksanakan PTM Terbatas pada kelasnya.
Sebelumnya Guru Karen melakukan beberapa aktivitas untuk mengetahui kesiapan
psikososial murid, menumbuhkan minat belajar murid, dan berdiskusi terkait
tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Berdasarkan aktivitas yang dilakukan
oleh Guru Karen sesuai alur pembelajaran kenormalan baru, yaitu . .
Asesmen Diagnosis
Orientasi Kesiapan Belajar & Psikososial
Asesmen Formatif
Asesmen Sumatif
15. Guru Fandy adalah guru mata pelajaran fisika di sekolah
menengah pertama swasta. Pada tahun ajaran ini sekolah tempat Guru Fandy
mengajar akan melaksanakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas, dan Guru Fandy sedang
kesulitan untuk menyusun RPP. Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh Guru
Fandy untuk menyusun RPP adalah . . .
Menganalisis rencana dan jadwal pembelajaran
yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap kondisi peserta didik
dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun jadwal pembelajaran kelas
atau mata pelajaran – Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN
di masa pandemi COVID-19 – Melakukan
pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses
pemberian umpan balik – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran
berdasarkan hasil asesmen formatif.
Menganalisis rencana
dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap
kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun
jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan refleksi dan
perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif – Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 –
Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses
pemberian umpan balik.
Menganalisis rencana
dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis terhadap
kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran – Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 –
Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan refleksi dan
perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif – Melakukan
pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses pemberian
umpan balik.
Menganalisis rencana
dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan asesmen
diagnosis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai
pembelajaran – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran –
Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil
asesmen formatif – Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal
pembelajaran – Memastikan proses pemberian umpan balik.
16. Dalam pelaksanaan PTM Terbatas guru diharapkan mampu
menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran yang diampunya dengan
melalui tahapan-tahapan berikut ini, kecuali . . .
Memastikan kesiapan
protokol kesehatan di ruang kelas
Menyusun kelompok
belajar per kelas dengan komposisi yang sesuai dengan jenjang kelas yang telah
ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Memetakan mata
pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ
Menyusun asesmen diagnosis kognitif dan non
kognitif sebelum pembelajaran
17. Guru Fajar sedang mempersiapkan tahun ajaran baru dengan
dilaksanakan PTM Terbatas dan sedang menyusun jadwal pembelajaran kelas.
Setelah memetakan mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ, maka langkah
selanjutnya yang harus dilakukan oleh Guru Fajar adalah . . .
Menentukan durasi
sesi PJJ sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan
pendidikan
Menuliskan daftar nama peserta didik per
kelompok belajar yang sudah ditentukan di setiap kelas
Menyusun jadwal PJJ
sesuai dengan aturan jumlah PTM setiap minggu yang telah ditetapkan oleh satuan
pendidikan
18. Tujuan dari pemantauan kecuali adalah . . .
Mengetahui tingkat
kepatuhan terhadap protokol kesehatan
Mengetahui tingkat
efektivitas pengelolaan pembelajaran
Mendiskusikan dan
menentukan dukungan yang dibutuhkan satuan pendidikan
Menilai kepatuhan protokol dan pengelolaan
pembelajaran pada satuan pendidikan
19. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, penjaminan mutu
diperlukan guru sebagai refleksi dalam menentukan perbaikan pelaksanaan
pembelajaran di kelas atau pada mata pelajaran. Adapun kriteria keberhasilan
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru, diantaranya, kecuali . .
Tingkat kepatuhan
terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi
COVID-19 di kelas.
Tingkat pelibatan
orang tua dalam merencanakan, memandu, melaksanakan, memberi umpan balik, dan
mengembangkan pembelajaran.
Tingkat pelibatan
peserta didik dalam merencanakan, melaksanakan, dan memberikan umpan balik
terhadap pembelajaran.
Tingkat upaya refleksi dan perbaikan proses
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 kelas/mata pelajaran.
20. Setelah melakukan pemantauan pembelajaran, Anda akan
mendapatkan hasil berupa tingkat efektivitas pembelajaran di masa pandemi.
Hasil tersebut dapat Anda kategorikan untuk mengetahui seberapa efektif Bapak
Ibu Guru melaksanakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Apa tindak lanjut
pengembangan pembelajaran yang dapat dilakukan guru, kecuali . . .
Membagikan Praktik
Baik
Menguatkan Potensi
Praktik Baik
Mendiskusikan
Penguatan
Menguatkan Praktik Pembelajaran
KuKumpulan Link Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022
1. Pendaftaran
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/bimtek-seri-panduan-pembelajaran-tahun-2020-2021.html
2. Download Panduan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN Tahun Ajaran 2021/2022:
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/download-panduan-pembelajaran-tahun-2021-2022.html
3. Materi Pengantar Bimtek Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 Untuk Guru :
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/bimtek-seri-panduan-belajar-untuk%20guru.html
4. Materi Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru :
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/materi-dan-jawaban-bimtek-kuis-konsep-pembelajaran.html
5. Jawaban Asesmen Pra Program Seri Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 untuk Guru:
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/asesmen-pra-program-seri-panduan-belajar-tahun-2020-2021.html
6. Jawaban Kuis Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 :
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-konsep-pembelajaran-tahun-2021-2022.html
7. Materi Kerangka Dasar Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru :
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/bimtek-seri-panduan-belajar-kerangka.html
8. Jawaban Kuis Kerangka Dasar Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-kerangka-dasar-pembelajaran-tahun-2021-2022.html
9.Materi Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/prinsip-dan-strategi-pembelajaran-2021-2022.html
10. Jawaban Kuis Prinsip dan Strategi Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/jawaban-kuis-prinsip-dan-strategi-pembelajaran.html
11.Materi Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:
12. Jawaban Kuis Rancangan Pembelajaran Kelas/ Mata Pelajaran Tahun Ajaran 2021/2022:
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-rancangan-pembelajaran-kelas.html
13. Materi Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru :
https://whynoto.blogspot.com/2021/07/kuis-rancangan-pembelajaran-kelas.html
14. Kuis Penjaminan Mutu Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022 untuk Guru:
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/kuis-penjaminan-mutu-pembelajaran.html
15. Jawaban Asesmen Pasca Program Seri Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 untuk Guru:
https://dayanasweet137.blogspot.com/2021/07/jawaban-asesmen-pasca-program-seri-pembelajaran.html
Lanjut sampai selesai
ReplyDeleteDitunggu ya terus update nya
DeleteTERIMAKSIH BANYAK ATAS ILMUNYA,SANGAT BERMANFAAT
ReplyDeletesama-sama
Deletethanks you, so helpfull
ReplyDeleteyou are welcome
Deletemaaf yang asesmen pasca programnya belum ada ya ?
ReplyDeleteJawaban Asesmen Pasca Program Seri Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2020 untuk Guru: http://gg.gg/vapg1
DeleteUntuk yang nomor 12, isinya kok ada 2 ya, tapi yang benar, jawabannya D. Mohon diperbaiki. Terima kasih
ReplyDeleteTerimakasih koreksinya, sudah kami perbaiki
Delete